Ketahui Manfaat Kurma Ajwa: Bergizi dan Dapat Menangkal Sihir - Ruqyah di Cirebon

15 Jan 2021

Ketahui Manfaat Kurma Ajwa: Bergizi dan Dapat Menangkal Sihir

    Ketahui Manfaat Kurma Ajwa Bergizi dan Dapat Menangkal Sihir

    Ketahui Manfaat Kurma Ajwa: Bergizi dan Dapat Menangkal Sihir – Anda tentu tidak asing dengan kurma, buah yang berasal dari Timur Tengah ini mulai banyak ditemukan di berbagai negara. Indonesia merupakan negara dimana konsumsi kurma cukup besar, apalagi dengan komunitas Islam yang besar. Selain digunakan sebagai menu favorit berbuka puasa, ia juga memiliki banyak manfaat baik.

    Kurma ini juga lebih banyak disukai oleh masyarakat Islam karena disukai oleh Rasulullah, selain mendapatkan manfaat, Anda juga bisa meneladani sunnah tersebut. Terdapat berbagai manfaat kurma ajwa, salah satunya dapat digunakan untuk menangkal sihir.

    BACA JUGA : SEJARAH BEKAM DARI TRADISI KUNO HINGGA SAINS MODERN

    Berikut ini merupakan informasi lengkap yang bisa Anda dapatkan mengenai kurma tersebut, apalagi jika dikonsumsi secara rutin. Anda bisa mengkonsumsinya sebagai menu berbuka puasa, hidangan penutup dan pencuci mulut, atau diselipkan dalam menu makanan sehari-hari/

    Tentang Kurma Ajwa

    Karena iklimnya yang kurang cocok untuk ditanami kurma, maka hampir semua kurma ajwa yang ada di Indonesia merupakan kurma impor. Beberapa negara yang menjadi langganan impor kurma ini adalah Uni Emirat Arab, Iran, hingga Tunisia dan Mesir.

    Di negara tersebut, banyak kurma tumbuh subur sehingga harganya jauh lebih terjangkau dibandingkan harus mengolah dan menanam sendiri di Indonesia. Karena hidup di negara yang iklimnya sesuai, maka kurma yang dihasilkan juga lebih baik, lebih besar, dengan rasa yang lebih manis.

    Tekstur kurma ini juga lembut, dengan daging buah yang lebih tebal dibandingkan dengan kurma jenis lain. Jika Anda hendak mengkonsumsi buah manis ini, Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi 7 butir buahnya setiap hari. Jumlah tersebut merupakan jumlah yang dianjurkan oleh Nabi dan merupakan sunnah yang dijalankan oleh banyak umat Islam.

    Kandungan Nutrisi Kurma Ajwa

    Manfaat kurma ajwa terkait dengan kandungan nutrisinya bisa Anda perhatikan dari penelitian yang dilakukan oleh para pakar gizi. Dengan jumlah takaran yang cukup, kurma ini akan memberikan manfaat yang besar untuk tubuh manusia. Kandungan utama yang bisa Anda temukan di buah ini adalah karbohidrat sederhana.

    Karbohidrat tersebut kemudian akan terpecah menjadi sukrosa dan fruktosa, yang bisa diserap tubuh dengan lebih mudah. Karena itu, mengkonsumsi buah ini ketika Ramadhan direkomendasikan karena memberikan tenaga ekstra untuk mereka yang sedang berpuasa.

    Selain karbohirat untuk membuat tubuh mendapatkan tenaga yang cukup, berikut merupakan beberapa kandungan di dalam kurma ajwa.

    •  Kalsium dan zat besi, yang bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan memperkuatnya
    • Folat, antioksidan dan vitamin K yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh.
    • Memiliki banyak protein dibandingkan dengan kurma jenis lain, yakni karoten, anthocyanin, hingga fenolik dan falvonoid.
    • Memiliki banyak protein dibandingkan dengan kurma jenis lain, yakni karoten, anthocyanin, hingga fenolik dan falvonoid.
    • Jika dikonsumsi dikala puasa, manfaat kurma ajwa juga bisa besar, yakni bisa mengembalikan cairan tubuh setelah ketika berbuka puasa tiba.

    Aturan Mengkonsumsi Kurma

    Kurma bisa Anda konsumsi dengan berbagai buah dan sayuran lain agar memenuhi kebutuhan gizi harian. Walaupun memiliki kandungan gizi yang besar, namun Anda tidak disarankan untuk mengkonsumi buah ini berlebihan, apalagi jika Anda sedang diet.

    Buah kecil ini memiliki kandungan 111 kalori untuk satu butirnya, jumlah yang cukup besar untuk makanan yang bisa Anda konsumsi ketika diet. Jika Anda mengkonsumsinya secara berlebihan, maka akan terjadi penumpukan kalori pada tubuh, sehingga malah menimbulkan kenaikan berat badan yang cukup besar.

