Cara Mudah Membangun Kolam Renang Sendiri
Kolam Renang Hotel | Foto : Ruqyah Cirebon 

Ruqyah Cirebon - Pasti sangat menyenangkan bisa memiliki kolam renang sendiri di rumah, akan banyak momen seru yang akan anda habiskan bersama keluarga di kolam renang anda sendiri. Selain sebagai sarana berolahraga di rumah, Anda juga bisa sering berkumpul untuk berenang bersama anak atau pasangan tercinta tanpa harus ke kolam renang umum.

Nah bagi anda yang memiliki halaman luas atau memiliki sisa tanah di belakang rumah, anda bisa memanfaatkannya untuk membangun kolam renang. Ada banyak model kolam renang dan juga ukurannya yang nantinya bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kondisi lahan di rumah. Ada beberapa tahapan atau cara membuat Kolam Renang sendiri di rumah, setelah lahan untuk kolam tersedia maka yang harus anda ikuti adalah langkah-langkahnya seperti yang akan dijelaskan dibawah ini.

Cara Mudah Membangun Kolam Renang Sendiri

Berikut ini ada beberapa Cara Mudah Membangun Kolam Renang Sendiri yang perlu anda ketahui, diantarannya:

Desain Model Kolam

Mulailah dengan mendesain atau mendesain kolam renang yang akan dibangun. Kolam renang seperti apa yang Anda inginkan? Apakah Anda ingin kolam renang persegi? , kolam renang bulat?, kolam renang memanjang?, kolam renang love?, atau model lain yang anda inginkan. Pikirkan juga ukuran dan kedalaman kolam yang Anda inginkan? Yang perlu diperhatikan adalah semakin rumit desainnya maka semakin tinggi pula biaya yang dibutuhkan untuk membangunnya.

Gali Lubang Untuk Kolam

Menggali diri sendiri dengan cangkul biasa akan menjadi pemborosan waktu. Sebaiknya, pertimbangkan untuk menyewa seseorang yang menggunakan mesin untuk menggali lubang kolam. Sehingga waktu yang tersedia dapat digunakan untuk memikirkan pembangunan kolam renang yang akan dibangun.

Memperkuat Pondasi Kolam

Kolam renang yang dibuat harus kuat dan tahan goncangan gempa, oleh karena itu konstruksinya harus diperkuat. Saat mengerjakan rangka dinding dan lantai disarankan menggunakan pelat baja. Mintalah bantuan profesional yang ahli dalam pemasangan baja.

Lantai Kolam Renang

Ketika pondasi baja sudah terpasang, barulah pengerjaan lantai kolam menggunakan beton. Anda harus sudah mengetahui komposisi mortar yang akan digunakan untuk membangun kolam renang Anda.

Lapisan Dinding Kolam

Jika pengerjaan lantai kolam sudah selesai dan Anda yakin akan kekuatannya, langkah selanjutnya adalah menyiapkan beton untuk membangun dinding kolam. . Agar tidak mudah roboh, pastikan dinding kolam yang dibangun memiliki lapisan yang kokoh dan kuat

Tuangkan Beton

Langkah selanjutnya dalam pembentukan dinding kolam adalah melakukan pengecoran beton. Disarankan untuk melakukan beberapa lapisan beton agar struktur menjadi lebih kuat dan kokoh. Untuk menghilangkan air yang mengendap di antara lapisan beton, alat penggetar semen dapat digunakan.

Pemasangan Instalasi Listrik Kolam

Pada tahapan ini, untuk instalasi listrik pada sistem penerangan atau penyaringan pada kolam renang tentunya tidak boleh dilakukan sembarangan. Untuk itulah disarankan agar anda menggunakan jasa tukang listrik yang profesional, karena tentunya anda tidak ingin mengambil resiko dan tentunya akan berbahaya jika kolam renang anda memiliki instalasi listrik yang buruk.

Sistem Pelapisan Kedap Air

Jika tahap pembuatan struktur utama kolam sudah selesai, langkah selanjutnya adalah memasang lapisan kedap air pada dinding dan lantai agar tidak rembes. Terdapat beberapa opsi produk pelapis anti air yang dapat digunakan untuk kolam renang, di antaranya: tabung plastik dasar, keramik, pelapis semen, dan pelapis semprot plastik.

Memasang Keramik Kolam

Pilih warna dan pola ubin yang sesuai dengan desain kolam renang Anda. Cara memasang ubin keramik di kolam renang sama dengan memasang ubin lantai keramik di kamar mandi atau di dapur di rumah.

Mengisi Air Kolam

Setelah menyelesaikan seluruh tahapan proses pembuatan kolam renang, langkah terakhir adalah mengisinya dengan air. Selamat bersenang-senang!

Ciri-Ciri Kolam Renang Yang Baik

Berikut ini Ciri-Ciri Kolam Renang Yang Baik tentunya perlu anda ketahui, diantarannya:

Memiliki Air Jernih

Ciri utama air kolam yang bersih dan sehat adalah airnya yang jernih dan lembut di kulit. Apabila air kolam renang Anda menjadi keruh, kemungkinan besar menandakan adanya kontaminasi oleh zat lain di dalamnya. Hal ini bisa karena kontak dengan tanah atau pasir, atau bisa juga disebabkan oleh zat lain yang dapat merugikan Anda. Untuk itu, Anda harus mempertimbangkan, sebelum berenang di kolam yang airnya keruh.

Tidak Memiliki Bau Menyengat

Kolam renang yang sehat biasanya tidak akan mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Beberapa air mungkin memiliki aroma yang khas dari obat-obatan kimia, yaitu kaporit dan kaporit yang sangat mengiritasi.

Meskipun klorin digunakan untuk mendisinfeksi kolam, dalam konsentrasi rendah dapat membuat kolam tidak sehat dan berbau tidak sedap.Kolam renang yang sehat menggunakan media mineral sebagai disinfektan, sehingga selain kolam yang jernih, dan baik untuk kesehatan, mineral tidak menimbulkan bau yang tidak sedap.

Ramah Lingkungan

Salah satu masalah mendasar dalam merawat kolam renang tentunya adalah menjaga kualitas airnya. Menambahkan bahan kimia seperti klorin adalah metode yang umum.Namun, jika dosisnya salah atau berlebihan, pasti ada efek samping yang perlu diwaspadai, misalnya iritasi kulit dan mata. 

Di sisi lain penggunaan bahan kimia yang tidak ramah lingkungan juga berpotensi merusak lingkungan sekitar kolam seperti backwashing air yang dapat menyebabkan tanaman mati dan dapat mengurangi umur kolam.

Demikian ulasan tentang Cara Mudah Membangun Kolam Renang Sendiri seperti yang dilansir slot, semoga bermanfaat.