12 Cara Mengatasi HP Lemot Dijamin Enak Kembali
Hp Android Lemot | Foto : Media Cirebon 

Ruqyah Cirebon - Kejadian ponsel lemot atau sistem operasi yang berjalan lambat, memang sering kali mengganggu. Hp lemot menghambat kinerja hp jadi tidak maksimal. Namun, tidak perlu khawatir dengan kondisi ini. Cara mengatasi Hp Lemot bisa anda coba sendiri dengan mengikuti cara berikut ini agar kinerja ponsel anda tidak lemot lagi.

12 Cara Mengatasi HP Lemot 

Berikut ini ada 12 Cara Mengatasi HP Lemot yang bisa anda lakukan:

Uninstall Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Periksa aplikasi di ponsel, Apakah ada aplikasi yang tidak digunakan, jika ada maka sebaiknya segera uninstall. Apabila dibiarkan tidak beroperasi, aplikasi ini hanya akan mengakibatkan penumpukan di ruang penyimpanan atau bandwidth.

Periksa Koneksi Wifi

Kadang-kadang, penurunan kinerja pada ponsel tidak selalu disebabkan oleh masalah sistem, melainkan dapat dipengaruhi oleh koneksi WiFi atau kendala dalam jaringan seluler melalui penggunaan data. Coba cek koneksi WiFi dan pindah ke jaringan WiFi lain atau pindah ke lokasi lain yang mampu menangkap sinyal kuat.

Hapus Data Yang Di-Cache

Penting bagi pengguna Android atau iOS untuk secara teratur menghapus cache di ponsel mereka melalui pengaturan dan mengosongkannya. Karena cache yang dibiarkan menumpuk hanya akan memperlambat kinerja ponsel sehingga kurang optimal.

Cek Pembaruan Sistem

Bagi pengguna smartphone, ada baiknya selalu mengecek update sistem di Android atau iOS. Pastikan sistem yang digunakan ponsel adalah versi terbaru. Pembaruan ini penting mengingat sistem OS lama sering mengandung bug yang dapat menyebabkan masalah kinerja.

Kosongkan Ruang Penyimpanan

Performa ponsel yang lemot juga bisa dipengaruhi oleh ruang penyimpanan yang terlalu penuh dengan sejumlah file dokumen, aplikasi, foto, audio atau video. Coba gunakan Cloud, Google Drive, iCloud, Google Foto atau lainnya dan cadangkan file Anda agar ruang penyimpanan kosong.

Hapus Aplikasi Yang Berjalan Di Latar Belakang Ponsel

Banyaknya aplikasi yang berjalan bersamaan akan membebani RAM dan membuat ponsel menjadi lemot. Anda dapat memeriksa menu Pengaturan-Perangkat-Perawatan-Baterai. Selain itu, jangan juga terlalu sering menjalankan aplikasi secara bersamaan agar tidak lemot. 

Selain cara-cara di atas, kinerja ponsel bisa lemot karena tipe ponsel yang digunakan sudah terlalu lama dan sistem tidak bisa diperbarui. Dalam hal ini tentunya Anda sangat perlu mengganti ponsel lama Anda dengan seri ponsel terbaru dengan sistem terbaru.

Ubah Kecepatan Animasi Sistem

Menyesuaikan kecepatan animasi sistem pada ponsel tidak akan secara langsung meningkatkan kinerjanya, melainkan akan menciptakan kesan bahwa perangkat Anda berjalan lebih cepat. Peningkatan kinerja sistem ini disebabkan oleh pengurangan penundaan animasi, sehingga urutan grafis dapat selesai dengan lebih cepat.

Trik ini hampir terasa seperti sulap jika animasi di ponsel Android Anda tampak sangat lambat atau lamban. Anda dapat mematikan sistem animasi untuk hasil yang lebih baik. Namun, Anda akan mengorbankan efek transisi mencolok dalam prosesnya.

Gunakan Aplikasi Lite

Google dan beberapa pengembang lain menyediakan versi Lite dari aplikasi mereka yang ditujukan untuk perangkat Android dengan spesifikasi yang lebih rendah dan kelas yang lebih terbatas. Aplikasi edisi lite adalah alternatif yang lebih kecil dan tidak terlalu intensif sumber daya dibandingkan dengan aplikasi lain.

Reset Pabrik

Jika sejauh ini Anda telah mengerjakan semua saran dan masih mengalami masalah, saatnya untuk meningkatkan. Reset pabrik adalah cara yang sangat bagus tetapi ekstrem untuk meningkatkan kinerja. Sehingga hal Ini dapat mengembalikan perangkat Anda ke status stoknya dan menghapus semua data Anda. Jika Anda ingin melakukan reset  pabrik di hp Android Anda, lebih baik buat cadangan data terlebih dahulu, karena hal ini penting.

Hapus Aplikasi Yang Tidak Berguna

Selain menutup aplikasi yang sedang berjalan, pengguna juga memiliki opsi untuk menghapus aplikasi yang tidak berguna secara permanen. Tindakan ini penting karena dapat mengurangi penggunaan memori yang pada gilirannya mempengaruhi kinerja ponsel agar tetap responsif. Anda juga bisa mengurutkan aplikasi mana yang berguna dan mana yang tidak, lalu hapus yang tidak berguna.

Jangan Gunakan Wallpaper Bergerak

Beberapa pengguna ponsel suka menggunakan wallpaper yang bergerak. Padahal,hal  ini memperlambat sistem operasi Android di ponsel. Disarankan untuk menggunakan wallpaper atau tema statis sebagai alternatif, agar kinerja ponsel tidak terpengaruh dan tetap optimal.

Hapus Cache Aplikasi

Cache yang menumpuk akan memakan banyak space dan memori sehingga ponsel menjadi lemot. Untuk alasan ini, Anda harus menghapus cache aplikasi yang saat ini tidak digunakan. Cara mengatasi hp lemot karena masalah ini bisa dengan masuk ke menu Setting, lalu pilih aplikasi dan hapus semua cache yang ada di aplikasi tersebut.

Demikian ulasan tentang 12 Cara Mengatasi HP Lemot Dijamin Enak Kembali seperti yang dilansir indobet, semoga bermanfaat.