Twin Hill Bangli: Menikmati Keindahan Alam dan Spot Foto Menarik di Gianyar
Twin Hill Bangli | Foto : Ruqyah Cirebon 

Ruqyah Cirebon - Semakin populernya hunting photo zone sebagai tujuan wisata, seperti yang terlihat di Twin Hill Bangli, Gianyar, Bali. Lokasi yang terletak di dataran tinggi memberikan panorama alam yang memukau, sehingga tidak pernah kekurangan pengunjung yang ingin menikmati keindahannya.

Meskipun lokasinya terletak di pedesaan yang tidak strategis dan sulit dijangkau, kenyataannya banyak pengunjung yang bersemangat untuk melakukan perjalanan jauh demi mengunjungi tempat tersebut. Hal ini disebabkan oleh beragam daya tarik yang dimilikinya, seperti keindahan alam, spot foto yang menarik, udara yang sejuk dan segar, dan banyak lagi.

Di tempat ini, para pengunjung memiliki kebebasan untuk melakukan aktivitas apapun yang diinginkan. Beberapa diantaranya memilih untuk bersantai dan menikmati keindahan alam, sementara yang lain hanya duduk dan menikmati udara segar yang tersedia. Tak jarang juga, para pengunjung berusaha untuk mendapatkan foto yang cantik dengan latar belakang alam yang memukau, seperti perbukitan, sawah, atau sungai kecil yang mengalir. Dapat dikatakan bahwa pemandangan alam yang ada di tempat ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai objek fotografi.

Daya tarik Bukit Kembar Bangli


Bali terkenal sebagai pulau yang memiliki banyak objek wisata menarik yang tersebar di berbagai daerah. Salah satu destinasi wisata yang patut dikunjungi adalah Twin Hill Bangli. Terletak di kawasan Bali Tengah, tempat ini menawarkan pengalaman yang unik dengan banyak atraksi yang menarik.


1. Pemandangan alam yang menawan


Objek wisata yang sedang populer di Bali ini terletak pada ketinggian sekitar 800 meter di atas permukaan laut. Pemandangan alam yang memukau dengan ruang terbuka hijau yang luas dapat dinikmati di sana. Di ketinggian tersebut, terlihat pula sawah-sawah milik penduduk yang terbagi menjadi beberapa bagian. Sawah yang masih kosong ditandai dengan warna coklat, sedangkan yang hijau menandakan ladang yang sudah ditanami.

Tidak hanya itu, Bukit Kembar Bangli juga menawarkan keindahan bukit kembar yang terletak di dekatnya. Ketinggian bukit tersebut hampir sama, sehingga dikatakan bahwa mereka merupakan kembaran. Pengunjung yang datang ke tempat ini dijamin akan merasa betah dan ingin berlama-lama menikmati segala pesona dan kesejukan udaranya.

2. Tersedia spot foto unik


Daya tarik lainnya adalah tersedianya spot foto yang memukau. Bahkan, dapat dikatakan bahwa spot foto ini menjadi alasan banyaknya pengunjung yang datang ke tempat ini. Anda dapat memilih lokasi mana yang paling cocok untuk dijadikan latar belakang foto Anda. Misalnya, terdapat bintang berwarna-warni yang menonjol dan diapit oleh sawah hijau yang mempesona.

Twin Hill Bangli juga memiliki spot foto "I love you" yang cocok bagi pengunjung yang datang berpasangan. Jika Anda mencari tempat yang unik dan menarik, Anda dapat mencoba datang ke sana dengan membawa sapu lidi. Tempat ini menjadi favorit pengunjung karena keunikan yang ditawarkannya. Dengan sudut yang tepat, Anda akan merasa seperti terbang di atas sapu seperti seorang penyihir.

3. Taman Satwa dan Taman Batu


Taman Satwa adalah taman satwa yang menjadi tempat bagi berbagai jenis satwa liar seperti buaya, kuda, burung, reptil, dan beberapa spesies lainnya. Taman ini memiliki area yang luas dan terdiri dari beberapa bagian, yaitu area untuk kuda, reptil, burung, dan buaya. Pengunjung dapat menikmati spesies hewan liar yang hidup di habitat aslinya tanpa ada batasan atau hambatan.

Sementara itu, Rock Garden di Bukit Kembar Bangli adalah sebuah taman yang memperlihatkan berbagai jenis batuan, terutama batuan vulkanik yang membentuk pemandangan alam yang memukau. Taman ini berlokasi di bukit Melingich dengan area yang luas. Selain menikmati keindahan alam dan batuan, pengunjung juga dapat berjalan-jalan atau mendaki di dalam taman.

Kedua lokasi pariwisata ini menarik minat para pengunjung. Taman satwa memberikan pengalaman interaksi yang unik dengan satwa liar yang hidup bebas di habitat alaminya. Sementara itu, Rock Garden memberikan kesempatan untuk menyaksikan keindahan alam dan bebatuan vulkanik yang memukau.

