Doa Ampuh Agar Terhindar Dan Dijauhi Dari Masalah - Ruqyah di Cirebon

18 Feb 2022

Doa Ampuh Agar Terhindar Dan Dijauhi Dari Masalah

    Doa Ampuh Agar Terhindar Dan Dijauhi Dari masalah - Tidak ada hidup tanpa masalah. Karena musibah dan masalah, baik fisik maupun mental, adalah kebalikan dari bayi manusia. Beberapa dapat diselesaikan lebih cepat, dan beberapa membutuhkan waktu lebih lama. Di sisi lain, kita ingin bisa hidup nyaman tanpa masalah. 

    Meski ini merupakan cita-cita yang tidak bisa diwujudkan sepenuhnya, setidaknya kita berusaha meminimalisir terjadinya masalah. Salah satu upaya tersebut adalah doa. Diantara doa-doa yang harus kita lakukan secara rutin adalah doa agar kita mendapatkan ampunan di akhirat dan terbebas dari segala masalah di akhirat. Adapun teks Doa Ampuh agar terhindar dan dijauhi dari masalah adalah sebagai berikut.

    Allahumma innii as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyah fid dun-yaa wal aakhirah. Allahumma innii as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyah fi diini wa dunyaa-ya wa ahlii wa maalii. Allahummas-tur ‘au-raatii wa aamin rau-’aatii. Allahummah-fadz-nii min baini yadayya wa min khalfii wa ‘an yamiinii wa ‘an syimaalii wa min fauqii. Wa a-’uudzu bi ‘adzmatika an-ughtaala min tahtii.

    Ya Allah! Sesungguhnya aku memohon ampunan dan terbebas dari masalah di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon ampunan dan terbebas dari masalah dalam urusan agama, dunia, keluarga dan hartaku. Ya Allah, tutupilah auratku dan tenangkanlah aku dari rasa takut. Ya Allah! Jagalah aku dari arah muka, belakang, kanan, kiri dan dari atasku, dan aku berlindung dengan kebesaranMu, agar aku tidak dihancurkan dari bawahku.

    BACA JUGA: DOA MENGHADAPI PERMASALAHAN BERAT

    Ada beberapa hadits yang menyebutkan keutamaan doa ini,

    • Dari Ibnu Umar radiallahu 'anhuma, bahwa ia mendengar Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam membaca wirid ini di pagi dan sore hari, dan ia tidak pernah meninggalkannya sampai ia meninggal: "Allahumma inni as-alukal 'afwa...dst." (Diriwayatkan oleh Ahmad 4785, Abu Daud 5074, Ibn Majah 3871, dan disahkan oleh Shuaib al-Arnauth).
    • Dari Abbas bin Abdul Muthallib, ia bertanya kepada Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam: Wahai Rasulullah, ajari aku shalat apa yang harus aku panjatkan kepada Allah? Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Wahai Abbas, mintalah kepada Allah al afiyah (bebas dari kesulitan)." Kemudian, setelah tiga hari, Abbas datang lagi dan berkata: Ya Rasulullah, ajari aku doa yang harus aku ucapkan kepada Allah? Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Wahai Abbas, mintalah kepada Allah agar terbebas dari masalah.
    • Dari Anas bin Malik radiallahu 'anhu, bahwa ada seseorang yang datang kepada Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam dan bertanya: Ya Rasulullah, shalat apa yang paling afdhal? Beliau menjawab: “Mintalah kepada Allah al-afiyah (bebas dari masalah) di dunia dan di akhirat.” Kemudian keesokan harinya dia datang lagi dan bertanya: “Wahai Nabi Allah, doa apa yang paling afdhal? Karena jika kamu diberi al-afiyah di dunia dan di akhirat, berarti kamu beruntung.” (HR. Al Bukhari dalam Adabul Mufrad dan shahih Al Albani).

    Langkah Untuk Menyelesaikan Masalah Besar dengan Cepat

    Langkah pertama yang penting adalah tetap tenang. Mengapa? Karena panik akan menurunkan fungsi logika Anda.Anda bisa menemukan solusi yang terbaik dengan berfikir menggunakan logika? Jangan panik, tetap tenang.

