Solusi Mengatasi Lamanya Pengisian Baterai Ponsel Android
Mengecas Hp Android | Foto : Ruqyah Cirebon 

Ruqyah Cirebon - Ada beberapa faktor yang menyebabkan pengisian Baterai ponsel lama, dan hal itu sebenarnya bisa kita antisipasi. Pengisian Baterai HP yang lama juga menghambat produktivitas kita. Pernahkah Anda mengalami proses charging atau pengisian baterai smartphone Android yang memakan waktu lebih lama dari biasanya? 

Hal ini tentu berbeda ketika ponsel dalam kondisi baru dimana proses pengisian Baterai berlangsung cepat. Jika baterai ponsel lama sedang diisi, apa yang harus kita lakukan? Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu apa penyebab Ponsel lama di-charge. Sebelum masuk ke solusinya, pahami terlebih dahulu akar masalahnya.

Pengertian Baterai 

Baterai adalah perangkat listrik-kimia yang menyimpan energi dan melepaskan energi dalam bentuk listrik. Baterai yang biasa dijual memiliki tegangan listrik 1,5 volt. Baterai berbentuk tabung atau kotak. Ada juga yang disebut dengan rechargeable battery, yaitu baterai yang kemudian dapat diisi ulang, seperti yang biasa terdapat pada Ponsel. 

Baterai sekali pakai juga dikenal sebagai baterai primer, sementara baterai isi ulang dikenal sebagai baterai sekunder. Mungkin Anda sering berpikir bagaimana benda kecil ini mampu memberikan energi kepada benda lain yang lebih besar, dan bertanya bagaimana cara kerja baterai sehingga mampu menghasilkan energi untuk benda lain?

Solusi Mengatasi Lamanya Pengisian Baterai 

Berikut beberapa penyebab dan solusi mengatasi pengisian Baterai ponsel Android yang lama, seperti dilansir dari Android Authority. 

Baterai Rusak

Kemungkinan lain yang menyebabkan proses pengisian baterai lama adalah karena baterai sudah terlalu tua atau rusak. Baterai litium memiliki jumlah siklus pengisian Baterai maksimum dan bila tercapai, terjadi penurunan yang signifikan. Solusinya adalah dengan membeli baterai baru yang kompatibel dengan Android yang digunakan.

Kabel Rusak Atau Kualitas Buruk

Salah satu penyebab charger hp Android lemot adalah kualitas kabel yang kurang baik atau bahkan sudah rusak karena sudah dipakai bertahun-tahun, sehingga Anda tidak menyadari bahwa kabel sudah mulai putus atau mengalami penurunan Baterai. kualitas. 

Padahal, kabel yang jelek bisa menghambat proses pengisian baterai Android. Untuk memecahkan masalah tersebut, disarankan untuk memperoleh kabel baru dengan kualitas yang baik.  Ada banyak kabel yang dijual di pasaran, pilihlah yang kualitasnya bagus agar tahan lama.

Sumber Baterai Lemah

Sumber listrik yang lemah membuat proses pengisian baterai menjadi lambat. Terkadang orang mengisi baterai Android dengan menggunakan port USB di komputer atau laptop yang sedang digunakan. Namun, Baterai dari port tersebut tidak cukup besar untuk mengisi Baterai dengan cepat. Solusinya, gunakan charger bawaan dan sambungkan langsung ke sumber listrik.

Adaptor Rusak

Alasan lain untuk proses pengisian yang lambat adalah adaptor atau kepala pengisi Baterai yang rusak. Saat rusak atau terdegradasi, kecepatan pengisian pasti akan berkurang. Jika kepala charger rusak, solusinya adalah dengan membeli kepala charger original baru atau buatan pihak ketiga yang berkualitas.

Ponsel Sudah Tua

Sebuah smartphone memiliki IC atau chip yang bertugas mengisi baterai. Seiring berjalannya waktu, kemampuan chip berkurang atau rusak yang menyebabkan pengisian baterai menjadi lambat atau bahkan tidak dapat diisi. Solusinya ganti smartphone baru.

Jangan Gunakan Ponsel Anda Saat Mengisi Baterai

Menggunakan smartphone untuk bermain game, browsing, menelepon, dan keperluan lain sambil mengisi Baterai membuat kecepatan pengisian Baterai melambat. Hal ini dikarenakan Baterai yang masuk langsung digunakan untuk memenuhi aktivitas yang dilakukan oleh pengguna. Sebaiknya jangan gunakan ponsel saat mengisi Baterai agar kecepatannya maksimal.

Aplikasi Latar Belakang

Aplikasi yang berjalan di background terkadang tidak hanya menyedot kuota internet, tetapi juga menambah konsumsi Baterai ponsel Android. Hal ini membuat proses charging menjadi tidak maksimal dan menjadi lebih lambat. Solusinya adalah dengan mengosongkan RAM atau Recent Apps agar aplikasi yang berjalan di background berhenti berjalan.

Ada Masalah Dengan Port USB

Port micro USB atau USB Type-C yang digunakan smartphone Android terkadang mengalami masalah seperti kotor, korosi bahkan bisa rusak. Hal ini membuat proses pengisian baterai melambat. Solusinya bawa ke service center untuk penggantian port USB. Jika hanya sedikit kotor, port USB bisa dibersihkan.

Demikian ulasan tentang Solusi Mengatasi Lamanya Pengisian Baterai Ponsel Android seperti yang dilansir Indobet88, semoga bermanfaat.