Cara Mengetahui Wifi Dibobol Orang
Cara Mengetahui Wifi di Bobol | Foto : Media Cirebon 

Ruqyah Cirebon - WiFi kini sangat mudah didapatkan, mulai dari yang berbayar dan bisa kamu dapatkan secara gratis di kafe atau kedai kopi lain yang sudah disediakan jaringan WiFi. Dengan jumlah pengguna jaringan WiFi yang semakin meningkat, sehingga pengguna smartphone maupun pengguna laptop/PC sangat membutuhkan koneksi WiFi untuk tetap terkoneksi dengan internet guna menyelesaikan tugasnya. 

Bagaimana jika seseorang mencuri jaringan WiFi kita sesuka hati dan menggunakan kuota WiFi kita. maka dari itu kami akan memberikan solusi untuk mengatasi hal tersebut Cara Mengetahui Wifi Dibobol dibawah ini.

Cara Mengetahui Wifi Dibobol Orang

Untuk mengatasi pencurian kuota WiFi, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut yang disediakan kami. Dengan Cara Mengetahui Wifi Dibobol ini, Anda dapat mengetahui siapa yang telah menembus WiFi dan dapat menangkapnya.

Langkah-Langkah untuk Mengetahui Pencuri WiFi Anda

Langkah pertama adalah login ke router WiFi Anda dengan mengetik 192.168.0.1 di browser apa saja, baik Google Chrome maupun browser lainnya.

Sekarang jika sudah masuk ke panel router, Anda bisa melihat opsi Connected Devices atau Attached Devices. Di sini Anda dapat melihat Alamat IP yang digunakan oleh pencuri atau meretas WiFi. Anda dapat memblokir pengguna, atau cara lain adalah dengan mengubah kata sandi WiFi.

Kamu juga bisa melihat area di sekitar rumah,jika ada seseorang yang wajahnya sudah terlihat kesal atau marah. Jika ada, berarti kemungkinan besar dia adalah pelakunyakemudian kamu bisa menangkap pelakunya.

Selain memperlambat Internet, insiden penggunaan akses WiFi tanpa izin ini dapat digunakan oleh pencuri untuk mencuri bandwidth atau akses nirkabel ke perangkat kami yang terhubung dengan WiFi. Mereka dapat melakukan seperti mengambil data atau menanam virus di komputer dan ponsel yang terhubung ke WiFi. Kita bisa menghindarinya, dengan beberapa cara yaitu dengan memblokir pengguna WiFi lainnya, yaitu dengan memblokir perangkat berikut yang terhubung ke WiFi.

Periksa Kondisi Aktivitas WiFi Anda

Cara termudah adalah memutuskan sambungan dari semua perangkat di rumah, lalu periksa lampu indikator di router Anda. Jika masih berkedip, berarti seseorang yang tidak Anda kenal sedang menggunakan WiFi Anda. Cara lain adalah dengan memeriksa DHCP atau Dynamic Host Client Protocol. Ini adalah daftar berbagai perangkat yang telah terhubung ke router. 

Memeriksa alamat MAC (media access control) ini merupakan bagian dari  indikator bahwa perangkat telah terhubung ke jaringan WiFi di router Anda. Dengan alamat IP dan daftar MAC, juga lengkap dengan SSID atau Service Set Identifier yang mengidentifikasi jaringan nirkabel, Anda akan lebih mudah menemukan identitas pengguna WiFi yang tidak dikenal ini.

Setel Perangkat Yang Dapat Terhubung Dengan WiFi Anda

Cara Mengetahui Wifi Dibobol Anda juga dapat mengatur daftar putih atau daftar perangkat yang diizinkan untuk mengakses jaringan WiFi Anda melalui alamat MAC. Sebelumnya kita sudah mengetahui bahwa MAC address merupakan identitas dari perangkat yang telah terhubung dengan WiFi Anda, maka dengan memfilter MAC address dari perangkat yang Anda ketahui, Anda akan dapat mencantumkan perangkat mana saja yang dapat menggunakan jaringan WiFi Anda.

Bentuk MAC address ini adalah deretan angka dan huruf yang memiliki format seperti ini. Langkah-langkah untuk memfilter alamat MAC adalah:

  • Login admin router Anda melalui browser.
  • Pilih opsi Keamanan.
  • Aktifkan Penyaringan MAC Aktifkan . meja.
  • Pilih Daftar Hitam lalu Tambah Perangkat.
  • Masukkan alamat MAC yang tidak Anda kenal.
  • Pilih 0 dan 0 di kolom Waktu Mulai, serta 24 dan 0 di kolom Waktu Akhir.
  • Klik Nonaktifkan.
  • Kemudian klik OK, Simpan atau Terapkan

Dengan pembahasan Diatas kami tadi, itu merupakan cara memblokir perangkat yang terhubung ke WiFi, jika Anda menemukan orang yang tidak dikenal mengakses WiFi Anda. Dan untuk mendapatkan koneksi Internet WiFi yang Cepat dan Stabil, tentunya Anda bisa mempercayakannya kepada petugas wifi. Didukung oleh infrastruktur peralatan Fiber Optic tercanggih, menjadikan jaringan Internet WiFi dapat mendukung segala aktivitas digital Anda. Jadi Instal WiFi dari kami sekarang, dan dapatkan Internet WiFi yang cepat dan stabil di rumah Anda.

Demikianlah artikel tentang Cara Mengetahui Wifi Dibobol Orang seperti yang dilansir link maxwin, semoga bermanfaat terimakasih