Ruqyah untuk Menyembuhkan Gangguan Kejiwaan
Ilustrasi Sakit Kepala | Foto : Ruqyah Cirebon 

Ruqyah Cirebon - Seiring dengan dinamika perkembangan kehidupan modern yang semakin kompleks, maka perubahan psikologis pada manusia juga mengalami perubahan, terutama dengan perkembangan mental atau mental seseorang yang telah mengalami modernisasi budaya dan gaya hidup. 

Tekanan psikis, gangguan kejiwaan atau mental yang banyak dialami masyarakat modern di saat ini membuat munculnya wacana mengenai cara atau alternatif untuk dapat mengatasinya dengan berbagai macam terapi salah satunya yaitu terapi ruqyah. Masalah yang sering dihadapi oleh sebagian besar manusia datang silih berganti dan terkadang mereka sendiri tidak cukup kuat untuk menerimanya. 

Sehingga dapat menimbulkan gangguan mental kepada seseorang. Jadi perlu untuk memulihkan kesehatan mental. Salah satunya dengan terapi ruqyah. Terapi ruqyah merupakan suatu metode terapi atau penyembuhan dalam Islam yang berhubungan dengan hati dan juga jiwa seseorang.

Terapi Ruqyah untuk Gangguan Mental

Terapi ruqyah gangguan jiwa merupakan model pengobatan tradisional yang mengobati dan menyembuhkan penyakit mental, spiritual, fisik melalui pembacaan ayat-ayat Al-Qur'an yang dibacakan kepada pasien yang mengalami gangguan dalam hal ini gangguan kesehatan jiwa. 

Ada berbagai cara yang dilakukan dalam proses meruqyah, seseorang tidak hanya membaca ayat-ayat tertentu dalam al-Qur'an tetapi orang dengan gangguan kesehatan mental juga diberikan waktu untuk konseling yang biasanya digunakan untuk mengatasi rasa takut, depresi, halusinasi, atau gangguan mental lainnya. Sesi konseling ini termasuk dalam terapi psikis. 

Pada sesi ini, pasien akan bercerita tentang masalah yang dihadapi sekarang atau di masa lalu yang dianggap mengganggu jiwanya. Ada beberapa jenis gangguan jiwa yang terjadi dan dapat diobati dengan cara ruqyah, gangguan jiwa tersebut adalah sebagai berikut:

Takut

Ketakutan merupakan suatu kondisi yang berupa gangguan tajam pada mental yang dapat terjadi terhadap semua individu. menggambarkan gangguan dengan kejutan kekerasan yang mengguncang manusia begitu keras sehingga menghancurkan kemampuan untuk berpikir dan mengendalikan dirinya. 

Ketika keadaan ketakutan yang parah dan tiba-tiba, orang tersebut akan lumpuh untuk jangka waktu tertentu dan dia tidak akan dapat bergerak atau berpikir. Rasa takut yang berlebihan membuat penderita kehilangan kendali dirinya yang mengakibatkan dirinya menjadi seorang pengecut, tidak berani menyendiri, dan kemanapun ia pergi harus ditemani.

Marah

Seringkali gangguan emosi dikaitkan dengan perasaan marah, karena merupakan salah satu ciri yang berhubungan dengan perasaan yang lahir dari otak. Perasaan yang tidak terkendali akan mengakibatkan seseorang bertindak di luar akal fikirannya. Emosi yang tidak terkendali menyebabkan seseorang menjadi marah atau lebih buruk lagi yang disebut dengan hot temper.

Insomnia

Mengacu pada istilah ilmiah seseorang yang mengalami kesulitan tidur disebut insomnia. Insomnia adalah suatu kondisi di mana seseorang merasa sulit untuk tidur nyenyak atau merasa tidak mendapatkan istirahat yang cukup bahkan setelah tidur yang lama. Insomnia akan kurang aktif di siang hari. Jika kondisi seseorang tidak bisa tidur, pasti ada sesuatu atau penyebab dari keadaan seperti itu. Ada beberapa alasan mengapa pasien sulit mendapatkan tidur yang nyenyak, antara lain:

  • Selalu mimpi buruk,
  • Ketakutan yang berlebihan,
  • Dapat melihat makhluk halus,
  • Merasa bahwa seseorang sedang mengawasinya,
  • Banyak pikiran.
  • Gangguan makhluk halus

Di antara bentuk gangguan makhluk halus terhadap manusia adalah bisikan suara-suara aneh: Seseorang akan mendengar suara-suara yang menyuruhnya melakukan hal-hal yang melanggar Islam.

  • Mimpi menakutkan: Terkadang kita mengalami mimpi menakutkan ketika kita sedang tidur atau ketika kita hampir tertidur. Keadaan seperti ini juga dapat mengganggu ketenangan seseorang hingga sulit untuk kembali tidur. Mimpi seram adalah setan yang suka membuat orang merasa resah dan merasa takut.
  • Kepemilikan: Stres emosional yang tidak terkendali dapat menyebabkan seseorang menjadi lemah secara mental dan fisik. Orang yang lemah ruhnya akan diambil oleh jin dan setan untuk merasukinya dengan cara memasuki tubuhnya.

