Inilah Manfaat Puasa yang Tidak Semua Orang Mengetahuinya
Ilustrasi Berpuasa | Foto : Media Cirebon 

Ruqyah Cirebon - Puasa adalah salah satu ibadah yang dilakukan umat muslim di seluruh dunia dengan tidak makan dan minum juga menhan nafsu dimulai dari terbit fajar sampai tenggalamnya matahari atau masuk waktu magrib. Sebagaimana diketahui bersama salah satu ibadah puasa yakni puasa di bulan Ramadan yang dilakukan setiap tahunnya sesuai dengan perintah Allah swt., dalam Al-Qur’an Q.S. Al-Baqarah ayat 183.

Untuk puasa sunnah sendiri bisa dilakukan seperti puasa nisfu sya’ban, puasa senin-kamis serta puasa daud dan lainnya. Namun, dibalik segala aturan yang memang diturunkan langsung dari Sang Pencipta, ternyata ibadah puasa ini menyimpan banyak manfaat yang jarang diketahui oleh orang-orang lho! Lantas apa saja itu, yuk simak beberapa diantaranya sebagai berikut!

Inilah Beberapa Manfaat Puasa yang Perlu Anda Ketahui

Sarana Untuk Diet Sehat

Terkadang diet adalah salah satu hal yang dilakukan ketika dirasa tubuh sudah tidak ideal atau demi kesehatan tubuh sendiri. Sehingga salah satu manfaat puasa dalam hal ini ialah ternyata puasa bisa menjadi sarana untuk diet yang sehat. Lalu, pertanyaanya kok bisa hal itu terjadi? hal ini dikarenakan saat puasa berlangsung, glukosa yang ada pada tubuh kamu akan terpecah atau terbelah-belah dan akan membuat lapisan penyimpanan glukosa dalam tubuh terkikis. Untuk itu lemak yang ada dalam tubuhmu akan terpecah di bagian ginjal dan otot sehingga bisa menyebabkan turunnya bobot berat badan kamu.

Sarana Detoksifikasi dalam Tubuh

Mungkin kamu baru akan bahwa puasa ternyata memiliki khasiat berupa menjadi sarana detoksifikasi dalam tubuh. Perlu kamu ketahui bahwa tubuh yang sehat ialah tubuh yang tidak adanya racun di dalamnya. Untuk itu agar tubuh menjadi ringan dan sehat, kamu butuh alat detoksifikasi. Salah satu caranya adalah dengan rajin berpuasa, sebab selama puasa lemak akan semakin banyak melakukan pembakaran lemak. Dengan berpuasa juga pastinya akan lebih aman dan alami dalam membersihkan racun dalam tubuh diakibatkan makanan serta minuman yang kamu konsumsi sehari-harinya.

Sarana Untuk Meningkatkan Daya Imunitas

Orang yang rajin berpuasa tidak rentan terkena penyakit, hal ini dikarenakan daya imunitasnya tinggi. Untuk itu kamu tidak usah khawatir bila ingin berpuasa atau rajin berpuasa baik yang sunah maupun yang wajib. Dengan berpuasa akan membuat tubuh kamu mampu mampu mengontrol pola makan dan makanan serta minuman mana yang seharusnya dikonsumsi saat harus menahan lapar dan haus. Dengan begitu tubuh tidak akan terkontaminasi oleh racun-racun yang didapatkan dari makanan dan minuman yang tidak sehat. Sehingga manfaat puasa akan benar-benar kamu dapatkan.

Untuk itu apakah kamu akan semakin rajin untuk berpuasa? Bagaimanapun manfaat puasa yang tertera tulisan di atas adalah bagian dari menjaga kesehatan tubuh dengan cara yang lebih aman dan tentunya selain tubuh menjadi sehat dan menuai pahala yang berlimpah. Semoga bermanfaat dan terus jaga kesehatan di masa-masa saat ini, terima kasih!