Cara Ruqyah Bayi yang Rewel dan Susah Tidur di Malam Hari
Ilustrasi Bayi Menangis | Foto : Ruqyah Cirebon 

Ruqyah Cirebon - Ada banyak penyebab bayi menangis terus-menerus, bayi yang rewel dan sulit tidur di malam hari. Masalah ini seringkali membuat orang tua tertekan karena tidak bisa istirahat dengan baik. Apalagi jika bayi terlalu sering menangis sampai pagi dan kemudian di pagi hari bayi tidur. 

Hal ini akan mengubah pola tidur bayi sehingga dapat mempengaruhi perkembangan otak dan fisik bayi Anda. Di keluarga muslim, masalah bayi sulit tidur terkadang bisa sangat mengkhawatirkan. Apalagi jika bayi banyak menangis di malam hari. Akan dijelaskan mengenai cara untuk mengatasi bayi rewel menurut islam pada malam hari.

Cara Mengatasi Bayi Rewel

Usapkan Air yang Sudah Didoakan

Terdapat banyak penyebab mengapa bayi menjadi rewel, bisa karena adanya gangguan jin dan setan. Bayi masih sangat kecil dan memiliki kepekaan yang sangat tinggi. Anda dapat dengan mudah melakukan ruqyah dirumah. Caranya adalah dengan menyiapkan air dalam gelas. 

Kemudian membaca Al Fatihah, Al Ikhlas (3x), Al Falaq (3x), An Nas (3x), dan ayat kursi. Kemudian tiupkan airnya, ambil sedikit dan gosokkan pada wajah bayi Anda. Jika bayi Anda sedikit lebih tua dan sudah minum air putih, maka air juga bisa diberikan kepada bayi Anda.

Coba dengan Ruqyah

Ketika anak anda menangis pada malam hari dan tangisnya tidak kunjung berhenti maka anda dapat melakukan ruqyah. Ini adalah salah satu cara yang dianjurkan dalam Islam karena kemungkinan bayi Anda akan menangis karena dipengaruhi oleh jin atau setan. 

Caranya adalah dengan membaca Al Fatihah, Al Iklas, Al Falaq, An Nas dan Ayat Kursi. Kemudian tiupkan ke telapak tangan Anda dan gosokkan ke seluruh kulit bayi Anda. Anda juga dapat mengulanginya dan melakukannya untuk tubuh Anda sendiri. Ini akan membantu bayi untuk tenang dan mengatasi insomnia bayi.

Jangan Ajak Bayi Keluar Saat Matahari Tenggelam

Untuk mencegah bayi menangis di malam hari, usahakan agar bayi tidak diganggu oleh jin dan setan. Triknya adalah jangan membawa bayi keluar rumah saat matahari terbenam. Saat itu banyak jin dan setan keluar dan menimbulkan gangguan. Jadi lebih baik bawa bayi ke dalam rumah, tutup semua jendela dan pintu. Maka jangan biasakan untuk menggendong bayi ketika matahari telah terbenam apalagi sampai keluar rumah.

Biasakan Menjaga ASI atau Makanan Bayi Anda

Jika Anda terbiasa memberikan ASI dalam bentuk ASI perah, maka Anda bisa melakukan cara penyimpanan ASI yang benar. Untuk menjaga botol susu agar tidak disentuh oleh jin dan setan, usahakan untuk menjaganya. Caranya yaitu dengan selalu menutup botol susu jika anda telah menggunakannya ataupun jika telah berisi ASI. Hal ini sangat penting untuk menjaga agar tidak disentuh oleh jin dan setan.

Jangan Memasang Boneka di Kamar Bayi

Kebiasaan menaruh mainan kepada bayi salah satunya boneka di kamar bayi banyak dilakukan oleh para orang tua. Orang tua berpikir jika itu adalah teman bayi Anda ketika bayi tidur sendirian. Namun ternyata hal ini tidak baik karena boneka atau segala benda buatan yang menyerupai makhluk hidup seringkali menjadi tempat atau rumah bagi jin dan setan. Jadi singkirkan semua mainan ini dan ganti dengan mainan yang lebih islami.

Putar Murottal

Anda juga bisa membiasakan diri memutar murottal di pembibitan. Ini adalah cara yang sangat baik untuk mendidik bayi agar terbiasa mendengarkan bacaan Al-Qur'an. Selain itu, juga bisa membuat suasana kamar bayi Anda lebih tenang. Ayat Alquran juga akan membuat bayi merasa lebih tenang dan tidak terpengaruh oleh gangguan jin dan setan.

