Mau Beli Drone? Ini Dia 4 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan
Drone | Foto : Ruqyah Cirebon 

Ruqyah Cirebon - Salah satu gadget yang masuk wish list kami adalah drone alias pesawat tanpa awak yang umumnya terbang menggunakan baling-baling yang bisa dikendalikan dari jarak jauh untuk menjalankan fungsi tertentu. 

Tentu alasan utamanya adalah kami bisa mengambil foto dari udara yang tentunya hasilnya akan sangat luar biasa. Meskipun sebenarnya drone juga dapat dimanfaatkan untuk tujuan lain, seperti dalam industri pertanian, produksi film, dan bahkan dalam sektor militer dan keamanan.

Dari berbagai jenis drone yang tersedia, terdapat beberapa fitur dan aspek yang perlu diketahui dan diperhatikan guna mendukung kebutuhan Anda. Kami kemudian melakukan sedikit riset untuk mendapatkan drone terbaik yang kami gunakan sebagai catatan kami jika suatu saat kami perlu membeli drone. Dalam hal ini, drone yang kami maksud adalah drone rekreasi, yang memiliki kamera untuk mengambil foto dan video.

Hal Penting Yang Perlu dipertimbangkan Saat Membeli Drone

Berikut ini ada 4 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan saat Membeli Drone, antara lain:

Fitur Drone

Bagi kami, fitur drone menjadi pertimbangan utama dalam memilih drone sebelum memutuskan membeli gadget terbang ini. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah fitur kontrol, terutama untuk pemula seperti kami yang belum pernah menerbangkan drone, fitur seperti auto landing dan auto take off. 

Selain itu, drone yang dilengkapi dengan fitur navigasi GPS sepertinya mutlak diperlukan, terutama agar drone tersebut dapat mengetahui posisinya dan dapat kembali ke pemiliknya, atau setidaknya pilot dapat melacak keberadaan drone tersebut. Kapasitas baterai juga menjadi pertimbangan, karena kapasitas baterai ini menentukan waktu terbang drone.

Daya tahan baterai drone biasanya mencapai 15-30 menit saat berada di udara, dan jika ingin menggunakan drone lebih lama, drone yang bisa ditambah dengan baterai cadangan tentunya memiliki nilai lebih yang patut dipertimbangkan. Fitur terakhir yang harus diperhatikan adalah kamera, karena menurut kami ini adalah fitur yang paling vital dari sebuah drone. 

Jenis Drone

Ada berbagai jenis drone rekreasi yang dijual yang seringkali membuat bingung untuk menentukan pilihan. Dari sekian banyak jenis dan modelnya, drone dapat dikategorikan menjadi tiga jenis pengoperasian. 

Pertimbangan pertama adalah memilih drone yang siap terbang atau "ready-to-fly" (RTF), yang berarti drone tersebut dapat langsung digunakan untuk terbang setiap saat selama baterai terisi. Drone RTF ini biasanya sudah memiliki controller sehingga tidak perlu banyak persiapan, dimana selama baling-baling terpasang maka drone akan langsung terbang.

Yang kedua adalah hampir siap terbang, dimana jenis drone RTF ini membutuhkan perakitan lebih lanjut, terutama penambahan antena pemancar dan penerima, kamera dan baterai. Drone jenis ini biasanya digunakan oleh mereka yang ingin mengkustomisasi drone, misalnya menggunakan kamera yang lebih bagus atau baterai berdaya lebih besar.

Drone tipe BNF atau "bind and fly" telah dirakit secara lengkap, namun biasanya controller dijual terpisah. Saat memilih controller untuk drone ini, penting untuk memperhatikan protokol dan frekuensi yang digunakan oleh drone agar komunikasi antara keduanya dapat terjalin dengan baik.

Jarak Jangkauan Drone

Jangkauan juga penting dalam memilih drone, dimana pada umumnya drone rekreasi bisa mencapai 20 meter, 300 meter, bahkan ada yang bisa terbang sejauh 1 kilometer. Tentunya, semakin tinggi drone terbang, kualitas sinyal pengontrol drone akan semakin menurun, yang berpotensi menyebabkan kehilangan kendali atas drone. kontrol dan hilang atau jatuh. Apalagi jika menerbangkan drone di area yang banyak gedung tinggi, sinyal kendali bisa terganggu.

Sebagai pemula, lebih aman untuk membeli drone dengan jangkauan yang tidak terlalu jauh, misalnya 20 meter. Hal ini karena jika terjadi kehilangan kendali atau kejadian jatuh, drone dapat lebih mudah ditemukan. Fitur GPS dan autopilot sangat membantu dalam hal ini, karena drone dapat kembali ke titik awal jika terjadi kejadian yang tidak diinginkan. itu kehilangan sinyal kontrol atau baterai lemah secara otomatis.

Harga Drone

Ada harga, tentu ada jalan. Drone dengan fitur yang lengkap tentunya akan membuat kocek yang dirogoh semakin dalam. Selain itu, drone dari merek ternama juga tentunya memiliki harga yang berbeda dengan drone dari merek yang kurang terdengar. Melihat-lihat kisaran harga yang sesuai dengan budget bisa dilakukan dengan mudah dengan membuka situs belanja online.

Bagi para pemula yang ingin belajar menerbangkan drone, membeli drone dengan fitur basic tentu sangat disarankan, karena harganya yang sangat terjangkau. Seiring bertambahnya jam terbang, pembelian drone dengan fitur lain atau upgrade bisa dilakukan nanti.

Demikian ulasan tentang Mau Beli Drone? Ini Dia 4 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan seperti yang dilansir slot, semoga bermanfaat.