Cara install ulang windows 7 tanpa cd driver
Instal Ulang Windows 7 | Foto : Ruqyah Cirebon 

Ruqyah Cirebon - Langkah-langkah Install Windows 7 Menggunakan Flashdisk Pada umumnya dan normal instalasi sistem operasi adalah dengan menggunakan DVD. Pilihan instalasi alternatif juga bisa dilakukan dari flashdisk. 

Cara install ulang windows Artinya kita harus mentransfer file instalasi dari DVD Windows 7 atau file ISO ke flashdisk dan melakukan setting pada flashdisk agar bisa digunakan dengan baik saat booting komputer atau laptop.Berikut Langkah-Langkah Install Windows 7 Menggunakan Flashdisk : 

  • Pertama Siapkan DVD untuk install Windows 7 atau file ISO.
  • Kedua Siapkan flashdisk yang kapasitasnya minimal 4GB, rekomendasi 8GB agar bisa masuk Windows 7 All-in-One.
  • Terakhir Transfer File DVD atau ISO Windows 7 ke Flashdisk dan kemudian Instal Windows 7 seperti biasa.

Cara Install Ulang Windows 7 Tanpa Cd Driver 

Metode 1

Transfer File ISO Windows 7 ke Flashdisk dengan aplikasi Software Rufus. Namun jika file tersebut masih dalam bentuk DVD, maka harus diubah ke bentuk ISO menggunakan software seperti BurnAware, ImgBurn, CDBurnerXP, atau software sejenis. ATAU Gunakan Metode 2 di bawah. Untuk mentransfer file ISO ke Flashdisk menggunakan program Rufus :

Unduh Rufus, perangkat lunak gratis yang dirancang untuk memformat dan membuat flash drive atau kartu memori dapat di-boot. Rufus secara otomatis mengekstrak semua file ISO dan mentransfernya ke flash drive sehingga dapat digunakan untuk menginstal Windows 7, 8, 10. Jalankan program Rufus. Masukkan flash drive ke komputer atau laptop. Klik Device dan pilih lokasi USB Drive Flashdisk tempat file ISO Windows 7 akan ditransfer.

Tinggalkan Skema partisi dan tipe sistem target, Sistem file, ukuran Cluster, dan Label Volume Baru, atau kita dapat mengaturnya sesuai kebutuhan. Di bawah Opsi Format, ada beberapa pengaturan berbeda, tetapi kita dapat membiarkannya pada pengaturan default. Di bagian "Buat disk yang dapat di-boot menggunakan", pilih citra ISO, lalu klik ikon CD/DVD untuk memilih file ISO yang telah disiapkan. Diperlukan beberapa saat bagi Rufus untuk memeriksa file ISO.

Klik Start untuk mulai memformat dan memindahkan semua isi file ISO ke Flashdisk. Klik OK jika muncul Warning atau Peringatan. Tunggu beberapa menit hingga proses selesai hingga muncul notifikasi DONE. Program Rufus bisa kita tutup jika sudah selesai dan bisa langsung menggunakan Flashdisk untuk install Windows 7.

Metode 2

Transfer File DVD atau ISO Windows 7 ke Flashdisk menggunakan Software WintoFlash. Untuk mentransfer file DVD atau ISO Windows 7 ke Flashdisk menggunakan program WintoFlash. Unduh Wintiflash Versi 1.11.0000 (mendukung Win XP/7/8/8.1/10 – ISO / DVD). Instal Perangkat Lunak Wintoflash yang Diunduh. 

Setelah download program selesai maka bisa langsung dijalankan. Jalankan Program Wintoflash tanpa koneksi internet untuk mempercepat prosesnya. Transfer Windows 7 ke Flashdisk. Pada layar "Selamat Datang", klik Berikutnya. Setuju Klik "I Accept", lalu Klik Next. Di "File Kunci", pilihlah Lisensi Gratis kemudian klik Berikutnya. Klik Next lagi sampai "Finished" dan tampilkan ke Home Menu.

Klik Menu Tab “More singleboot”. Di "Windows setup file path", pilih drive sumber instalasi dari DVD Windows ATAU lokasi file ISO, posisi ini bisa dimana saja. Jika menggunakan file ISO, maka klik juga "Use my ISO, RAR, ARJ, ZIP, 7z, CAB, DMG image or archive". Catatan: Posisi DVD Windows bisa di drive mana saja, biasanya drive E, kebetulan saya ada di drive (G:). Di bagian "USB drive", pilih flash drive target. Biasanya otomatis saat diinstal. Sedangkan posisi flashdisk bisa di drive manapun.

Klik Jalankan, maka proses transfer akan segera dimulai. Jika muncul tulisan “Warning” yang ditandai dengan segitiga MERAH, maka lanjutkan saja dengan klik “Continue”. Mulai proses "Transfer instalasi Windows 7" ke Flashdisk. Tunggu beberapa menit hingga selesai.

Demikian penjelasan tentang Cara install ulang windows 7 tanpa cd driver yang dilansir Slot Gacor, Semoga bermanfaaat.