Cara Mudah Mengatasi Hp Bootloop Xiaomi
Bootloop Xiaomi | Foto : Ruqyah Cirebon 


Ruqyah Cirebon
- Sebagian besar pengguna HP Xiaomi pasti pernah mengalami masalah dengan smartphone yang mereka gunakan, salah satu masalah besar yang sering dialami tidak lain adalah Bootloop. Ditambah lagi, jika usia ponsel sudah bertahun-tahun, risiko error yang bisa terjadi lebih besar karena beberapa komponen pada perangkat mulai melemah. 

Bootloop sendiri merupakan salah satu kerusakan yang membuat ponsel tidak bisa digunakan, dimana saat perangkat dihidupkan macet di logo sehingga tidak bisa masuk ke antarmuka ponsel. Kondisi bootloop bisa terjadi di semua perangkat Android, termasuk Xiaomi. Meski terlihat seperti masalah serius, namun masih mungkin untuk memperbaiki bootloop dengan menyimak Cara Mudah Mengatasi HP Bootloop Xiaomi di bawah ini.

Apa Itu Bootloop?

Bootloop adalah masalah yang dapat menyebabkan perangkat Anda (ponsel atau komputer) tidak dapat masuk ke sistem. Umumnya akan dan berulang di tampilan logo saja. Masalah bootloop ini biasanya terjadi karena ada file sistem yang rusak di perangkat Anda. Sehingga ponsel atau komputer Anda tidak dapat berfungsi dengan normal. Bootloop bisa terjadi di semua jenis perangkat. Itu artinya baik ponsel murah, hingga ponsel mahal di kelas flagship. 

Namun bagi anda yang mengalami bootloop, jangan khawatir. Karena Anda masih bisa mengatasi masalah bootloop ini dengan beberapa cara yang akan kami sebutkan nanti.Untuk  masalah bootloop tidak diperbaiki, maka Anda tidak akan bisa menjalankan ponsel atau komputer Anda secara normal. Oleh karena itu bagi anda yang mengalami bootloop sebaiknya segera mencari cara untuk memperbaikinya. Sehingga perangkat Anda dapat berfungsi seperti biasa lagi.

Jenis Bootloop

Ada dua jenis bootloop yang dialami oleh HP Android. Yang pertama Light Bootloop, lalu yang kedua Hard Bootloop. Light Bootloop adalah kondisi dimana ponsel Android akan mengalami bootloop secara tiba-tiba alias tidak bisa diprediksi kapan terjadinya bootloop. 

Sedangkan Hard Bootloop adalah kondisi dimana ponsel Android tidak dapat dioperasikan seperti semula, karena proses rebooting terjadi secara terus menerus. Lantas, bagaimana Cara Mudah Mengatasi Xiaomi Bootloop menurut prediksi Macau hari ini? Berikut sebuah carannya yang bisa dilakukan untuk mengatasi bootloop.

Cara Mudah Mengatasi Xiaomi Bootloop  Dengan Factory Reset 

Factory reset ini hanya ditujukan untuk perangkat HP Xiaomi yang mengalami bootloop ringan. menggunakan perangkat HP Xiaomi yang menggunakan chipset Mediatek dan Snapdragon. digunakan untuk perangkat HP Xiaomi yang masih lock bootloader atau yang sudah unlock bootloader dan pastikan perangkat HP masih memiliki daya baterai lebih dari 50%.

Cara pertama untuk mengatasinya adalah dengan menonaktifkan HP Xiaomi yang digunakan. Jika sudah mati, tekan kombinasi tombol volume atas dan tombol power secara bersamaan selama beberapa detik untuk masuk ke recovery mode. 

Jika ponsel sudah masuk recovery mode, langkah selanjutnya adalah memilih opsi "Wipe Data All". Gunakan tombol volume untuk menavigasi opsi dan tombol daya untuk mengonfirmasi pilihan atau sebagai tombol OK. Kemudian pilih opsi Konfirmasi dan proses reset pabrik akan dimulai.

Tunggu hingga muncul tulisan “Data wipe Successfully” yang artinya proses factory reset di ponsel Anda telah berhasil. Langkah selanjutnya adalah memilih opsi Back to Main Menu kemudian reboot dengan memilih Reboot System, setelah itu ponsel akan otomatis restart. Jika hp xiaomi yang anda gunakan berhasil menyala dan masuk ke home screen berarti cara factory reset berhasil dan masalah bootloop xiaomi sudah teratasi.

Demikian ulasan tentang Cara Mudah Mengatasi Hp Bootloop Xiaomi, semoga bermanfaat.