Bacaan Doa Dan Dzikir Setelah Solat Dzuhur Lengkap
Ilustrasi Sedang Berdoa | Foto : Media Cirebon 

Ruqyah Cirebon  - Doa adalah seruan kepada Allah bagi umat Islam. Caranya adalah dengan meletakkan tangan di depan Anda dan menghadapkan telapak tangan ke atas. Sering dilakukan setelah sholat. Umat ​​Islam dianjurkan untuk berdoa untuk menunjukkan harga diri yang rendah terhadap Allah SWT, di samping menunjukkan rasa ketaatan dan ketaatan terhadap perintah Allah. 

Sholat dapat dilakukan kapan saja tanpa batas dan batasan selama manusia muslim itu hidup dan beriman kepada Allah. Biasanya, doa dilakukan untuk memperbaiki diri dengan meminta pengampunan kepada Allah dan mengharapkan sesuatu dari-Nya. Salah satu waktu yang paling mujarab dalam sholat adalah waktu sesudah sholat, disini kami akan menuliskan Doa Setelah Solat Dzuhur dan Dzikir Setelah Solat Dzuhur.

Doa Setelah Sholat Dzuhur

Bagi anda yang masih belum mengetahui doa setelah sholat dzuhur, jangan khawatir lagi, karena kami akan membagikan kepada anda doa setelah sholat dzuhur yang bisa anda pelajari. Doa tersebut seperti, Bismillahirrahmaanirrahiim. Alhamdu Lillaahi Rabbil 'Aalamin, Hamdan Yuwaafii Ni'amahu Wayukaafii Maziidahu. 

Ya Rabbana Lakal Hamdu Kamaa YamBaghii Lijalali Wajhika waazhimi Sulthanik. Allahumma Shalli 'Ala Sayyidinaa Muhammadin Wa'alaa Aali Sayyidinaa Muhammad. jika anda sudah memahami doa setelah sholat dzuhur diatas, ada baiknya anda mengetahui Bacaan Doa Dan Dzikir Setelah Solat Dzuhur dibawah ini.

Bacaan Doa Dan Dzikir Setelah Sholat Dzuhur

Berikut Bacaan Doa Dan Dzikir Setelah Sholat Dzuhur, yang dikutip dari hadits riwayat Muslim, Bukhari, Abu Dawud, serta kitab Bidayatul Hidayah.

Bacalah Istighfar Di Bawah Ini Tiga Kali

"Astagfirullah hal'adzim, aladzi laailaha illahuwal khayyul qoyyuumu wa'atubuubuhilahi"

Kemudian Lanjutkan Dengan Membaca

Jika anda sudah membaca istigafar selanjutnya anda membaca, Allahumma antassalam, waminkassalam, wa ilayka ya'uudussalam fahayyina rabbanaa bissalaam wa, adhilnaljannata darossalaam tabarokta rabbanaa wata'alayta yaa dzaljalaali wal ikraam.

Kemudian Baca

Kemudian anda membaca Allahummma laa maa ni'a limaa a'thoyta walaa mu'thiya limaa mana'ta walaa yanngfa'u dzal jaddi minngkal jaddu.

Kemudian Berdoa Agar Diberi Kemampuan Mengingat, Bersyukur Dan Beribadah Kepada Allah Dengan Baik

Doanya seperti Allahuma aisyii alaa dhikrikaa wasyakri kaa wa husni ibadatika.

Lanjutkan Membaca

Sedudah berdoa lanjutkan membaca Laa Ilaaha Illallaahu wahdahu Laa Syariikalahu, Lahul Mulku Walahul Hamdu, Yuhyii, Wayumiitu, Wahuwa Hayyun Laa Yamuutu, Biyadihil Khairu, Wahuwa 'alaa Kulli Syai-in Qadiir" dibaca 3 kali setelah sholat Fadhu, setelah sholat maghrib dan sholat subuh.

Meminta Perlindungan Dari Keganasan Neraka

“Allahumma ajirni minan naar”. Dibaca 7 kali setelah sholat Maghrib dan Subuh.

Baca Surah Al-Fatihah Dan Ayat Kursi

Membaca Surah Al-Fatihah kemudian dilanjutkan dengan membaca Ayat Kursi. Seperti “Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyum. Laa ta'khudzuhuu sinatuw wa laa naum. Lahuu maa fis samaawaati wa maa fil ardh. Man dzal ladzii yasyfa'u 'indahuu illaa bi idz samaawaati wa maa fil ardh. Man dzal ladzii yasyfa'u 'indahuu illaa bi idznih. walaa ya-uuduhuu hifzhuhumaa Wahuwal 'aliyyul 'azhiim."

Baca Al-Baqarah Ayat 285-286

Setelah membaca Surah Al-Fatihah dan ayat kursi, membaca dzikir setelah sholat dapat dilanjutkan dengan membaca Surah al-Baqarah ayat 285-286. Bacaanya seperti, Aamanar-rosuulu bimaaa unzila ilaihi mir robbihii wal-mu`minuun, kullun aamana billaahi wa malaaa`ikatihii wa rusulih, laa nufarriqu baina ahadim mir rusulih, wa qooluu sami'na wa atho' wa robbanaa'.

Laa yukallifullohu nafsan illaa wus'ahaa, lahaa maa kasabat wa 'alaihaa maktasabat, robbanaa laa tu`aakhiznaaa in nasiinaaa au akhtho`naa, robbanaa wa laa tahmil 'alainaa la ishrong kamaa biahaltau, wa lanaghfir'alana hamnaa, anta maulaanaa fanshurnaa 'alal-qoumil-kaafiriin."

