Cara Optimasi SEO Onpage dan Offpage


Ruqyah Cirebon - Menurut AndreTron dalam Search Engine Optimization (SEO), Anda akan mengenal istilah SEO on-page dan SEO off-page. Optimalisasi pada halaman website harus selalu diutamakan karena mesin pencari terus berkembang. Penting untuk memastikan bahwa strategi SEO on-page Anda mutakhir. Pada artikel kali ini akan dibahas tentang Cara Optimalkan SEO Onpage dan Offpage.

Apa Itu SEO?

SEO merupakan bentuk apresiasi yang diberikan kepada halaman website yang masuk pada halaman pertama di mesin pencari Google. Jadi, pengertian umum dari SEO (Search Engine Optimization) adalah cara mengoptimasi sebuah website agar menempati urutan pertama dalam hasil pencarian, khususnya dalam riset organik. Yang mana, pencarian organik dilakukan oleh pengguna atau saat memasukkan keyword pencarian (keywords) di browser dan mesin pencari Google. 

SEO sangat fokus pada pencarian keyword secara organik dan berbeda dengan SEM yang fokus pada media periklanan yang disediakan oleh Google. Jadi, jika Anda sedang membuat website, akan lebih baik melakukan optimasi dengan SEO daripada menggunakan SEM, karena Anda harus membutuhkan dana atau modal untuk melakukan promosi iklan di Google.

Pengertian SEO On Page

SEO On Page adalah langkah optimasi yang dilakukan pada halaman website atau blog itu sendiri. Metode ini lebih berfokus pada analisis internal website secara umum. Tujuan optimasi ini adalah untuk meningkatkan relevansi isi konten dengan keyword yang digunakan oleh pengguna Google. 

Sehingga memudahkan website atau blog Anda direkomendasikan masuk halaman pertama Google dan mendapatkan banyak kunjungan. Semakin banyak pengguna yang berkunjung dan merasa cukup nyaman di website Anda, maka Google akan membaca kondisi ini sebagai sinyal positif. Alhasil, Google akan merekomendasikan halaman website Anda di peringkat atas.

Cara Mengoptimalkan SEO On Page

Untuk menerapkan optimasi SEO on-page pada website Anda, berikut panduan langkah demi langkah yang bisa Anda ikuti. Beberapa elemen SEO on page yang harus Anda optimalkan antara lain:

Konten

Konten memiliki peran penting dalam optimasi SEO on-page. Ini karena konten adalah satu-satunya objek dalam tahap optimasi ini. Semua langkah optimasi SEO on page harus berhubungan dengan konten itu sendiri. Selain itu, konten yang dihasilkan harus relevan dengan keyword yang digunakan oleh pengguna. Ini untuk memudahkan konten Anda direkomendasikan oleh Google. Perhatikan juga penyajian konten yang selalu update. 

Hal ini untuk memperbaiki dan memperbaharui isi informasi di dalam konten. Sehingga konten akan terus relevan dari waktu ke waktu. Dalam membuat konten, hindari memproduksi konten plagiat. Tindakan seperti ini akan merusak performa website Anda. Selain itu, konten plagiarisme sulit direkomendasikan oleh Google. Karena itu, pastikan konten yang Anda buat memiliki konten yang original dan memiliki sisi unik untuk menarik perhatian pengguna.

Keyword

Elemen ini merupakan elemen penting dalam SEO. Selain itu, keyword juga memiliki peran penting dalam menentukan kualitas konten yang dihasilkan oleh situs Anda. Selain itu, keyword juga menjadi elemen penting yang digunakan Google untuk menampilkan rekomendasi website bagi penggunanya. Oleh karena itu, sebelum membuat konten, Anda harus melakukan riset keyword untuk menemukan keyword target yang sesuai dengan pasar Anda. Disarankan untuk menggunakan keyword dalam konten artikel pada beberapa poin, seperti:

  • Judul artikel
  • Paragraf pertama artikel
  • Disebutkan dalam tubuh teks artikel

Penempatan keyword pada ketiga titik ini akan memudahkan bot Google untuk mengenali isi konten website Anda.

URL

URL adalah tautan unik yang mewakili alamat halaman situs Anda. Penggunaan URL ini disarankan singkat dan mengandung keyword yang dibidik. Cara ini untuk memudahkan pengguna mengenali konten Anda.

