Doa Sesudah Sholat Tahajud Tulisan Latin Lengkap - Ruqyah di Cirebon

24 Jun 2022

Doa Sesudah Sholat Tahajud Tulisan Latin Lengkap

    Doa Sesudah Sholat Tahajud Tulisan Latin Lengkap

    Doa Sesudah Sholat Tahajud Tulisan Latin Lengkap- Membaca doa sesudah sholat tahajud diyakini dikabulkan oleh Allah SWT. Oleh karena itu, mari simak bacaan Doa Sesudah Sholat Tahajud lengkap dengan bahasa latin dan artinya di bawah ini. Dalam bahasa Arab, shalat tahajud sunnah disebut Sholatun Lail yang artinya shalat malam. 

    Sholat tahajud dilakukan pada malam hari di sepertiga malam hingga terbit fajar. Sepertiga malam yang dimaksud sekitar pukul 01.00 hingga menjelang subuh. Melaksanakan shalat tahajud diyakini banyak orang, apa yang diinginkan akan dikabulkan oleh Allah SWT.

    Tata Cara dan Bacaan Sholat Tahajud

    Sholat tahajud ini dilakukan 2 rakaat dengan jumlah yang tidak terbatas. Adapun kebiasaan shalat tahajud Nabi SAW yaitu shalat 2 rakaat 4 kali dan diakhiri dengan shalat witir sebanyak 3 rakaat.

    Membaca Niat Sholat Tahajud

    Ushallii sunnatan tahajjudi rak'ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta'alla. Yang Artinya , Saya niat untuk shalat sunnah tahajjud 2 rakaat menghadap kiblat karena Allah SWT.

    Doa Sesudah Sholat Tahajud

    Sesudah shalat tahajud, bacalah doa berikut yang merupakan doa Nabi Muhammad sebagaimana diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim:

    Allahumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimussamawati wal ardhiwa man fihinna. Walakal hamdu antamalikus samawati wal ardhi waman fihinna. Wa laakal hamduu antaa nurussamawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa'dukal haq. Wa liqa'uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan naru haq. Wan nabiyyûna haq. Wa Muhammadun Shallallahu alaihi wasallama haq. Apakah sa'atu haq. Allahumma laka aslamtu. Wa bika amantu. Wa alaika tawakaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khashamtu. Wa ilaika hakamtu. Fagfirli ma qaddamtu, wa ma akhkhartu, wa ma asrartu, wa ma a'lantu, wa ma anta a'lamu bihi minni. Antal muqaddimu wa antal mu'akhkhiru. La ilaha illa anta. Wa la haula, wa la quwwata illa billah.

    Artinya: 

    Ya Allah bagi-Mu segala puji, Engkaulah yang memelihara langit dan bumi dan segala makhluk yang ada di dalamnya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkaulah Raja langit dan bumi dan segala makhluk yang ada di dalamnya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkaulah cahaya langit dan bumi dan segala makhluk yang ada di dalamnya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau adalah benar, janji-Mu benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, kata-kata-Mu benar, surga benar, neraka benar, para nabi benar dan Nabi Muhammad SAW benar dan hari kiamat adalah benar .

    Ya Allah, hanya kepada-Mu aku berserah, kepada-Mu aku percaya, kepada-Mu aku bertawakal, hanya kepada-Mu aku kembali (bertobat), kepada-Mu aku mengadu, dan kepada-Mu aku meminta keputusan, maka ampunilah masa lalu dan masa laluku. dosa dan apa yang saya sembunyikan dan apa yang telah saya lakukan secara terbuka dan apa yang Anda lebih tahu dari saya, Anda adalah yang pertama dan yang terakhir, tidak ada Tuhan selain Anda, dan kekuatan (untuk menghindari kemaksiatan) dan tidak ada kekuatan (untuk melakukan ibadah) kecuali dengan pertolongan Allah.

    Waktu efektif untuk Sholat Tahajud

    Mungkin bagi sebagian orang yang bangun tengah malam untuk shalat bukanlah hal yang mudah, namun Allah SWT berjanji bagi siapa saja yang melaksanakan shalat tahajud, segala urusannya akan dimudahkan. Sholat tahajud dapat dilakukan pada sepertiga malam, sepertiga malam itu sendiri dibagi menjadi tiga. Itu adalah:

    Sepertiga malam pertama: Sepertiga malam dimulai dari pukul 22.00 hingga 00.00 pagi. Sepertiga malam kedua: Sepertiga malam kedua adalah dari pukul 00.00 hingga 01.00 pagi. Sepertiga malam terakhir : Sedangkan sepertiga malam terakhir dari pukul 01.00 hingga 03.00, atau bisa juga kita lakukan an sholat tahajud dari sesudah isya sampai sebelum subuh.

