Buat Identitas Bisnis dengan Jasa Design dan Pembuatan Logo Profesional - Ruqyah di Cirebon

12 Sep 2021

Buat Identitas Bisnis dengan Jasa Design dan Pembuatan Logo Profesional


    Buat Identitas Bisnis dengan Jasa Design dan Pembuatan Logo Profesional  - Sebuah bisnis haruslah memiliki logo sebagai identitas. Sebab, sangat penting menimbulkan perspektif masyarakat ketika melihat logo dari bisnis Anda. Slah satu contohnya, ketika Anda melihat logo M berwarna kuning sudah pasti menjadi ciri khas dari McDonald’s. Anda yang memiliki bisnis jangan sampai mengabaikan penciptaan logo sebagai identitas.

    Ketahui Manfaat Logo dalam Bisnis

    Anda yang memiliki sebuah bisnis, baik yang baru merintis atau sudah berjalan, meski masih tergolong sebagai UMKM, tetap harus memiliki logo. Sebab, persaingan bisnis di era digital sangatlah ketat. Sekalipun jangkauannya luas, tapi ketika Anda tidak tampil dengan ciri khas tertentu, di luar produk yang ditawarkan, maka bisa jadi sulit dikenali. Oleh karena itu, ketahui terlebih dahulu manfaat logo dalam bisnis sebelum mebuatnya.

    1. Logo sebagai Identifikasi Merek Dagang

    Kekuatan dari sebuah logo adalah menjadi identifikasi merek dagang dari suatu bisnis. Bisa dibayangkan betapa berpengaruhnya sebuah lambang langsung dapat disebutkan sebagai merek. Seperti, M pada McDonald’s, Tanda Ceklist pada Nike, Apel yang telah digigit pada merek Apple. Jelas ini akan menjadi manfaat besar dari sebuah logo untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas akan merek dagang yang Anda miliki.

    2. Logo Memberikan Gambaran Kepribadian Suatu Brand

    Design logo memang perlu dirancang sejak awal dengan tujuan mampu memberikan sebuah gambaran akan kepribadian dari brand atau merek dagang yang ingin Anda tonjolkan. Pemilihan bentuk logo juga harus memperhatikan keorisinalannya, karena Anda bisa saja dituntut apabila menggunakan logo milik orang lain yang telah dipatenkan. Selain itu, pemilihan warna, karakter, jenis huruf, dan lain sebagainya juga perlu diperhatikan pada logo.

    3. Logo sebagai Strategi Pemasaran atau Promosi

    Suatu produk yang Anda hendak ditawarkan ke pasar, akan lebih dikenal apabila melakukan sebuah strategi secara tepat dalam memasarkannya. Hal ini dapat ditunjukkan melalui logo yang diciptakan, sehingga strategi melakukan pemasaran atau promosi jauh lebih pasti, karena branding akan tercipta ketika masyarakat luas melihat logo dari merek dagang yang diluncurkan.

    4. Logo Bisa Menimbulkan Citra Positif

    Terpenting untuk dilakukan sebelum Anda membuat logo adalah memperhatikan keorisinalan. Sebab, melalui logo bisa menimbulkan suatu citra dalam bisnis. Bisa dibayangkan apabila dari logo saja Anda sudah melakukan plagiat, maka citra yang muncul sudah pasti negatif. Logo memang dapat menimbulkan citra postif, dan itu bisa diciptakan berdasarkan image yang ingin Anda tonjolkan.

    5. Logo Membuat Merek Lebih Diingat

    Jasa pembuatan logo sangat siap membantu mewujudkan merek dagang yang mudah diingat dalam masyarakat. Layaknya M pada McDonald’s, dan logo-logo lain yang memiliki image tertentu. Tidak dapat dipungkiri apabila suatu logo dapat dijadikan sebagai identitas dalam merek dagang, karenanya Anda perlu membuat logo yang mudah diingat oleh masyarakat luas.

    6. Logo Mampu Membedakan dengan Pesaing

    Persaingan bisnis di era digital memang semakin ketat, tapi Anda perlu perca diri, serta membangun kepercayaan kepada masyarakat sebagai salah satu merek yang terbaik. Salah satunya adalah dengan membuat logo yang mampu menimbulkan kesan unik, dan mudah diingat oleh masyarakat. Sehingga, logo dari merek dagang Anda mampu membedakan dengan produk serupa yang beredar di pasaran.

