Bacaan Doa Supaya Hujan Cepat Berhenti

 
Ruqyah Cirebon - Hujan dapat diartikan sebagai tanda rezeki dan kemakmuran bagi umat Islam. Namun, terkadang hujan bisa turun sangat deras dan tidak pernah berhenti. Jika Anda dalam kondisi tersebut, sebaiknya Anda membaca doa agar hujan berhenti. Anda mungkin pernah mendengar pepatah dari orang tua bahwa berdoa saat hujan. 

Sebab, hujan adalah salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa. Ini benar, tetapi jika hujan tidak berpotensi menyebabkan sesuatu yang berbahaya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai Doa Supaya Hujan Cepat Berhenti.

Anjuran Untuk Membaca Doa Agar Hujan Berhenti

Membaca doa agar hujan juga dilakukan oleh Rasulullah SAW pada zamannya. Saat itu, Nabi membacakan doa ketika hujan deras mengguyur suatu daerah dan berpotensi menimbulkan banjir. Kisah ini ditulis dalam sebuah buku karya Sayyid Sabiq dengan judul Fiqh Sunnah. Hujan memang anugerah dari Allah SWT untuk menunjang kehidupan semua makhluk di bumi. Sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur'an Surat An-Nahl ayat 10 yang artinya:

Dialah yang menurunkan air dari langit kepadamu, sebagian untuk minum, dan sebagian dari tumbuh-tumbuhan, dan kamu memberikannya kepada hewan ternakmu.  (QS. an-Nahl ayat 10).”

Namun, terkadang hujan turun sangat deras, tidak berhenti, disertai petir dan angin kencang yang berujung bencana alam, Anda disarankan membaca doa agar hujan berhenti. Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud, al-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad. Dari Sayyidina Abu Hurairah ra., beliau berkata:

“Aku mendengar Nabi SAW bersabda: Angin adalah bagian dari pemberian Allah, bisa membawa rahmat dan juga bisa membawa azab. Jika kalian melihatnya, jangan mencelanya, mohonlah kepada Allah kebaikannya dan berlindunglah kepada Allah dari keburukannya.” (HR. Imam Abu Dawud, Imam al-Tirmidzi, Imam Ibnu Majah dan Imam Ahmad).

Bacaan Doa Agar Hujan Berhenti Dari Alquran Dan Hadits

Bacaan Doa Agar Hujan Berhenti Dari Alquran Dan Hadits

Hujan memang mutlak kehendak Allah SWT. Manusia tentu tidak bisa menghentikan hujan begitu saja. Namun, Anda tetap bisa berdoa untuk menghentikan hujan saat hujan turun sangat deras. Bacaan doanya berdasarkan Al-Qur'an dan hadits, yaitu:

Doa Supaya Hujan Berhenti

Berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari, Rasulullah SAW sering membacakan doa agar hujan berhenti seperti berikut:

“Allahumma hawalayna wa la ‘alayna, Allahumma alal akami wad thirobi, wa buthunil audiyyati wa manabitis syajari.” 

Artinya: “Ya Allah turunkanlah hujan di sekitar kami, dan jangan turunkan kepada kami untuk merusak kami. Ya Allah turunkanlah hujan di dataran tinggi, beberapa anak bukit, perut lembah dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan.”

Doa Saat Turun Hujan Dengan Petir

Terkadang, hujan lebat disertai dengan kilatan petir dan suara guntur yang menggelegar. Jika ini terjadi, Anda dapat membaca doa berikut.

“Subhaanalladzii yusabbihur ro’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih.”

Artinya: “Mahasuci Allah yang petir dan para malaikat bertasbih dengan memuji-Nya karena rasa takut kepada-Nya.”

Sebab, hujan yang turun bersama dengan gemuruh petir menjadi pengingat umat Muslim untuk takut dan meminta perlindungan hanya kepada Allah ta’ala.

Doa Agar Dilindungi Dari Hujan Deras Yang Berbahaya

Anda juga bisa berdoa agar hujan berhenti untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT dari hujan lebat yang berbahaya. Berikut doanya:

“Bismillahilladzi la yadhurru ma’asmihi syaiun fillardhi wala fissamai wahuwassami’ul ‘alim.”

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat), dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (HR Abu Daud dan Tirmidzi).

Doa Saat Hujan Deras Disertai Angin Kencang

Hujan yang diikuti angin kencang dapat menyebabkan pohon dan tiang tumbang. Mintalah perlindungan kepada Allah SWT untuk menghindari bahaya dengan membaca doa berikut:

“Allaahumma inni as-aluka koirohaa wa khoiro maa fiiha wa khoiro maa ursilat bih. Wa a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih.”

Artinya: “Ya Allah, saya memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau kirim bersamanya. Dan saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya.” (HR Muslim).

