Speaker Bluetooth Rusak? Tenang, Berikut Cara Memperbaikinya
Speaker Bluetooth | Foto : Media Cirebon 

Ruqyah Cirebon -  Speaker bluetooth merupakan salah satu jenis speaker yang sangat populer akhir-akhir ini karena fitur wireless yang dihadirkannya membuat semua orang takjub dan nyaman saat menggunakannya. 

Jika pada speaker biasa kita membutuhkan kabel untuk menghubungkan antara komputer atau hp ke speaker, maka untuk speaker bluetooth ini kita tidak perlu melakukan hal tersebut. Cukup aktifkan Bluetooth lalu lakukan konfigurasi sederhana yang membutuhkan waktu kurang dari 5 menit, Bluetooth akan terhubung dan speaker Bluetooth siap digunakan untuk memutar musik favorit Anda.

Kadang-kadang, Speaker Bluetooth juga mengalami beberapa masalah yang sering timbul, seperti kesulitan dalam koneksi, suara yang redup, dan berbagai masalah lainnya. Yang menyebabkan banyak kerusakan pada speaker bluetooth, sumbernya tertutup oleh benda yang tidak bisa ditembus oleh sinyal bluetooth, dan masih banyak lagi. Jika speaker bluetooth anda rusak, berikut cara mengatasinya yang bisa anda coba.

Keunggulan Speaker Bluetooth

Dulu, rata-rata speaker memiliki bentuk yang cukup besar, lengkap dengan kabel yang panjang. Namun kini dengan adanya inovasi berupa teknologi wireless, speaker kini dikemas dalam bentuk yang lebih sederhana, dan yang terpenting adalah wireless. Sebagian besar speaker nirkabel berfungsi dengan koneksi Bluetooth. Nerikut ini ada 5 keunggulan speaker Bluetooth antara lain:

  • Memiliki koneksi nirkabel sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang kabel
  • Memiliki suara berkualitas tinggi
  • Memiliki daya tahan baterai yang kuat
  • Memiliki ketahanan terhadap air
  • Dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan

Cara Memperbaiki Speaker Bluetooth

Berikut 5 cara memperbaiki speaker bluetooth, diantaranya:

Masalahnya Sulit Untuk Terhubung

Susah konek, biasanya karena konfigurasi bluetooth yang konek dengan bluetooth lain yang tidak kita ketahui, biasanya ini terjadi karena ada orang lain yang menyalakan bluetooth di gadgetnya lalu dideteksi terlebih dahulu oleh speaker bluetooth kita.

Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya kamu cukup mematikan speaker bluetooth kesayangan kamu kemudian menyalakannya kembali dengan syarat ponsel dalam kondisi bluetooth. Secara otomatis, speaker Bluetooth Anda akan mendeteksi Bluetooth terdekat dan sinyal tertinggi. Itulah cara mengatasi masalah speaker bluetooth yang susah dikoneksikan.

Masalah Suara Redup

Jika Anda memiliki speaker Bluetooth yang suaranya redup atau hampir hilang, ini normal. Masalah ini bisa terjadi pada speaker Bluetooth karena sumber pemutar lagu, seperti ponsel atau PC, pemancar Bluetooth tertutup benda yang tidak bisa ditembus oleh sinyal Bluetooth. 

Contoh sederhananya adalah ketika anda memainkan sebuah lagu kemudian menutupi handphone anda dengan bagian tubuh seperti tangan, perut dan lainnya sehingga menutupi hampir 100% handphone atau sumber pancaran sinyal bluetooth, akibatnya sinyal tidak bisa tembus dan suara yang dihasilkan oleh speaker bluetooth hampir hilang atau bahkan bisa hilang hingga terlihat seperti pecah. Padahal tidak rusak, hanya saja tercover oleh sinyal bluetooth.

Masalah Speaker Bluetooth Tidak Bisa Menyala

Masalah ini bisa terjadi karena sumber baterai kendor atau tidak terpasang dengan baik, biasanya speaker bluetooth sering mati sendiri saat terkena benturan ringan karena ada komponen kabel penghantar listrik yang tertutup sehingga tidak bisa menghantarkan listrik dan mematikan pengeras suara Bluetooth.

Untuk mengatasi hal tersebut agar tidak terjadi, usahakan jangan pernah terbentur atau tidak sengaja menjatuhkan speaker Bluetooth kesayangan Anda. Jika anda sudah terlanjur mengalami masalah ini, anda bisa mengatasinya dengan mengetes bagian mana yang listriknya mati, namun jika anda tidak tahu masalah kelistrikan, anda bisa service saja di toko elektronik.

Speaker Bluetooh Suaranya Recek Recek 

Suara kotor dapat terjadi karena disetel ke Full Volume dalam waktu lama. Untuk mengatasinya, Anda bisa memutar lagu dengan volume yang sangat kecil agar kondisi kembali normal.

Speaker Bluetooth Cepat Habis Baterainya

Hal ini disebabkan karena penggunaan yang kurang baik, yaitu terlalu sering digunakan hingga baterai benar-benar habis atau Anda sering menggunakan speaker Bluetooth saat sedang diisi daya. Ini buruk untuk kesehatan speaker. Untuk mengatasinya Anda bisa membeli baterai baru.

Demikian ulasan tentang Speaker Bluetooth Rusak? Tenang, Berikut Cara Memperbaikinya seperti yang dilansir Baccarat online, semoga bermanfaat.