Ruqyah Untuk Keharmonisan Rumah Tangga - Ruqyah di Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan

Ruqyah Untuk Keharmonisan Rumah Tangga

Ruqyah Untuk Keharmonisan Rumah Tangga

Dalam kehidupan berumah tangga pasti ada aja hal-hal yang membuat keduanya mengalami perselisihan baik itu karena permasalahan kecil maupun masalah besar. Sebab berumah tangga itu adalah menyatukan dua kepala yang memiliki sifat dan kepribadian yang berbeda. Jadi keduanya harus saling memahami satu sama lain harus bisa melengkapi kekurangan dan kelebihan masing-masing sehingga bisa terciptanya keluarga yang sakinnah mawadaah warohmah.

Lalu, bagaimana cara menjaga keharmonisan dalam rumah tangga menurut Islam? Berikut adalah beberapa Ruqyah untuk keharmonisan rumah tangga. Namun sebelum menuju ke bagaimana cara menjaga keharmonisan deengan menggunakan metode Ruqyah, sebaiknya kita ketahui dulu lebih dalam apa itu Ruqyah dan bagaimana manfaat ruqyah menurut Islam? Berikut penjelasannya:

Menurut Istilah ruqyah disebut juga sebagai Al-Udzah yang artinya perlindungan. Dan Ruqyah juga bisa dikatakan sebagai suatu metode pengobatan yang dilakukan dengan menggunakan bacaan-bacaan dari ayat-ayat Al-Qur’an dan hadist, yang mana tujuannya itu supaya kita terhindar dari gangguan jin dan syeitan serta untuk menyembuhkan seseorang dari sihir, dan penyakit-penyakit lainnya. Namun selain itu Ruqyah ini juga bisa digunakan untuk memperoleh keinginan atau hajat seseorang, baik itu dalam urusan dunia maupun urusan akhirat.

Apakah menurut islam ruqyah ini hukumnya diperbolehkan atau tidak? Sebenarnya Ruqyah ini sudah ada dari sebelum zaman Rosullullah Shollalllahu Alaihi Wassalam. Metode pengobatan ruqyah ini boleh digunakan asalkan harus benar-benar sesuai dengan syariat agama. Namun ruqyah terdiri dari dua jenis,yaitu ruqyah Syariah atau ruqyah syar’iyyah dan ruqyah syirkiyah.

Ruqyah Syar’iyah adalah sebagaimana yang telah kita bahas sebelumnya yaitu ruqyah jenis ini hukumnya diperbolehkan, karena metode yang dilakukan menggunakan bacaan dari ayat-ayat suci Al-Qur’an, bacaan dzikir, dan beberapa doa-doa yang sesuai dengan syariat agama islam. Tapi yang harus diingat kita harus meyakini dan percaya bahwa kesembuhan itu berasal dari Allah Swt bukan yang lain.

Sedangkan untuk ruqyah syirkiyah sendiri bila dilihat dari namanya saja sudah bisa menentukan hukum dari ruqyah tersebut, yang tentunya metode ruqyah syirkiyah ini hukumnya adalah tidak diperbolehkan bahkan haram untuk dilakukan. Prosesi penyembuhan yang dilakukan oleh metode ini mengandung ke syirikan atau kekufuran. Sebab metode yang digunakan adalah dengan membaca bacaan selain dari Al-Qur’an dan Hadist, seperti bacaan mantra –mantra tidak jelas serta menggunakan beberapa benda keramat yang dianggap memiliki kekutan magis seperti keris, batu-batuan dan lain sebagainya. Metode ruqyah ini biasanya dilakukan oleh seorang dukun, tukang sihir, dan paranormal.

BACA JUGA : HAL-HAL YANG HARUS DI LAKUKAN SETELAH TERAPI RUQYAH

Kalau anda saat ini sedang mengalami beberapa permasalahan hidup dan ingin menyembuhkannya bisa mencoba ruqyah Syariah. Karena ada begitu banyak manfaat ruqyah menurut islam yang bisa kita rasakan. Diantaranya adalah:

1. Mengusir dan melindungi diri gangguan jin dan setan

Salah satu manfaat dari ruqyah adalah untuk mengusir dan melindungi diri kita dari gangguan jin dan setan. Sebagaimana yang telah dijelaskan oleh Abdul Khalik Al-atthar beliau mengatakan bahwa tujuan dari ruqyah adalah untuk meminta pertolongan dari Allah Swt supaya terhindar dari gangguan sihir.