Membaca Tasbih, Tahmid, Takbir, Dan Tahlil

  • "Subhanallah" 33x.
  • "Alhamdulillah" 33x.
  • "Allahu Akbar" 33x
  • "Lailaha Illallah" 33x.

Dilanjutkan Dengan Doa Berikut

Doa tersebut yang pertama Bismillahirrahmaanirrahiim. Alhamdulillaahi rabbil 'aalamiin, hamdan yuwaafii ni'amahu wayukaafii maziidah. Ya rabbanaa lakal hamdu kamaa yan baghhi lijalaali wajhika wa'azhiimi sulthaanik.

Allahumma shalli 'alaa sayyidinaa muhammadin wa'ala ali sayyidina Muhammad. Allahumma rabbana taqabbal minna shalatana washiyamana warukuu'ana wasujuudana waqu'udana watadlarru'ana, watakhasysyu'ana wata'abbudana, watammim taqshiirana ya Allah ya rabbal'aalamiin.

Rabbana dhalamna anfusana wa-inlamtaghfir lana watarhamna lanakuunanna minal khasirin. Rabbana walaa tahmil'alainaa ishran kama hamaltahu alal ladziina min qablinaa. Rabbana walaa tuhammilna maalaa thaaqata lanaa bih wa'fu'annaa waghfir lanaa warhamnaa anta maulaana fanshurnaa 'alal qaumil kaafiriin. Rabbana laa tuzigh quluubanaa ba'da idzhadaitanaa w'ahablanaa min ladunka rahmatan innaka antal wahhaab.

Rabbanaghfir lanaa waliwaalidina walijami'il muslimiin walmuslimat wal mu'miniina walmu'minat. Al ahyaa-i-minhum wal amwaat, innaka alaa kuli syai'n qadiir. Rabbana atinaa fiddunya hasanah wafil aakhirati hasanah waqinaa adzabannar. Allahummaghfirlanaa dzunuubanaa wakaffir annaa sayyiaatinaa watawaffanaa maalabraari. Subhanarabbika rabbil i'zzati amma yashifuun wasalaamun 'alal mursalin walhamdu lillaahi rabbil'aalamiin.

Keutamaan Dzikir Setelah Sholat

Jadi, ada beberapa keutamaan dzikir, lho, apa saja? Berikut kami rangkum untuk Anda:

Pahala Berlimpah

Ketika Anda meluangkan waktu untuk berdzikir setelah sholat, Allah akan memberi Anda pahala yang berlipat ganda.

Jalan Ke Surga

Mengenai hal ini dijelaskan dalam hadits shahih yang diriwayatkan oleh Bukhari, Barang siapa yang membaca dzikir ini pada siang hari dalam keadaan penuh keyakinan, kemudian dia meninggal pada hari itu sebelum petang, maka dia termasuk penghuni surga. Dan barang siapa membacanya pada malam hari dalam keadaan beriman sempurna, kemudian dia meninggal sebelum fajar, maka dia termasuk penghuni surga.

Di ampuni Dosa-Dosanya

Meminta ampun kepada Allah selalu dilakukan oleh seorang muslim. Memiliki banyak dosa tentu saja membuat hidup tidak tenang, oleh karena itu dzikir setelah sholat adalah solusi terbaik untuk memohon kepada Allah.

Termasuk Sedekah

Dalam setiap tulang manusia, ada kewajiban bersedekah setiap pagi. Setiap bacaan dzikir adalah sedekah dan perintah kepada kebaikan serta sedekah, mencegah dari perbuatan munkar juga merupakan sedekah.

Berikan Ketenangan Pikiran

Jika hati tenang, maka kehidupan seseorang akan lebih baik. Berdoa kepada Allah dan meminta ketenangan hati setelah berdoa memang sangat tepat.

Dapatkan Keutamaan Shalat Yang Sesungguhnya

Tentu ada doa yang benar-benar serius dan hanya menjalankan kewajibannya, kan sob? doa apa yang sudah kamu lakukan selama ini? Tentunya sholat yang benar adalah yang dilakukan dari awal hingga akhir dengan kerendahan hati' dan diakhiri atau dilengkapi dengan sunnah sehingga dalam melakukannya benar-benar tenang dan tidak terburu-buru.

Ini juga merupakan penilaian dan pahala tersendiri untuk sholatnya sobat tentunya berbeda sholat yang dikerjakan dengan tergesa-gesa yang hanya mengejar kewajiban dengan sholat yang dilakukan dari hati dengan mengharap ridho dan ridho Allah agar sebanyak-banyaknya. sebisa mungkin dilakukan dengan cara doa dan dzikir yang terbaik.

Jalan Istiqomah

Nah sobat jika rutin melakukannya tentunya akan menjadi salah satu cara untuk istiqomah amalan sob, dimana amalan ini lebih disukai oleh Allah SWT yang lebih baik sedikit tapi rutin dari pada banyak tapi hanya dilakukan sekali. Dengan berdzikir setelah sholat sedikit atau banyak, jika sudah terbiasa tentu akan menjadi jalan yang baik bagi anda yang melakukannya.

Demikian ulasan tentang Bacaan Doa Dan Dzikir Setelah Solat Dzuhur Lengkap semoga bermanfaat.