Doa Ketika Menghadapi Permasalahan yang Berat
Ilustrasi Berdoa | Foto : Ruqyah Cirebon 

Ruqyah Cirebon - Kita semua tentunya pernah mengalami kesulitan dalam hidup ini. Berbaik hatilah pada Sang Pencipta, mungkin Dia ingin menguji seberapa besar iman kita. Seperti halnya siswa yang diuji dengan berbagai bentuk ujian, kita yang merupakan ciptaan Sang Pencipta pasti akan diuji. Iman dan kesabaran kita akan diuji dengan berbagai kesulitan yang Allah SWT berikan kepada kita.

Ketika kesulitan datang, ingatlah kita punya Allah SWT. Dan Allah SWT adalah tempat terbaik bagi kita untuk meminta dan meminta pertolongan. Di mana ada doa ketika menghadapi permasalahan berat, berikut doa-doanya. 

Doa Ketika Menghadapi Masalah Berat

Doa Pertama

Rab bi hab li hukmaw wa alhiqni bis saalihin Wajal li lisaana sidqin fil aakhirin Wajalni miw warasati jan natin naim. 

Artinya: "Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan pertemukanlah aku dengan orang-orang yang shalih, serta jadikanlah aku buah tutur yang baik bagi orang yang datang kemudian. Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang mewarisi surga yang penuh nikmat." (QS. Asy Syu'araa: 83-85)

Doa Kedua

Allahummaftah ‘alaina hikmataka wansyur ‘alainaa min khozaa,ini rohmatika yaa arhamarraahimiin.

Artinya: “Ya Allah, bukakanlah untuk kami hikmah-Mu dan taburkanlah kepda kami rahmat-Mu dari gudang-gudang rahmat-Mu wahai Dzat yang Maha Kasih.”

Doa Ketiga

رَبَّنَا آَتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدً

artinya: “Wahai Tuhan kami berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)’.” (QS. Al-Kahfi: 10)

Doa Keempat

“Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii.”

Artinya: “Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.” (QS. Thaha ayat 25-28).

Ingat dan Bacalah Ayat berikut Jika sedang Menghadapi Masalah yang Berat

Percaya Bahwa Anda Akan Mampu Menghadapinya

Semua masalah yang ada telah diukur dan disesuaikan dengan kemampuan seseorang dalam menghadapi masalah tersebut. Jadi tanamkan dalam pikiran dan hati Anda untuk selalu berpikir positif, dan percaya bahwa Anda bisa menghadapinya.

Q.S. Al-Baqarah : 286 yang berbunyi : “ Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya ”.

Sungguh maha besar Allah dengan segala firman-Nya. Masalah memang datang dengan tingkat ukuran yang berbeda ketika menyangkut setiap manusia. Namun, Anda tidak perlu khawatir dan khawatir, karena semua masalah yang Anda hadapi telah disesuaikan dengan tingkat kemampuan yang Anda miliki. 

Dimana selama proses memperjuangkan impian Anda, Anda harus selalu bisa menyalakan pikiran positif dalam menghadapi semua masalah yang ada, meskipun itu berat bagi Anda. Alhasil, Anda bisa tetap percaya diri dan optimis bisa menghadapi masalah tersebut.

Selalu Ada Kemudahan Dibalik Kesulitan

Untuk menghadapi semua masalah yang ada, Anda harus bisa menghilangkan rasa putus asa dalam menghadapi masalah tersebut. Dimana setiap masa sulit yang menimpa anda, maka pasti ada solusi dan kemudahan yang akan datang jika anda selalu memiliki tips untuk berusaha.

Q.S Al-Insyirah : 5-6 yang berbunyi : “ Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan, Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan ”.

Dimana jika kita selalu menghindari kesulitan, maka tidak akan mudah. Dan jika Anda menimbulkan kesulitan atau masalah ini pada orang lain, orang lain akan mendapatkan kemudahan itu. Nah, dari situ pasti anda tidak mau kan? bahwa kenyamanan yang hakiki adalah milikmu, milik orang lain. Oleh karena itu, hadapi semua masalah yang ada dengan berpikir positif, meskipun masalah itu berat bagi Anda. Dan tetap yakin, bahwa selalu ada kemudahan di balik masa-masa sulit ini.    

Anda Juga Bisa Berubah untuk Menjadikan Diri Anda yang Lebih Baik

Jika Anda selalu mengeluh tentang diri sendiri bahwa Anda tidak memiliki nasib yang dimiliki orang lain, maka itu tidak dibenarkan. Dan intinya, anda juga bisa berubah menjadi lebih baik jika anda mau berusaha untuk berubah.

Q.S Ar-Rad : 11 yang berbunyi : “ Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum, hingga mereka mengubah diri mereka sendiri ”.

