Bagaimana Cara Mengetahui Kecepatan Koneksi Internet?
Kecepatan Internet | Foto : Ruqyah Cirebon 

Ruqyah Cirebon - Untuk mengetahui apakah koneksi internet Anda handal atau tidak, sebaiknya Anda bisa mengecek kecepatan internet yang Anda gunakan. Di artikel ini Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengetahui kecepatan internet. Yuk simak cara cek kecepatan Internet yang bisa Anda coba dibawah ini.

Apa Itu Jaringan Internet?


Internet adalah jaringan komunikasi global yang ada di seluruh dunia. Singkatan dari Interconnected Network ini memungkinkan Anda untuk berbagi informasi dan berkomunikasi dari mana saja dan dengan siapa saja. 

Selain itu, ada juga yang mendefinisikan internet sebagai International Network, dimana semua jenis dan tipe komputer di seluruh dunia dapat terhubung menggunakan suatu jenis komunikasi seperti telepon, satelit, dan lain sebagainya. Dapat dikatakan, internet merupakan konsep jaringan yang sangat luas dan dapat digunakan secara internasional. 

Persiapan Sebelum Cek Kecepatan Internet


Sebelum melakukan pengecekan kecepatan internet, ada beberapa langkah yang harus dilakukan terlebih dahulu agar hasilnya nanti lebih akurat. Berikut langkah-langkahnya.

Mulai Ulang Modem Atau Router Anda


Modem atau router merupakan perangkat utama yang bertugas menyalurkan koneksi internet, baik melalui kabel LAN maupun jaringan Wi-Fi. Restart kedua perangkat ini berfungsi untuk mengembalikan jaringan internet di dalamnya ke posisi semula.

Restart Komputer Atau Laptop Anda


Saat ingin mengecek internet melalui komputer atau laptop, sebaiknya restart kedua perangkat terlebih dahulu. Kondisi komputer atau laptop yang kurang baik seperti overheat dan lainnya dapat mempengaruhi kinerja koneksi internet yang Anda terima.

Jangan Membuka Terlalu Banyak Program


Saat pengecekan, jangan terlalu banyak membuka program. Hal ini dikarenakan ada kemungkinan beberapa program sedang menggunakan koneksi internet tanpa Anda sadari. Misalnya, mengatur sinkronisasi data otomatis ke jaringan cloud.

Hapus Cache Pada Perangkat


Cache memang berguna untuk memudahkan Anda saat berselancar di internet. Namun, terlalu banyak cache juga dapat memengaruhi kecepatan internet yang digunakan. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda menghapus cache ini di browser yang paling sering Anda gunakan.

Cara Cek Kecepatan Internet


Untuk mengetahui berapa kecepatan internet yang Anda gunakan, Anda bisa menggunakan bantuan beberapa situs atau aplikasi khusus. Berikut ini adalah rekomendasinya.

Speedtest.Net


Situs yang dikembangkan oleh Ookla ini sudah lama dikenal sebagai situs yang digunakan untuk mengecek kecepatan dan kestabilan koneksi internet. Cara menggunakannya sangat mudah, Anda tinggal mengunjungi situsnya atau mendownload aplikasinya. Setelah itu, yang harus Anda lakukan adalah mengklik tombol 'GO' di tengah layar.

Speedtest akan secara otomatis menampilkan informasi tentang koneksi internet yang digunakan, ukuran ping, serta kecepatan download dan upload. Anda hanya perlu beberapa detik untuk mengetahui informasi ini.

Meter.Net


Situs kedua yang bisa digunakan adalah Meter.net. Cara kerjanya mirip dengan Speedtest, hanya saja Meter.net tidak memiliki aplikasi sehingga Anda cukup menjalankannya melalui browser. Proses pengecekan hanya membutuhkan waktu beberapa detik. Setelah menekan tombol 'START', situs ini akan menampilkan informasi berupa kecepatan download-upload dan jumlah ping.

Speed Smart


Berbeda dengan situs pengecekan kecepatan internet lainnya, Speed Smart ini dinilai lebih akurat oleh beberapa penggunannya karena menggunakan HTML5 saat menjalankannya. Speed Smart membutuhkan waktu sekitar 40 detik untuk menampilkan informasi berupa hasil ping, kecepatan download dan upload, jaringan yang digunakan, hingga informasi seputar IP dan server.

Bandwidth Place


Cara lain untuk mengetahui kecepatan koneksi internet adalah dengan menggunakan layanan Bandwidth Place yang diluncurkan pada tahun 2002. Di layanan ini, Anda dapat mengetahui lokasi server yang digunakan sehingga anda dapat memilih lokasi yang sesuai. Yang harus Anda lakukan adalah mengklik tombol "MULAI" untuk segera mengetahui kecepatan unduh dan unggah, ukuran ping, dan mendeteksi jenis penyedia yang digunakan.

Fast.Com


Terakhir adalah menggunakan situs Fast.com milik Netflix. Layanan ini diklaim Netflix sebagai layanan bebas iklan dan memiliki antarmuka yang mudah dipahami. Pengguna hanya perlu mengunjungi situs tersebut dan membiarkan sistem mereka bekerja sendiri untuk menghitung kecepatan internet tanpa harus melakukan tindakan apa pun. Kelima situs ini dapat Anda gunakan secara gratis dan tidak dikenakan batasan penggunaan harian.

Demikian ulasan tentang Bagaimana Cara Mengetahui Kecepatan Koneksi Internet? Seperti yang dilansir data hk, Semoga bermanfaat.