    Begitu pula dengan mereka yang memiliki penyakit gula, kandungan gula dalam kurma cukup tinggi. Sehingga Anda disarankan untuk tidak mengkonsumsinya dalam jumlah yang besar, lakukan sesekali dalam seminggu dengan jumlah yang lebih kecil.

    Mengkonsumsi Kurma Ajwa untuk Menangkal Sihir

    Untuk mendapatkan manfaat kurma ajwa untuk menangkal sihir, Anda bisa mengkonsumsi dengan cara yang disarankan oleh Nabi, beberapa caranya adalah:

    • Mengkonsumsi 7 butir kurma ajwa di pagi hari, lakukan setiap hari untuk menjaga tubuh dari pengaruh sihir, sekaligus mendapatkan manfaat untuk kesehatan.
    • Mengkonsumsi kurma bersamaan dengan keju.
    • Mengkonsumsi kurma ajwa dengan ditemani buah semangka.
    • Memakan buah kurma ini bersamaan dengan mentimun.

    Terdapat hadis yang menjelaskan mengenai manfaat kurma jenis ini untuk menangkal sihir. Hadis tersebut merupakan hadis yang sahih, sebab diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, berikut merupakan bunyi dari hadis yang menjelaskan mengenai keutamaan mengkonsumsi kurma ajwa.

    Umat muslim yang mengkonsumsi kurma ajwa, dan dilakukan pada pagi hari, maka ia akan mendapatkan perlindungan. Perlindungan tersebut akan menangkal racun dan sihir yang diberikan pada hari yang sama. Hadis tersebut bisa menjadi landasan Anda untuk mengkonsumsi kurma jenis ini setiap hari dengan jumlah tersebut. Manfaat Medis Terkait dengan Kurma Ajwa

    Selain dapat memberikan perlindungan dari sihir ketika dikonsumsi, kurma ini juga memberikan manfaat yang besar untuk kesehatan dan tubuh manusia. Ini karena ia memiliki berbagai kandungan gizi yang besar, terutama kandungan antioksidan dan serat yang tinggi. Berikut adalah manfaat kurma ajwa dalam bidang medis dan kesehatan, diantaranya:

    • Melindungi Diri Dari Radikal Bebas

    Kandungan serat dan antioksidan yang cukup tinggi di kurma ajwa membuatnya dapat melindungi tubuh dari berbagai radikal bebas. Sel yang ada di dalam tubuh manusia cukup sensitif dengan radikal bebas yang ada di sekitarnya, sehingga bisa memberikan pengaruh buruk pada sel jika ia terpapar banyak.

    Apabila terdapat sel yang rusak, maka antioksidan akan membantunya untuk melakukan regenerasi. Dengan begitu, ia bisa melawan berbagai penyakit yang masuk ke dalam tubuh, sekaligus mengantisipasi adanya radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

    • Melindungi Diri Dari Radikal Bebas

    Berikutnya kurma ajwa juga memberikan manfaat yang besar untuk pencernaan, sebab memiliki serat yang tinggi. Serat yang terkandung di dalam kurma jenis ini merupakan serat yang tidak mudah larut, sehingga feses yang dikeluarkan tubuh akan lebih padat.

    Manfaat kurma ajwa ini juga bisa membantu Anda mencegah diare, sebab ia akan membuat feses dan pencernaan bekerja sebagaimana biasanya. Anda yang mengalami masalah sembelit juga bisa mengkonsumsi kurma ajwa secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya.

    •  Mencukupi Kebutuhan Cairan dan Otak

    Karena rasanya yang manis, kurma jenis ini tentu memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Kadar gula yang tinggi dan disertai serat yang   tak larut membuatnya menjadi kombinasi yang tepat untuk memberikan kekuatan ketika melangsungkan ibadah puasa.

    Kandungan gula tersebut akan membuat kadar gula dalam tubuh meningkat, apalagi jika dikonsumsi dengan jumlah yang tepat. Jumlah dan takaran yang cukup akan menjaga cairan di dalam tubuh tetap terjaga dengan baik selama puasa, sehingga Anda tidak mudah merasa lapar dan haus.

    Berbagai manfaat kurma ajwa tersebut bisa Anda dapatkan jika Anda mengkonsumsinya sesuai dengan takaran dan anjuran. Bagi mereka yang mengalami masalah kesehatan, mengkonsumsi kurma jenis ini juga disarankan untuk meningkatkan sistem imun dan mempercepat kesembuhan. Semoga informasi tersebut dapat menambah pengetahuan Anda terkait dengan kurma ajwa dan berbagai manfaatnya.

    © Copyright - Ruqyah di Cirebon