    Agar kita bisa tenang, sebaiknya berdoa kemudian berpikirlah dengan positif. Berhentilah memperburuk masalah dengan mengeluh dan menjadi emosional. Marah, mengeluh, menangis, itu akan memperburuk masalahmu. Bagaimana menjadi tenang? Jaga persepsi Anda tetap positif. Ingat yang berikut ini:

    Masalah Adalah Tanda Cinta Allah

    “Besarnya pahala sesuai dengan besarnya cobaan, dan sesungguhnya jika Allah mencintai suatu kaum, Dia akan menguji mereka. Oleh karena itu, barang siapa yang ridha (menerima cobaan) maka baginya keridhaan (Allah), dan barang siapa marah, maka baginya murka (Allah).” (HR.Ibnu Majah)

    Dari Nabi, ia berkata: Allah Subhaanahu wa Ta'ala berfirman: "Hai anak Adam, jika Anda bersabar dan ikhlas ketika bencana menimpa, maka saya tidak akan senang dengan Anda pahala kecuali surga." (HR.Ibnu Majah)

    Allah Menginginkan Kebaikan Untukmu

    Namun, bukan berarti kita membiarkan masalah terus berlanjut. Tidak juga. Hadits-hadits di atas menjadi pedoman sikap kita terhadap masalah tersebut. Sehingga kita bisa menuai kebaikan dibaliknya. Tidak akan ada kebaikan jika kita salah dalam menyikapinya. Kuncinya bahagia dan sabar, agar kita mendapatkan kebaikan.

    “Tidaklah seorang muslim ditimpa musibah, kemiskinan, kegelisahan, kesedihan, kesakitan atau kesedihan meskipun tertusuk duri, niscaya Allah akan menghapus dosa-dosanya dengan apa yang menimpanya.” (HR. Bukhari).

    Ridha dan shabar bukan berarti membiarkan masalah dan tidak berusaha menyelesaikannya. Pada kenyataannya, apa kurangnya kesabaran Nabi? Tapi dia tetap berusaha menyelesaikan masalah dan memerintahkan kita untuk berdoa agar terhindar dari masalah.

    Jika kita memiliki masalah sebaiknya lakukan ini:

    • Rida
    • Sabar
    • Berusaha
    • Berdoa

    Ridha dan shabar adalah perbuatan hati. Dalam hati kita bahagia dan sabar, salah satu buktinya adalah tidak pernah mengeluh. Kemudian kami melanjutkan sholat. Dan secara fisik jangan pernah menyerah untuk mencoba mengatasinya. Jika kita tidak bisa berusaha, maka fokuslah pada 3 lainnya yaitu ridha, kesabaran, dan doa.

    Yakinlah Kamu Mampu Menghadapi Masalah

    “Allah tidak membebani seseorang kecuali sesuai dengan kemampuannya.” (Q.S. Al-Baqarah: 286).

    Ketika Anda mengatakan Anda tidak tahan lagi, itu hanya reaksi emosional. Sebenarnya Anda bisa. Tidak tahu caranya, bukan berarti tidak ada solusi. Hanya karena Anda tidak melihat solusi di depan Anda bukan berarti tidak ada solusi.

    Demikian juga, hanya karena Anda tidak dapat menemukan solusi tidak berarti Anda tidak bisa selamanya. Kita bisa belajar, kita bisa mencoba, kita bisa berlatih dan kita bisa terbiasa. Jika perlu, dapat meminta seseorang untuk membantu membimbing Anda.

    Kamu pasti bisa, meski sulit. Mungkin Anda harus berjuang, harus bekerja keras, harus menunggu waktu tertentu, dan mungkin mengalami kegagalan. Hal ini wajar. Itu tidak berarti Anda tidak bisa. Ini adalah sebuah proses. Orang lain yang mampu memecahkan masalah bukan berarti harus diselesaikan dengan mudah dan sekali saja.

    Upaya dan waktu yang dibutuhkan akan sepadan dengan besarnya masalah Anda. Jangan bermimpi mendapatkan “tongkat ajaib” yang menyelesaikan masalah dalam sekali jalan. Ada proses, ada tahapan, dan sunatullah harus dipenuhi. 

    BACA JUGA : DOA TATKALA MENGALAMI KESEDIHAN YANG MENDALAM

    Doa Agar Hati Tenang

    Dalam buku Doa Dzikir Muslimah oleh Abu Ayyub El-Faruqi, berikut bacaan doa agar hati tenang:

    Allahumma inni as aluka nafsaan bika muthma innah tu,minu biliqooika watardho biqodoika wataqna'u bi'athoika.

    Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridha dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu."

    Allahumma musharrifal-qulubi sharrif qulubana ‘ala tha-atika.

    Artinya: “Ya Allah, yang mengarahkan hati, arahkanlah hati-hati kami untuk taat kepada-Mu.” (H.R. Muslim)

    Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang Doa Ampuh agar terhindar dan dijauhi dari masalah, semoga bermanfaat.

    © Copyright - Ruqyah di Cirebon