Inilah Konsumsi BBM Mobilio, Yuuk Simak!
BBM Mobilio | Foto : Ruqyah Cirebon 

Ruqyah Cirebon - Kedatangan Honda Mobilio yang mengejutkan akhirnya menjadi headline di berbagai media otomotif di seluruh Indonesia pada bulan Februari 2014. Ekspektasi para pecinta Low MPV di Tanah Air begitu tinggi hingga hampir semua review tentang mobil ini dibaca dengan baik untuk memuaskan rasa penasaran tentangnya Konsumsi BBM Mobilio kendaraan roda empat ini.

Memang Honda kesulitan memilih strategi untuk memasuki segmen Low MPV ini, hal ini dikarenakan selama ini Honda jarang melakukan downgrade produknya terhadap kompetitornya, namun karena aura persaingan yang sangat ketat, akhirnya Honda masuk ke Honda Mobilio melawan Toyota. Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga , Cevrolet Spin dan Nissan Grand Livina dengan kualitas serupa yang disematkan pada Honda Mobilio kali ini.

Mesin bertenaga penuh (118 PS), eksterior segar dan kenyamanan khas FWD Honda menjadi keunggulan dibandingkan kompetitornya dan konsekuensinya Honda harus berbagi cita rasa dengan Honda Brio untuk mendapatkan keunggulan dengan harga bersaing. Kualitas interior yang tidak khas Honda mendominasi bagian dashboard, door trim dan jok jok yang terkesan “murah”.

Jika kondisi ini dipertahankan Honda dalam jangka panjang, tidak menutup kemungkinan pasar akan mudah direbut oleh Toyota yang selama ini Toyota belum memasukkan produk aslinya yakni mesin 1500 cc milik Toyota Yaris berupa Low MPV (bukan mesin Toyota Avanza Veloz).

Dikabarkan bahwa Toyota berencana untuk secara independen menciptakan Low MPV sebagai pesaing Honda Mobilio, tanpa kerjasama dengan Daihatsu. Dan ini akan menjadi pertarungan sengit yang menyerupai Honda Jazz dan Toyota Yaris. Sayangnya, Honda Mobilio lahir di kelas Low MPV <200 juta, jadi hasilnya mirip dengan yang bisa Anda rasakan saat ini di Mobilio. Toh sudah lahir Honda Mobilio, kelebihan dan kekurangannya akan menjadi masukan bagi Honda untuk melakukan pembenahan kedepannya agar bisa lebih memuaskan konsumen.

Pada ajang yang baru digelar ini, ada enam peserta yang memperoleh hasil uji bahan bakar antara 24,8 km/liter hingga 26,3 km/liter. Hasil ini menjadi salah satu faktor yang membuat orang pasti tertarik untuk membeli Honda Mobilio. Tapi bagaimana dengan versi pengguna itu sendiri? Berikut ini saya coba rangkum hasil konsumsi BBM Honda Mobilio versi pengguna dari berbagai sumber di internet :

Konsumsi BBM Honda Mobilio


Setiap calon pembeli dan pengguna mobil kelas Low MPV akan mengetahui data konsumsi bahan bakar yang sudah dirasakan penggunanya. Dengan demikian konsumsi bahan bakar Honda Mobilio akan menarik untuk diketahui karena mobil ini masih merupakan produk baru.

Jika diketahui konsumsi bahan bakar Honda Mobilio > 20 km/liter, maka itu merupakan kondisi ekstrim yang tidak bisa dijadikan patokan bagi pengguna harian. Biasanya untuk balapan irit bahan bakar, kondisi atau pencapaian > 20 km/liter hanya bisa diwujudkan dengan:

1. Jangan pakai AC

2. Tidak menggunakan Audio

3. Kecepatan dipertahankan pada rpm < 2000

4. Tidak mengemudi stop go (mengurangi rem)

5. Kecepatan kendaraan dijaga konstan pada kecepatan rendah

6. kurangi beban kendaraan jika memungkinkan dll…

Kesimpulan :

Konsumsi bahan bakar kendaraan roda empat sangat dipengaruhi oleh banyak hal, antara lain: Kontur jalan, Karakteristik Kepadatan Lalu Lintas, Muatan Kendaraan, Kondisi Kesehatan Mobil, Karakteristik Mengemudi dan Jumlah Hambatan Kendaraan di Jalan. Kombinasi dari hal-hal tersebut membuat hampir sulit untuk mendapatkan konsumsi bahan bakar yang seragam untuk semua pengguna.

Honda Mobilio, dengan mesin yang sebanding dengan Honda Freed/Honda Jazz (meskipun tidak identik), memiliki kemampuan untuk mencapai efisiensi bahan bakar yang khas dari Honda, dengan rentang 9 km/liter hingga 16 km/liter, tergantung pada faktor yang disebutkan pada poin nomor 1. Sebagai mobil sehari-hari, Honda Mobilio dapat mencapai konsumsi bahan bakar sekitar 11-14 km/liter.

Karena tipe MPV didesain untuk 7 penumpang, konsumsi bahan bakar akan langsung turun saat kendaraan roda empat tersebut terisi penuh (orang + barang). Banyak pengguna hanya mengukir hasil 8-12 km/Liter untuk harian saat beban penuh.

Konsumsi bahan bakar Honda Mobilio hampir sama dengan Suzuki Ertiga dan Nissan Grand Livina (11-12 perbedaan) karena sama-sama FWD dan lebih irit dibandingkan Low MPV RWD seperti Toyota Avanza (Veloz). Penggunaan Bensin Premium (Octane 88) sebenarnya tidak dianjurkan tetapi jika pengguna terus menggunakan premium akan lebih boros jika dibandingkan menggunakan Pertamax (Octane 92).

Demikian ulasan tentang Inilah Konsumsi BBM Mobilio seperti yang dilansir Indobet88, semoga bermanfaat.