Inilah Contoh Bisnis Kuliner Online Dengan Modal Kecil
Bisnis Kuliner Online - Foto : Ruqyah Cirebon 

Ruqyah Cirebon - Siapa bilang menjalankan bisnis kuliner tidak bisa dilakukan secara online? Ternyata berjualan makanan secara online bisa dilakukan secara online, bahkan oleh pemula sekalipun. Ini adalah bisnis dengan modal kecil dan keuntungan besar, karena peminatnya cukup banyak.

Banyak orang yang membeli makanan secara online berupa jajanan kekinian, seperti bakso aci kering siap masak, kue kering, permen, dan lain sebagainya. Membelinya secara online dinilai cukup praktis, apalagi jika tidak ada yang menjual makanan tersebut di dekat tempat tinggal Anda.

Apa saja Bisnis Kuliner Online yang membutuhkan modal kecil namun keuntungan menjanjikan? Inilah daftar ide bisnis jualan makanan online yang bisa Anda coba khususnya bagi pemula.

Contoh Bisnis Kuliner Online

Frozen Food

Jika Anda bingung ide jualan makanan online untuk pemula dengan modal kecil dan untung besar, cobalah menjual segala jenis makanan beku. Bisnis frozen food merupakan bisnis yang tidak pernah ketinggalan zaman, karena jam berapa pun akan selalu ada orang yang membutuhkannya, sehingga sangat cocok dijalankan untuk jangka panjang.

Frozen food merupakan makanan beku yang masih harus dibekukan agar kualitasnya tidak menurun dan kemudian menjadi basi. Jika Anda ingin menjual makanan beku, untuk pengiriman jarak jauh sebaiknya menggunakan jasa pengiriman khusus yang menyediakan fasilitas pesan-antar makanan. Tidak bisa melalui pengiriman normal karena tidak aman untuk makanan, apalagi dalam bentuk beku.

Ada banyak jenis makanan beku yang bisa dijual dan modalnya pun tidak terlalu besar, bahkan bisa kurang dari 1 juta rupiah jika ingin menjalankannya dalam skala kecil. Tak perlu menyiapkan banyak biaya, bisnis frozen food merupakan bisnis desa dengan modal 5 juta yang berpotensi menghasilkan keuntungan besar.

Bakso Goreng (Basreng)

Basreng atau bakso goreng menjadi pilihan usaha modal kecil namun keuntungannya cukup besar. Bisa dijual online dengan mudah, memulai usaha basreng dengan modal kurang dari 500 ribu. Jajanan kering dengan bumbu yang satu ini tidak memerlukan perlakuan khusus seperti makanan beku, karena bisa dikirim melalui ekspedisi biasa.

Meski basreng dijual dengan harga murah, ternyata peminatnya banyak sekali, terutama di kalangan anak muda. Basreng adalah jajanan kering yang bisa dinikmati dalam segala suasana, misalnya sebagai suguhan tamu, disantap saat santai, atau dijadikan topping makanan apa pun.

Pempek

Siapa yang tidak kenal dengan pempek yang merupakan makanan khas dari palembang? Pempek yang dijual secara online ternyata banyak sekali, kebanyakan dalam bentuk beku agar tidak mudah rusak saat sampai di tempat tujuan. Biasanya makanan ini dijual dalam satu paket dengan kuah cuko sebagai pelengkapnya. Pempek merupakan salah satu makanan yang paling laris, banyak orang yang suka memakannya. 

Apalagi kalau rasanya autentik seperti di Palembang, pasti banjir pesanan setiap harinya. Jualan pempek online bisa dilakukan oleh pemula, dengan modal kurang dari 1 juta. Sama seperti bisnis kuliner online frozen food, pengirimannya memerlukan perlakuan khusus karena pempek merupakan makanan basah, jadi sebaiknya dibekukan terlebih dahulu sebelum dikirim.

Kue Bingkisan

Kue oleh-oleh seperti nastar, kastengel, dan berbagai kue kering lainnya menjadi contoh ide bisnis jualan makanan online yang menarik. Jualan kue kado biasanya laris manis ketika ada perayaan atau hari besar tertentu, misalnya Imlek, Hari Valentine, Idul Fitri, Natal atau wisuda. Anda bisa memulainya dengan modal 1-3 jutaan saja, sangat cocok dilakukan untuk mengisi waktu luang, apalagi jika Anda suka membuat kue kering. 

Pengirimannya tidak memerlukan perlakuan khusus seperti makanan beku, asalkan dikemas dengan aman dalam toples dan bubble wrap karena makanan ini cukup rapuh. Agar tidak membuang banyak bahan, mulailah dengan menjual open pre-order. Beriklan di media sosial agar lebih laris.

Bubuk Kopi Kemasan

Kopi merupakan salah satu jenis kuliner yang biasanya dikemas dalam bentuk minuman. Namun kali ini Anda bisa menjualnya secara online dalam bentuk bubuk atau biji utuh. Target pasarnya adalah para penikmat kopi, anak muda, dewasa, hingga mereka yang menjalankan bisnis kafe.

Bisnis penjualan kopi kemasan memiliki prospek yang baik untuk jangka panjang karena penikmat kopi di Indonesia cukup banyak. Modalnya bisa dimulai dengan membeli biji kopi berkualitas langsung dari supplier atau petani sehingga bisa mendapatkan harga lebih murah. Modal awal yang dibutuhkan bervariasi, 2-3 juta tergantung jenis varian biji kopi yang dijual. 

Demikian ulasan artikel tentang Inilah Contoh Bisnis Kuliner Online Dengan Modal Kecil Indobet88. Semoga bermanfaat.