Pengobatan Gangguan Jiwa dengan Ruqyah
Meruqyah Orang Gila dengan Al-Fatihah


Musnad Ahmad 20834 menjelaskan Telah bercerita kepada kami, Muhammad bin Ja'far. Dimana telah bercerita kepada kami Syu'bah dari Abdulah bin Abu As Safar. Dari Sya'bi dari Kharijah bin Ash Shalt. 

Dari pamannya dimana dia berkata. “Kami kembali dari majlis Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam, kemudian kami sampai di sebuah desa Arab, mereka berkata: 

“Kami diberitahu bahwa Anda baru saja datang kepada orang itu dengan perbuatan baik, kemudian apakah Anda memiliki doa atau ruqyah, kami memiliki orang gila yang dirantai. Saya bilang iya.' Mereka juga membawa orang gila yang dirantai di depannya."

Kemudian saya membaca Surat Al Fatihah selama tiga hari pagi dan sore, saya mengumpulkan air liur saya kemudian saya meludahkannya dan kemudian seolah-olah dia telah sembuh dari penyakit gila. 

Kemudian mereka memberi saya hadiah, lalu saya berkata: 

"Nanti dulu, sampai saya bertanya kepada Nabi Shallallahu'alaihiwasallam." 

Saya pun bertanya kepada beliau lalu beliau bersabda: 

" Sungguh ada orang yang memakan dari hasil ruqyah batil, tetapi kamu memakan makanan dari hasil ruqyah yang benar.”
Ruqyah Ditambah dengan Herbal Ginseng (ginseng Asia atau Panax ginseng)

Menurut penelitian yang telah dilakukan, ginseng Asia atau Panax ginseng berpotensi untuk mengatasi gejala skizofrenia (gangguan psikologis/gila) yang sejenis dengan penyakit otak yang dapat merusak sekaligus menghancurkan emosi. Dalam sebuah penelitian telah dibuktikan jika ginseng Asia atau Panax ginseng dapat meredakan gejala penderita skizofrenia yang disebut Flat Affect. 

Gejala tersebut antara lain gejala negatif yang ditandai dengan kurangnya motivasi dan penurunan ekspresi emosi yang drastis. Dalam skizofrenia dikenal istilah gejala negatif dan gejala positif. Gejala negatif yang terlihat jelas, seperti melamun, mengurung diri di kamar, menarik diri dari pergaulan, dan sebagainya. 

Sedangkan gejala positifnya yaitu tindakannya yang akan berdampak pada lingkungan sekitarnya, salah satu contohnya mengamuk dan berteriak. Ginseng Asia Herbal atau Panax ginseng diakui oleh dokter efektif dalam mengurangi atau mengurangi gejala positif skizofrenia seperti halusinasi, lamunan, dan gangguan berpikir.

Ruqyah + Madu

Madu mengandung antidepresan (antidepresan) yang membuat penderita gangguan jiwa tenang dan nyaman. Saya sarankan membeli madu khusus dari bunga Habbatussauda yang telah di ruqyah dengan ayat-ayat ruqyah di atas kemudian campurkan 3 sendok makan madu ke dalam sari ginseng tersebut untuk diminum kepada penderita.

Ayat Ruqyah Gangguan Jiwa

Rasulullah pernah mencontohkan pengobatan ruqyah untuk penyakit jiwa. Diriwayatkan tentang terapi ruqyah untuk mengobati gangguan jiwa bahwa Ubay bin Ka'ab berkata: Ketika saya berada di dekat Rasulullah (sallallahu 'alayhi wa sallam) seorang Arab Badui datang kepadanya dan berkata, 

"Ya Nabi Allah! Sungguh, saudaraku sakit. “Apa sakitnya” jawabnya. 
Dia menjawab, 

“Dia memiliki gangguan jiwa, ya Rasulullah.” Rasulullah berkata lagi, “Bawa saudaramu ke sini!” Maka pria itu membawa saudaranya Maka Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam meminta perlindungan kepada Allah untuk saudaranya dengan membaca Al-Qur'an sebagai berikut:

  • Surah al-Fatihah,
  • Surah al-Baqarah 1-5, ayat ke-163 dan ke-164, ayat Kursi, dan tiga ayat yang terakhir.
  • Surah Ali ‘Imram ayat yang ke-18,  
  • Surah al-a’araf ayat yang ke-54,
  • Surah al-Mu’minun ayat yang ke-116,
  • Surah al-Jin ayat 3, 
  • Surah ash-Shaffat ayat 1 -10,  
  • Surah Ali ‘Imran ayat yang ke-18,
  • Tiga ayat terakhir dari surah al-Hasyr,
  • Surah al-Ikhlas, dan Mu’awwidzatain (surah al-Falaq dan an-Nas)

Ayat ruqyah ini harus dibaca berulang-ulang dan dianjurkan membacanya pada pagi dan sore hari. kemudian diminum dan dimandikan dengan daun yang telah di ruqyah bidara.

Demikian ulasan tentang ruqyah untuk menyembuhkan gangguan kejiwaan, semoga bermanfaat.