  • Biasakan berwudlu sebelum menggendong bayi
  • Biasakan berwudlu sebelum menyusui
  • Jagalah kebersihan pakaian sekaligus seluruh perlengkapan bayi
  • Berikan ASI saat bayi lapar
  • Bersikap sabar kepada bayi
  • Biasakan berlemah lembut kepada bayi Anda
  • Harus membiasakan untuk menemani bayi sampai tertidur pulas

Cara Ruqyah Bayi yang Rewel

Suci dari Hadast dan Najis

Ketika ingin memulai meruqyah, maka harus mensucikan diri terlebih dahulu. Hilangkan hadast sekaligus najis pada tubuh dengan cara mengambil air wudhu.

Dengan Membaca Surat Al Falaq, An-Nas, Al Fatiha, dan Juga Ayat Kursi

Lakukan langkah ke-2 ini agar ruangan atau area meruqyah terlindung dari setan/jin. Dan untuk pertahanan diri.

Membaca Doa Ruqyah

Membaca doa perlindungan dan ruqyah untuk anak seperti yang dilakukan Nabi Muhammad SAW. Caranya adalah, letakkan telapak tangan kanan Anda di dada si kecil dan bacalah:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ مُذْهِبَ الْبَاسِ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إِلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

Kemudian letakkan lagi tangan Anda di dadanya dan ucapkan:

أُعِيذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لاَمَّةٍ

Doa kedua di atas dikhususkan untuk meruqyah anak, pada teks di atas untuk dua orang anak, yaitu laki-laki dan perempuan. Untuk satu anak laki-laki maka katakan; 

"U'idzuka..." dan untuk satu anak perempuan ucapkan lahfadz "U'idzuki..." untuk banyak anak; "U'idzukum..."

Peluk Anak dan Bacakan Al-Fatihah dan Al-Baqarah

Cara selanjutnya adalah dengan memeluk anak yang sedang ruqyah dengan lembut. Maka bacalah Al Fatihah terlebih dahulu. Kemudian anda dapat membaca Surat Al-Baqarah ayat 1-4, 163-164, 255-257, dan 284-286.

Bila Bayi Masih Rewel Dimalam Hari

bayi masih rewel setiap malam maka cobalah untuk membaca surah al baqarah. Kemudian baca Surah Al Baqarah dari awal sampai akhir dan Surah Al Baqarah adalah surah terpanjang dalam Al Qur'an, hampir 3 juz. Siapkan waktu yang cukup lama dari kesibukan rutinitas di atas jika membaca memakan waktu kurang lebih 3 jam. Bacalah dengan lantang karena setan akan lari dari rumah tempat membaca surat al Baqarah.

Ada suatu kejadian di suatu daerah, ada seseorang yang mengalami gangguan jin kemudian dia setiap hari membaca surat Al-Baqarah sekitar setengah juz setelah selesai surat al Baqarah dia mengulanginya lagi dari awal dengan niat tadarusan dan meruqyah sendiri. Jika anak tiba-tiba menangis menjerit-jerit di malam hari tanpa meneteskan air mata

Segera orang tuanya berwudhu dengan meletakkan telapak tangan di ubun-ubun sambil membaca Istighfar 3 kali, kemudian baca:

أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّآمَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ (3x)

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ (1x)

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ وَلاَ تَكِلْنِيْ إِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ أَبَدًا 

 حسبن الله ونعم الوكيل نعم المولى ونعم النصير. (3x)

Sholat Nabi 3 kali

Jika bayi meronta-ronta saat digendong, ambil gendongan dan mulailah membaca Al Fatihah 3x pelan-pelan. Jangan terlalu keras. Pelan tapi jelas dan kita bawa dan baca ayatnya dengan tenang lalu membacanya

Ayat Alquran 7x Al Ikhlas 3x Alfalaq 3x Annas 3x

Allah Subhanahuwata a'ala berfirman:

وَنُنَزِّلُ مِنَ ٱلْقُرْءَانِ مَا هُوَ شِفَآءٌ وَرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِينَ ۙ وَلَا يَزِيدُ ٱلظَّٰلِمِينَ إِلَّا خَسَارًا

Dan Kami turunkan dari Al-Qur'an sesuatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman, dan Al-Qur'an itu tidak menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian (QS. Al-Isra Ayat 82)

Demikian ulasan tentang cara ruqyah bayi yang rewel dan susah tidur di malam hari, semoga bermanfaat.