    Tips Membuat Logo yang Efektif

    Anda sebagai pemilik suatu bisnis memang perlu mempersiapkan design logo secara matang. Tingkat keorisinalan, mudah diingat, dan lain sebagainya akan menjadi pertimbangan yang tidak bisa dilepaskan ketika menciptakan suatu logo. Manfaat dari adanya logo tidak akan pernah dapat dirasakan, ketika Anda memiliki konsep yang salah dalam penciptaannya. Terutama sebagai branding dari bisnis Anda tersebut.

    1. Memahami Pesan yang Ingin Disampaikan dalam Logo

    Hal pertama yang perlu dilakukan dalam membuat logo yang efektif adalah dengan memahami terlebih dahulu pesan apa yang ingin Anda sampaikan sebagai identitas yang akan ditonjolkan. Pada tahap ini, Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu mengenai teori design, storytelling brand, dan lain sebagainya. Sehingga Anda akan menemukan logo seperti ap yang sebenranya diinginkan sebagai suatu identitas.

    2. Merancang Gambaran Besar dari Logo yang Kuat

    Jasa pembuatan logo akan sangat membantu Anda dalam merancang gambaran besar dari logo yang kuat dan menjadi identitas dari suatu brand. Lakukan konsultasi mengenai seberapa besar relevansi suatu logo di masa depan, kefleksibelan logo yang diciptakan saat dicetak dalam berbagai media, kesan yang ingin ditunjukkan hingga membentuk identitas dari merek dagang, serta kerelevanan antara logo dan produk yang dijual.

    3. Memilih Warna Logo Sesuai Makna

    Setiap design pasti tidak bisa dilepaskan lagi hubungannya dengan psikologi warna, karena itu logo juga harus memperhatikan setiap unsur dari warna yang akan dipilih. Anda bisa menyesuaikan suatu warna dengan produk yang akan dipasarkan. Di sinilah sangat perlu untuk memastikan visi dan misi dari bisnis agar dapat menyesuaikan dengan psikologi warna yang akan diterapkan dalam logo.

    4. Rencanakan Pengembangan Logo untuk Bisnis

    Proses pengembangan suatu logo untuk identitas bisnis sangat diperlukan dalam perencanaan design logo. Anda dapat melakukannya bersama tim profesional dalam pembuatan logo. Di sini memang diperlukan keseriusan Anda dalam membangun suatu bisnis, sehingga dapat mencapai logo yang benar-benar sesuai sebagai identitas dari merek dagang. Perencanaan dimulai dengan mematangkan konsep bisnis Anda.

    5. Perhatikan Fleksibelitas Rancangan Logo

    Mencontek logo sudah pasti tidak dibenarkan, karena melanggar aturan terkait orisinal sebagai identitas suatu brand. Suatu logo ini bersifat selamanya dan jika berganti logo sudah pasti akan mengubah setiap sudut pandang mengenai bisnis, dan masyarakat menjadi sulit untuk mengenalinya. Oleh karena itu, perhatikan fleksibelitas rancangan logo sejak awal sebagai identitas dari merek dagang.

    6. Perhatikan Ciri Khas Logo yang Fleksibel

    Terinspirasi banyak dilakukan untuk melakukan contek logo secara halus. Apakah hal ini dibenarkan dalam etika membuat logo? Jelas ada yang menentang akan hal tersebut, tapi Anda perlu mengingat ketika terinspirasi, bukan berarti menjiplak sepenuhnya. Anda boleh terisinspirasi dari konsep, tapi tidak boleh dalam wujud. Jadi, pastikan untuk membuat logo yang sederhana, tapi menonjolkan kesan ikonik melalui jasa pembuatan logo.

    7. Memilih Jasa Buat Logo Profesional

    Ada harga, ada rupa nampaknya berlaku untuk mendapatkan logo dari penyedia jasa dalam membuatkan identitas merek dagang. Di sini Anda tidak perlu sungkan untuk mengkonsultasikan bisnis yang dimiliki agar memiliki logo yang bisa diingat oleh masyarakat luas, serta menjadi pembeda dari produk sejenis di pasaran. Jasa logo profesional akan memberikan kesempatan kepada Anda untuk mengungkapkan semuanya.

    Design logo sebagai identitas dari merek dagang harus dibuat secara profesional. Banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat logo, tapi menggunakan jasa akan jauh lebih orisinal. Anda bahkan tinggal melakukan konsultasi dalam penciptaan logo, maka jasa profesional akan memberikan hasilnya. Persiapkan dana dan konsep terbaik Anda kepada penyedia jasa profeional pembuatan logo untuk bisnis.

    © Copyright - Ruqyah di Cirebon