Oleh karena itu, selama rasa semangat dan usaha dalam diri ini terus ditumbuhkan, maka semua permasalahan tersebut dapat dicarikan solusi yang tepat dalam menghadapinya. Dan setidaknya Anda juga bisa berusaha melakukan semuanya dengan sebaik-baiknya.

Ada Hikmah Dibalik Sesuatu yang tidak Anda Sukai

Ketika menghadapi sesuatu yang tidak disukai, biasanya Anda akan merasa sedih, benci, marah, kecewa, yang pada akhirnya berujung pada keputusasaan. Padahal, jika diperhatikan, bahwa ada hikmah dan kebaikan di balik sesuatu yang tidak disukai.

Q.S. Al-Baqarah : 216 yang berbunyi “ Dan boleh jadi kamu membenci sesuatu tetapi ia baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu tetapi ia buruk bagimu, dan Allah mengetahui dan kamu tidak mengetahui “.

Selalu Takwa dan Tawakal pada Sang Ilahi

Selalu bertakwa dan bertawakal kepada yang maha kuasa ketika menghadapi masalah yang serius, memang bisa menjadi penenangan hati yang resah dan rasa putus asa. Maka dari situ anda bisa melakukan kedua akhlak mulia ini, agar dapat menumbuhkan rasa kuat dalam berjuang menghadapi segala permasalahan yang ada.

Q.S. Ath-Thalaq : 2-3 yang berbunyi “ Barang siapa bertakwa kepada Allah, maka Dia (Allah) akan menjadikan jalan keluar baginya, dan memberinya rizki dari jalan yang tidak ia sangka. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah maka cukuplah Allah baginya, Sesungguhnya Allah melaksanakan kehendak-Nya, Dia (Allah) telah menjadikan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu ”.

Langkah Pertama Agar Cepat Menyelesaikan Masalah Besar

Langkah pertama yang penting adalah tetap tenang. Mengapa? Karena panik akan menurunkan fungsi logika Anda. Ketika logika Anda tidak berfungsi dengan baik, bagaimana Anda akan menemukan solusi? Jangan panik, tetap tenang. 

Agar kita bisa tenang, kemudian perbaiki sikap kita terhadap masalah. Berhentilah memperburuk masalah dengan mengeluh dan menjadi emosional. Marah, mengeluh, menangis, apalagi sampai melakukan hal-hal negatif hanya akan memperburuk masalahmu.

Langkah Kedua: Rahasia Do’a yang Dilupakan

Kesalahan banyak orang adalah meletakkan doa di akhir. Setelah upaya baru untuk berdoa. Tidak salah, tapi tidak lengkap. Berdoa di awal, mengiringi, dan setelah ikhtiar. Sebenarnya tidak ada "setelah usaha" karena usaha harus dilanjutkan sampai berhasil. Tapi anggaplah memang tidak ada yang bisa dilakukan, maka teruslah berdoa.

Berdoalah agar Allah membimbing kita untuk melakukan hal yang benar dengan cara yang benar. Berdoalah agar Allah memberi kita kekuatan, baik secara rohani, mental, dan fisik sehingga kita dapat menyelesaikan masalah. Doakan solusi terbaik untuk Anda.

Langkah Ketiga Ikhtiar Agar Cepat Menyelesaikan Masalah

  • Fahami Masalah Anda

Langkah pertama untuk memecahkan masalah adalah memahami masalah. Banyak yang bilang kita harus fokus pada solusi. Itu benar, jika sudah ada solusi. Sebuah solusi tidak akan datang ketika kita tidak memahami masalah apa yang sedang dihadapi. jadi pahami dulu apa masalah kita.

  • Temukan Ide-ide Solusi Agar Cepat Menyelesaikan Masalah

Setelah Anda memahami masalahnya, langkah selanjutnya adalah menemukan ide-ide solusi. Karena semakin banyak ide semakin baik. Jika Anda hanya memikirkan satu solusi, itu berarti Anda tidak cukup kreatif.

  • Bertindaklah

Jika ide solusi telah ditemukan, maka bertindak. Itu tidak akan menyelesaikan masalah Anda jika Anda tidak bertindak. Bertindak sesegera mungkin, sebisa mungkin, dan jangan mudah menyerah.

  • Tangguhlah

Satu hal yang dapat mencegah Anda menemukan solusi adalah bahwa Anda tidak cukup tangguh. Ciri-ciri orang yang kurang ulet adalah cepat menyerah atau menyerah. Karena biasanya begitu, ketika menyerah akan ada berbagai alasan dan pembenaran.

Demikian ulasan tentang Doa Ketika Menghadapi Permasalahan Berat, semoga bermanfaat.