Meta Deskripsi

Adalah informasi singkat yang ditampilkan oleh halaman pencarian Google. Meta description menambahkan informasi yang berkaitan dengan isi halaman website. Deskripsi meta berisi kata pendek atau deskripsi paragraf. 

Jika platform website Anda menggunakan wordpress, Anda bisa menggunakan plugin Yoast SEO untuk memodifikasi deskripsi meta website Anda. Saat menulis deskripsi meta, jangan lupa sisipkan keyword di dalamnya untuk memudahkan Google dan pengguna mengenali konten konten Anda.

Gambar

Pengoptimalan gambar juga berpengaruh pada SEO on-page situs web Anda. Oleh karena itu, pastikan penggunaan gambar dalam konten Anda dioptimalkan dengan baik. Cara mengoptimalkan gambar, antara lain:

  • Ubah nama gambar dengan keyword yang Anda tuju.
  • Tambahkan informasi "alt text" ke gambar.

Cara Optimasi SEO Off Page

Link Building

Metode yang paling umum digunakan dalam SEO off page adalah membangun tautan. Fungsi link building adalah untuk meningkatkan otoritas sebuah website sehingga dianggap baik di mata Google. Semakin tinggi otoritas, semakin besar peluang situs web Anda untuk masuk ke halaman pertama Google. Hingga saat ini, link building masih dianggap sebagai faktor penting dalam optimasi website. Beberapa metode link building yang umum digunakan adalah metode natural dan outreach. 

Cara alami adalah seseorang secara sukarela memberikan tautan ke situs web Anda. Hal ini bisa terjadi karena konten Anda berkualitas tinggi sehingga layak untuk dijadikan referensi. Sedangkan sosialisasi dilakukan dengan menghubungi pemilik website. 

Cara ini lebih tepatnya berpromosi untuk mendapatkan backlink dari website lain. Namun, kebanyakan orang salah paham tentang penggunaan link building. Kunci utama link building dimulai dengan membuat konten yang menarik, informatif, dan edukatif. Jadi, konten yang Anda promosikan harus benar-benar layak menjadi rujukan, bukan konten ala kadarnya.

Meningkatkan Domain Authority

Otoritas domain menunjukkan tingkat seberapa baik situs web Anda dipercaya oleh mesin pencari. Untuk meningkatkan Otoritas Domian langkah pertama adalah membuat konten yang berkualitas. Semakin banyak backlink yang didapat maka Domain Authority juga akan semakin meningkat. Jadi, kembali ke bagaimana kemampuan Anda membuat konten dan melakukan promosi untuk mendapatkan backlink.

Brand Mention

Dalam perkembangan SEO, brand mention juga merupakan faktor penting dalam SEO off page. Brand mention menunjukkan seberapa terkenal nama merek atau produk Anda. Jadi bagaimana Anda menerapkan brand mention? Anda dapat menggunakan Google Bisnisku atau Google Bisnisku. 

Google Bisnisku adalah layanan listing gratis dari Google untuk pengguna yang ingin mendaftarkan bisnisnya. Dengan mendaftar di Google Bisnisku, merek Anda dapat muncul di pencarian Google. Jika brand Anda nantinya memiliki interaksi dengan banyak pelanggan, brand Anda akan mudah direkomendasikan oleh Google.

Bagikan Konten Lewat Sosial Media

Penyebaran konten melalui media sosial juga merupakan faktor penting dalam SEO off page. Semakin banyak orang yang membaca konten Anda, maka brand awareness bisnis Anda akan terbangun.

Cara Menggunakan SEO Untuk Website

Untuk dapat menggunakan SEO untuk situs web Anda, Anda perlu menginstal plugin Yoast SEO untuk mengelola dan meningkatkan kualitas situs web Anda dan Google Analytics untuk menganalisis kinerja situs web Anda. Cara install plugin Yoast SEO ini juga cukup mudah dan ada versi gratisnya.

  • Pertama-tama, Anda dapat masuk ke situs web wordpress Anda > Dasbor.
  • Klik menu “Plugin” > tombol “Tambah Baru”
  • Cari plugin "Yoast SEO"
  • Klik "Instal Sekarang" pada plugin yang relevan.
  • Setelah itu, klik "Aktifkan Sekarang"
  • Selamat, plugin Yoast SEO Anda telah terpasang.

Plugin Yoast SEO dapat diperiksa di bagian paling bawah untuk setiap posting Anda.

Demikian ulasan tentang Cara Optimasi SEO Onpage dan Offpage, semoga bermanfaat.