2. Melindungi diri dari kejahatan

Ruqyah juga selain bertujuan untuk mengusir dan melindungi dari gangguan setan. Ruqyah juga bisa melindungi dari perbuatan-perbuatan jahat yang ingin mencelakai kita. Untuk caranya bisa membaca beberapa surat dalam Al-Quran seperti surat Al-Ikhlas, Al-falaq dan An-nass. Dari ketiga surat tersebut mampu melindungi kita dari perbuatan jahat, baik itu perbuatan jahat yang dilakukan oleh manusia, binatang, maupun gangguan dari jin dan setan. 
Sebagaimana Rasululloh Saw memerintahkan umatnya untuk membaca ketiga surat tersebut masing-masing dibaca sebanyak tiga kali pada pagi dan sore hari sebagai pelindung diri dari segala sesutu yang buruk.

3. Mengendalikan Amarah

Amarah pada diri seseorang itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor, bisa karena rasa kecewa, rasa sedih yang berlebihan, banyaknya tekanan dari orang-orang sekitar seperti keluarga atau orang luar ataupun karena adanya gangguan dari setan. Nah, cara ampuh untuk menghilangkan rasa amarah kita adalah adalah dengan cara memnjatkan do’a dan dzikir kepada Allah Swt.

4. Meningkatkan keimanan

Karena metode ruqyah khususnya untuk ruqyah syar’iyyah dilakukan dengan cara menggunakan bacaan-bacaan dari Al-Quran dan doa-doa yang seseuai dengan syariah agama. Maka secara tidak langsung kita mempercayai akan kebesaran Allah dan kitabnya yang mana itu sebagai bentuk keimanan kita kepada Allah Swt.

5. Menghilangkan energi negatif dalam tubuh

Didalam tubuh manusia pasti memiliki energi positif dan energi negatif. Nah, energi yang harus dihilangkan dalam tubuh kita adalah energi negatif, karena energi negatif ini apalagi bila terus dibiarkan bersarang didalam tubuh bisa memberikan dampak buruk terhadap dirinya maupun orang lain. Energi negatif ini tumbuh akibat memiliki sifat dan kebiasaan buruk, nilai keimanan dan ketakwaan yang kurang, ataupun dari gangguan-gangguan setan. Untuk menghilangkan energi negatif tersebut yaitu salah satunya bisa dengan menggunakan metode ruqyah dengan cara membacakan doa-doa dari ayat suci Al-Quran.

6. Meningkatkan keharmonisan rumah tangga

Manfaat ruqyah lainnya adalah sebagai metode untuk meningkatkan keharmonisan rumah tangga. Apalagi didalam sebuah rumah tangga percekcokan, perbedaan pendapat bisa menyebabkan keharmonisan dalam rumah tangga menjadi goyah. Nah dengan ruqyah yaitu dengan membiasakan diri membaca Ayat Al-Quran, doa-doa, dan dzikir dijamin bisa menstimulus pikiran kita menjadi lebih tenang, emosi bisa lebih terkendali sehingga semua yang bisa menyebabkan keharmonisan dalam rumah tangga itu goyah bisa teratasi.

7. Menyembuhkan dari segala penyakit

Ada beberapa ulama yang berpendapat bahwa ruqyah adalah obat yang sangat ampuh untuk menangkal dan mengobati berbagai jenis penyakit. Dengan kekuatan doa bisa mencegah berbagai jenis penyakit ganas seperti kanker dan tumor, bahkan seorang Dokter pun sudah melakukan penelitian dan berhasil membuktikannya bahwa benar dengan membaca doa bisa menghentikan pertumbuhan bakteri dan sel kanker dalam tubuh.

8. Melancarkan segala urusan dunia maupun akhirat

Metode ruqyah tidak hanya mampu membantu mengusir ganguan jin dan setan saja. Tapi ternyata ruqyah juga bisa membantu melancarkan segala urusan dunia maupun akhirat. Misalnya ingin melancarkan urusan pekerjaan yaitu dengan senantiasa mengingat Allah dengan cara berdzikir. Apabila kita senantiasa berdzikir kepada Allah, Allah pun akan memberikan kasih sayang kepada umatnya dengan cara membantu setiap kali kesulitan dan melancarkan segala urusan-urusannya. Dan dzikir juga bisa memberikan kekuatan pada diri kita.

Dari semua pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa begitu banyak manfaat dari Ruqyah yang bisa kita rasakan baik untuk diri sendiri maupun orang lain. asalkan ruqyah yang dipilih adalah ruqyah syariah jenis ruqyah yang hukumnya diperbolehkan dan sesuai dengan syarriat agama.
Demikianlah beberapa ulasan seputar manfaat Ruqyah yang bisa kami share kepada anda. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: