Beberapa Cara Mudah Memulai Bisnis Martabak Untuk Pemula
Pedagang Martabak | Foto : Ruqyah Cirebon 

Ruqyah Cirebon - Martabak merupakan salah satu jajanan yang banyak digemari. Makanan ini enak dan mengenyangkan, sehingga wajar jika banyak orang yang menjadikan martabak manis dan martabak telur sebagai camilan favoritnya. Cara membuat martabak juga sangat mudah dipelajari, bahkan bagi pebisnis pemula sekalipun. 

Satu resep martabak manis bahkan bisa diolah menjadi berbagai macam rasa yang berbeda, sehingga bisa meraih pangsa pasar yang lebih besar. Selain resep martabak manis dan martabak telur, banyak juga yang mencari resep martabak mini yang juga populer. 

Resep martabak mini tentunya akan lebih mudah dalam pembuatannya, karena jajanan ini bisa dibuat dengan bahan dan peralatan yang lebih sederhana. Nah berikut ini kami akan membahas beberapa cara memulai Bisnis Martabak untuk pemula. 

Cara Memulai Bisnis Martabak

Siapkan Modal Dengan Baik

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk memulai usaha martabak manis dan martabak telur adalah menyiapkan modal untuk usaha itu sendiri. Pentingnya memiliki jumlah modal usaha yang tepat, agar kedepannya usaha dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan keuntungan.

Hal ini bisa dilakukan dengan menghitung terlebih dahulu kisaran modal yang dibutuhkan, baru kemudian mulai menyiapkan dananya. Jika Anda mempunyai dana yang cukup, maka langkah pertama ini tentu tidak akan menjadi masalah. Namun jika ternyata modal yang Anda miliki terbatas, maka cobalah untuk memilih sumber modal lain yang paling tepat, misalnya mengajukan pinjaman atau yang lainnya. 

Siapkan Resep Martabak Dan Ciri Khas Sendiri

Jika langkah-langkah di atas sudah Anda lakukan, maka mulailah belajar cara membuat martabak yang enak. Martabak yang mempunyai cita rasa lezat seperti ini tentunya harus diawali dengan resep martabak mini atau resep martabak manis yang benar dari awal. Pahami cara membuat martabak yang paling efisien, sehingga proses produksi usaha ini dapat berjalan dengan lancar. 

Selain itu, pastikan martabak yang Anda jual memiliki ciri khas tersendiri, sehingga orang mudah mengenali dan menyukai rasanya yang lezat. Ciri khas martabak ini dapat dibuat dengan berbagai cara, misalnya: kemasan yang unik dan ramah lingkungan, rasa yang lezat dengan tekstur yang super lembut, berbagai topping yang lezat, ukuran yang jumbo, bentuk yang unik, dan lain-lain yang dapat menjadikan makanan ini unik dan menarik. .

Pilih Lokasi Bisnis Yang Strategis

Bukan hanya cara membuat martabak saja yang perlu dilakukan dengan baik saat memulai bisnis makanan ini, namun pemilihan lokasi bisnis martabak juga perlu dilakukan. Lokasi usaha yang strategis menjadi salah satu cara untuk mendapatkan pelanggan dalam jumlah besar, termasuk keuntungan.

Pilihlah lokasi yang ramai atau bahkan di sekitar pusat perbelanjaan, sehingga masyarakat mudah menemukan bisnis tersebut. Semakin mudah orang menemukan lokasi usaha kita, maka semakin besar pula potensi untuk mendapatkan angka penjualan yang besar.

Lakukan survey ke beberapa lokasi terlebih dahulu, sebelum akhirnya memilih salah satu lokasi terbaik dan apakah bisa membantu bisnis ini berkembang pesat. Hal ini untuk menghindari risiko kesalahan pemilihan lokasi yang dapat mengakibatkan bisnis tidak berkembang dengan baik di kemudian hari.

Memaksimalkan Pemasaran

Jangan lupa maksimalkan pemasaran bisnis martabak manis dan martabak telur dengan baik. Hal ini dapat dilakukan dengan banyak cara, diantaranya dengan menggunakan layanan pesan-antar makanan online yang belakangan ini banyak diminati oleh masyarakat luas.

Pesan antar makanan secara online memungkinkan jangkauan bisnis menjadi lebih luas, sehingga potensi penjualan juga bisa didapat secara maksimal. Pemasaran yang luas seperti ini tentunya harus diimbangi dengan cara pembuatan martabak yang benar, agar setiap pesanan dapat tersiapkan dengan baik.

Pilihlah partner pesan antar makanan online yang paling tepat, agar bisnis martabak ini cepat berkembang. Namun, pastikan untuk memahami dengan baik seluruh persyaratan yang ditentukan oleh mereka sejak awal, agar berbagai masalah dan risiko di kemudian hari dapat dihindari.

Lakukan Promosi Yang Tepat

Bukan hanya resep martabak mini dan resep martabak manis saja yang menentukan keberhasilan usaha ini, tapi juga kegiatan promosinya. Penting untuk melakukan kegiatan promosi yang tepat, agar semakin banyak masyarakat yang mengetahui dan membeli produk yang dipasarkan.

Promosi bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai dari penerapan diskon pada layanan pesan-antar makanan, hingga promosi melalui media sosial dan lain-lain. Namun, jangan lupa untuk melakukan perhitungan terlebih dahulu agar kegiatan promosi ini tidak membebani keuangan bisnis Anda.

Estimasi Modal Bisnis Martabak

Selain membuka sendiri, usaha martabak juga sering dilakukan dengan sistem waralaba. Pemilik usaha waralaba akan menyediakan resep martabak mini, resep martabak manis dan perlengkapan lainnya, sehingga pengusaha hanya perlu menjalankan usaha martabak tersebut. Namun bisnis martabak dengan sistem waralaba biasanya membutuhkan modal yang lebih besar. 

Pelaku usaha waralaba minimal harus menyediakan modal mulai dari Rp35 juta, tergantung waralaba martabak yang dipilih. Namun, jika Anda hanya memiliki modal terbatas, tidak ada salahnya membuka usaha ini secara mandiri tanpa franchise. Untuk memulai usaha martabak ini secara mandiri, Anda memerlukan modal minimal Rp 15 – 25 juta, tergantung lokasi dan skala usaha martabak yang akan dibuka nantinya. 

Demikian ulasan artikel tentang Beberapa Cara Mudah Memulai Bisnis Martabak Untuk Pemula. Semoga bermanfaat.