    Perbedaan Salat Tarawih dan Tahajud Sekilas memang hampir sama, sehingga sulit membedakan antara shalat tarawih dan tahajud. Banyak dari kita juga salah dalam menjelaskan perbedaan antara kedua doa tersebut. Selain itu, apa bedanya dengan qiyamul lail? Berikut penjelasannya.

    Tarawih

    Tarawih artinya istirahat bernafas. Kata tarawih digunakan untuk shalat malam sunnah di bulan Ramadhan, karena orang yang shalat ini bisa istirahat terlebih dahulu dalam pelaksanaan setiap empat rakaat. Rasulullah beristirahat dalam shalat malamnya, di antara setiap empat rakaat. Sholat tarawih merupakan salah satu sholat nawafil (sunnah) yang ditetapkan berjamaah, dan sholat tarawih merupakan muakad sunnah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.

    Tahajud

    Tahajud secara harfiah berarti tidur dan terjaga. Disebut juga shalat malam. Mutahajid adalah orang yang shalat malam sesudah tidur. Tahajud dalam istilah syara' dapat diartikan sebagai shalat tahajud di malam hari, di luar kewajiban. Tahajud juga merupakan sunnah dalam syariat. Para ahli fiqih sepakat, shalat tahajud minimal dua rakaat. Meskipun ada perbedaan pendapat tentang jumlah shalat tahajud. Waktu terbaik untuk sholat tahajud adalah di sepertiga malam terakhir.

    Qiyamul lail

    Qiyamul lail adalah menghabiskan seluruh atau sebagian malam untuk melakukan perbuatan baik, seperti berdoa, zikir, membaca Al-Qur'an, dan amal ibadah sejenis lainnya. Dan itu tidak harus dilakukan setiap malam. Qiyamul lail artinya ibadah secara sukarela dimulai dari sesudah shalat Isya sampai subuh. Adapun Tahajud hanya berkaitan dengan shalat. 

    Sebagian ahli hukum berpendapat bahwa tahajud adalah bagian mutlak dari shalat malam, baik sebelum tidur maupun sesudahnya. Maka jelaslah bahwa tahajjud itu pasti qiyamul lail, karena termasuk dalam pengertian shalat sebelum tidur atau sesudah tidur, dan termasuk ibadah.

    Keutamaan istiqomah dalam melaksanakan shalat tahajud

    Selain menjalankan ibadah wajib, kita juga perlu melakukan berbagai amalan sunnah lainnya. Salah satunya adalah shalat tahajud yang jika dilakukan secara konsisten. Insya Allah akan banyak berkah di dalamnya, lalu apa saja berkahnya? Berikut beberapa keutamaan istiqomah dalam melaksanakan shalat tahajud yang perlu Anda ketahui.

    Cara mendekatkan diri kepada Allah SWT

    Nabi Muhammad SAW bersabda dalam sebuah hadits: Oleh karena itu, Allah paling dekat dengan hambanya di tengah malam. Jika anda mampu menjadi orang yang mengingat Allah pada saat itu, maka lakukanlah. (HR.Imam Tirmidzi)

    Dicintai oleh Allah SWT

    Seorang muslim tentunya akan selalu mentaati tuhannya dengan menjalankan perintahnya dan menjauhi berbagai larangan, serta tidak lupa juga melakukan berbagai sunnah lainnya. Termasuk melaksanakan shalat tahajud, yang jika dilakukan secara konsisten, insya Allah akan selalu menjadi hamba yang dicintai oleh Allah SWT. 

    Keinginannya terkabul

    Dalam hidup, setiap orang memiliki keinginan yang berbeda-beda. Jika ingin suatu keinginan atau keinginan dikabulkan, selain berusaha dan bekerja keras untuk mendapatkannya, jangan lupa sebagai seorang muslim untuk selalu berdoa. Kemudian ditambah dengan mengerjakan shalat tahajud. Sebagaimana disebutkan dalam hadits:

    Sesungguhnya pada malam hari ada dua waktu seorang muslim tidak meminta kepada Allah. Kebaikan urusan dunia dan akhirat bertepatan dengan waktu itu, tetapi dia memohon dan itu adalah setiap malam. 

    Demikian penjelasan dari saya tentang Doa Sesudah Sholat Tahajud tulisan latin lengkap semoga bermanfaat, terimakasih.

    © Copyright - Ruqyah di Cirebon