Alamat dan rute menuju lokasi


Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Twin Hill Bangli terletak di lokasi yang terpencil. Jaraknya cukup jauh dari pusat kota, sekitar 30 kilometer dari Gianyar menuju Bali. Waktu yang diperlukan untuk mencapai lokasi sekitar satu jam dengan kecepatan kendaraan rata-rata.

Terdapat dua pilihan rute yang dapat Anda ambil tergantung pada arah kedatangan. Salah satu cara adalah melalui Jalan Raya Tegalalang. Dari sana, ikuti jalan tersebut hingga mencapai pertigaan Payangan, kemudian belok kiri menuju desa Bangli. Lanjutkan perjalanan hingga mencapai pertigaan Desa Dinas Kerta dan belok kiri.

Silakan ikuti jalan tersebut hingga mencapai Bukit Kembar Bangli. Mohon perhatikan tanda-tanda agar memudahkan navigasi Anda. Jika masih merasa bingung, disarankan untuk bertanya kepada penduduk setempat. Di era digital saat ini, Anda juga dapat menggunakan aplikasi seperti Google Maps atau aplikasi GPS lainnya.

Biaya masuk ke objek wisata


Sebelum berkunjung ke tempat wisata, disarankan untuk mengetahui harga tiket masuknya terlebih dahulu. Harga tiket masuk Twin Hill Bangli sangat terjangkau, yakni hanya sebesar 15 ribu rupiah per orang. Harga tersebut telah mencakup akses ke seluruh area spot foto yang tersedia di Twin Hill Bangli, termasuk beberapa yang telah disebutkan sebelumnya.

Namun demikian, biaya parkir kendaraan tidak termasuk dalam harga tiket masuk dan harus dibayar terpisah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Saat ini, biaya parkir untuk sepeda motor adalah Rp 3.000,00. Sedangkan untuk mobil, dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 5.000,00. Wisata Twin Hill Bangli buka setiap hari mulai dari pagi hingga sore hari.

Aktivitas menarik di Bukit Kembar Bangli


Berkunjung ke tempat wisata akan lebih memuaskan jika terdapat banyak kegiatan yang dapat dilakukan. Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya, Twin Hill Bangli menawarkan berbagai aktivitas menarik yang dapat membuat pengunjung betah berlama-lama di sana.


1. Ikuti ke puncak bukit


Tracking merupakan salah satu kegiatan yang populer di Twin Hill Bangli. Terdapat beberapa jalur yang dapat dipilih sesuai dengan tingkat kesulitan dan jarak yang diinginkan. Beberapa jalur trekking yang populer meliputi jalur trekking utama, jalur trekking menuju air terjun, dan jalur trekking menuju puncak bukit.

Rute tracking utama di Twin Hill Bangli adalah yang paling mudah dan cocok bagi para pemula. Jalur ini memiliki jarak sekitar kurang lebih 2 km dari titik awal menuju puncak bukit. Waktu yang paling tepat untuk melakukan tracking di jalur ini adalah pada pagi hari sekitar jam 6-7 pagi. Selain itu, tracking juga dapat dilakukan pada sore hari sekitar pukul 16.00 - 17.00 saat udara lebih sejuk dan segar.


2. Mengambil gambar


Twin Hill Bangli adalah tempat wisata yang menawarkan banyak spot foto yang cukup indah dan menarik. Kegiatan selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah berburu spot foto. Anda tidak perlu memanfaatkan kursi yang disediakan oleh pengelola, melainkan dapat memanfaatkan keindahan alam sekitar sebagai latar belakang.

3. Menunggu matahari terbenam


Dengan ketinggiannya yang mencapai 800 mdpl, Twin Hill Bangli sangat ideal untuk menyaksikan pemandangan matahari terbenam. Menikmati matahari terbenam di tempat ini akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan, karena pemandangan tidak terhalang oleh apapun. Pastikan untuk mengunjungi tempat ini antara pukul 17.30 hingga 18.30, karena pada waktu tersebut langit akan semakin indah dan warna-warni menakjubkan dari matahari terbenam akan terlihat dengan jelas.

Layanan yang tersedia di kawasan wisata


Wisata populer di Bali yang dikenal sebagai Twin Hill Bangli menawarkan lebih dari sekadar kegiatan jalan-jalan. Untuk memastikan kenyamanan pengunjung, tersedia berbagai fasilitas pendukung yang lengkap, seperti area parkir, toilet, tempat pembuangan sampah, serta tempat makan. Selain itu, terdapat pula fasilitas untuk para wisatawan yang ingin bersantai sambil menikmati pesona alam yang memukau.

Terdapat banyak destinasi wisata menarik yang dapat dikunjungi ketika berada di Bali seperti yang dilansir situs resmi Jogja bay. Tidak dapat disangkal bahwa pulau ini mempesona dan menjadi surganya para pelancong. Salah satu destinasi yang akan dibahas kali ini adalah Bukit Kembar Bangli, yang menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Selain itu, biaya untuk mengunjungi tempat ini juga terjangkau, karena tiket masuknya cukup murah.