Selalu Ingat Kepada Allah

Hujan memang bisa membawa berkah sekaligus bencana. Seperti kisah Nabi Nuh seperti dalam Al-Qur'an Surat Hud ayat 44. Saat itu Allah SWT menurunkan hujan yang sangat deras sehingga terjadilah banjir bandang. Namun, Allah SWT-lah yang kemudian menghentikan hujan untuk menyelamatkan Nabi Nuh dan kaumnya. Melalui Al-Qur'an Surat Hud ayat 44, Allah SWT berfirman:

“Dan difirmankan: ‘Hai bumi telanlah airmu, dan hai langit (hujan) berhentilah,’ dan air pun disurutkan, perintah pun diselesaikan dan bahtera itu pun berlabuh di atas bukit Judi, dan dikatakan: Binasalah orang-orang yang zalim.” (QS. Hud ayat 44).

Intinya, umat Islam diminta untuk selalu mengingat Allah SWT melalui doa-doa yang dipanjatkan, termasuk doa agar hujan berhenti. Ingatlah Allah SWT melalui doa-doamu, maka pasti Allah SWT akan melindungimu dan selalu memudahkan segala urusanmu.

Beberapa Manfaat Hujan Yang Dapat Anda Ketahui

Beberapa Manfaat Hujan Yang Dapat Anda Ketahui

Hujan merupakan suatu peristiwa yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Tuhan menciptakan proses seperti itu bukan tanpa alasan. Sama seperti hujan. Di balik terjadinya hujan, manusia akan mendapatkan banyak manfaat. Manfaat hujan ini akan dirasakan oleh manusia dan makhluk hidup lainnya. 

Nyatanya, tidak hanya untuk makhluk hidup, hujan juga akan memberikan manfaat bagi Bumi yang kita tinggali ini. Banyak sekali manfaat hujan, baik yang kita sadari maupun yang tidak kita sadari. Beberapa manfaat hujan antara lain sebagai berikut:

Menyuburkan Tanaman

Manfaat hujan pertama adalah untuk menyuburkan tanaman. Hal ini pasti karena tumbuhan sangat membutuhkan air untuk tumbuh dan berkembang. Karena air akan berperan sebagai air minum bagi tumbuhan. Air yang cukup diterima tanaman akan menyebabkan tanaman tersebut tumbuh subur dan juga mudah berkembang. 

Itu sebabnya kita sering melihat bahwa ketika musim hujan tiba kita melihat tanaman akan lebih subur dibandingkan ketika musim kemarau tiba. Itu sebabnya kita juga bisa melihat bahwa saat musim hujan tiba, lingkungan di sekitar kita menjadi lebih hijau dan juga subur.

Persediaan Air Minum

Hujan juga bisa bermanfaat sebagai penyedia air minum. Padahal kita sudah tahu bahwa air minum biasanya diambil dari sumber air bawah tanah atau dari daerah pegunungan, ternyata air minum juga bisa didapatkan dari air hujan. Namun air hujan yang akan digunakan sebagai air minum perlu diolah terlebih dahulu agar bersih dan juga terhindar dari berbagai macam penyakit. Selain itu, kadar asam yang terkandung dalam air hujan juga perlu diturunkan agar aman dikonsumsi oleh lambung manusia.

Sebagai Sumber Perekonomian Sebagian Masyarakat

Air hujan juga bisa dijadikan sumber penghasilan bagi sebagian orang. Ada beberapa profesi yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan hujan. Beberapa profesi tersebut antara lain tukang ojek payung, tukang ojek, atau bagi orang yang menjual perlengkapan hujan. Dengan demikian orang-orang ini akan mendapatkan lebih banyak ketika musim hujan tiba. 

Selain profesi yang disebutkan di atas, ada juga beberapa penjual makanan yang laris saat berjualan saat musim hujan. Misalnya, penjual makanan panas. Penjual makanan hangat akan mendapat penghasilan lebih ketika musim hujan tiba. Karena biasanya orang akan mencari makanan hangat saat hujan.

Mendukung Keberhasilan Dalam Bercocok Tanam

Manfaat lain dari hujan adalah mendukung keberhasilan usaha tani. Seperti kita ketahui bersama bahwa pertumbuhan dan kesuburan tanaman sangat bergantung pada air. Dan hujan juga menurunkan air yang akan membuat tanaman ini tumbuh subur. Oleh karena itu, hujan juga akan menyuburkan tanaman, termasuk tanaman yang ditanam petani. 

Sebagian besar masyarakat Indonesia berprofesi sebagai petani, sehingga hujan akan sangat menguntungkan petani. Petani tidak perlu repot membeli air untuk menyiram tanaman karena sudah ada hujan.

Sumber Tenaga Listrik

Hujan juga dapat digunakan sebagai sumber listrik. Kekuatan hujan terkadang dapat menghasilkan tenaga untuk menghasilkan energi listrik. Terkadang hujan yang turun menyebabkan petir. Petir adalah listrik alami. Ada alat yang bisa digunakan untuk menangkap kekuatan petir dan menyimpannya sebagai sumber listrik. Jika kita mengumpulkan listrik alami, kita bisa sedikit menghemat pembuatan listrik berbahan bakar fosil yang terkadang bisa berbahaya bagi manusia.

Demikian ulasan artikel tentang Bacaan Doa Supaya Hujan Cepat Berhenti, semoga bermanfaat.