Wow Ternyata Begini Cara Dan Syarat Kerja Di Kapal Pesiar
Pekerja Kapal Pesiar | Foto : Pixabay 

Ruqyah Cirebon -  Mencari pekerjaan bisa dilakukan dimana saja. Selain di kantor-kantor yang sering ditemui, lowongan kerja di laut juga dibutuhkan, yakni di Kapal Pesiar. Bekerja di kapal pesiar bisa menjadi pengalaman yang sangat seru. Pasalnya, Anda bisa bekerja sambil menikmati liburan di kapal pesiar yang mengelilingi lautan. Belum lagi kesempatan mengunjungi tempat wisata di berbagai negara.

Bekerja di kapal pesiar juga memiliki kesempatan untuk bekerja di lingkungan multikultural. Peluang ini mungkin tidak ditemukan di tempat kerja lain. Namun perlu diingat bahwa bekerja di kapal pesiar membutuhkan dedikasi dan ketahanan. Alasan utamanya adalah karena Anda akan berada di laut dalam jangka waktu yang lama. Kemungkinan bertemu keluarga juga sangat kecil.

Sebelum memutuskan untuk bekerja di kapal pesiar, pertimbangkan segala hal yang perlu Anda persiapkan. Bekerja di kapal pesiar memerlukan dokumen khusus yang lebih lengkap sebagai syarat tambahan.

Cara Dan Syarat Kerja Di Kapal Pesiar

Menguasai Bahasa Asing

Menguasai bahasa asing khususnya bahasa Inggris merupakan hal yang sangat penting jika ingin bekerja di kapal pesiar. Alasannya karena perjalanan kapal pesiar dilakukan lintas negara dan akan bertemu dengan orang-orang dari berbagai negara.

Sebagai bahasa internasional, kemampuan berbahasa Inggris merupakan modal terpenting, apalagi jika pekerjaan yang dipilih berkaitan dengan pelayanan. Kalian juga akan lebih mudah berkomunikasi dengan sesama kru nantinya.

Sehat Jasmani Dan Rohani

Seorang awak kapal pesiar harus memiliki tubuh yang sehat. Hal ini menyangkut kinerja dan tanggung jawab pekerjaan selama kapal pesiar beroperasi. Selain sehat jasmani, awak kapal pesiar juga harus memiliki mental yang stabil agar mampu bekerja di bawah tekanan. Tak heran jika medical check up menjadi salah satu syarat penting jika ingin bekerja di kapal pesiar.

Pilih Pekerjaan Yang Sesuai

Ada beberapa posisi yang bisa Anda pilih di kapal pesiar. Untuk itu sesuaikan dengan kemampuan anda baik itu perhotelan maupun manajemennya. Jika Anda sudah memiliki pengalaman di bidang tersebut, Anda akan lebih mudah mengenali jobdesk yang sedang Anda kerjakan. Namun, jika Anda belum pernah melakukannya, pelajari terlebih dahulu tanggung jawab dan pekerjaan dari posisi yang Anda lamar.

Hubungi Penyedia Jasa Penyaluran Kerja

Setelah lulus, mulailah mencari informasi lowongan dari penyedia atau distributor tenaga kerja kapal pesiar. Pastikan agensi yang Anda datangi mempunyai legalitas dan reputasi yang baik agar tidak mengalami penipuan.

Di sana, Anda akan mendapatkan informasi mengenai dokumen, kontrak kerja, dan masa pelatihan yang dibutuhkan oleh masing-masing perusahaan. Informasi ini akan membantu Anda mempersiapkan diri sebelum melamar.

Memahami Kontrak Kerja

Satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah informasi dalam kontrak kerja. Teliti perjanjian kerja yang berlaku, meliputi besaran gaji, masa kerja, fasilitas yang diperoleh, dan tunjangan. Jangan ragu untuk menanyakan poin-poin penting jika Anda merasa ada yang membingungkan atau kurang jelas. Pastikan juga Anda memiliki informasi yang lengkap sebelum menerima tawaran pekerjaan.

Siapkan Dokumen Pendukung

Sama seperti pekerjaan lainnya, melamar pekerjaan sebagai awak kapal pesiar juga harus disertai dengan beberapa dokumen. Namun berkas yang harus disiapkan lebih detail seperti dokumen uji kelautan. Pelamar juga wajib menyertakan hasil pemeriksaan kesehatan dan paspor. Beberapa perusahaan juga akan meminta kartu pekerja luar negeri.

Wajib Memiliki BST

Basic Safety Training (BST) merupakan pelatihan dasar tindakan penyelamatan diri di kapal pesiar pada saat keadaan darurat. BST wajib bagi seluruh pekerja di kapal pesiar dan menjadi syarat utama. Untuk mendapatkan BST, calon pekerja dapat mengikuti tempat pelatihan resmi BST. Biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan BST mulai dari Rp1.250.000 hingga Rp1.750.000.

Memiliki Visa Kerja Kapal Pesiar

Karena perjalanan lintas batas, pekerja kapal pesiar harus memiliki paspor dan menyederhanakan proses imigrasi. Namun, pekerja juga harus memiliki visa kerja kapal pesiar. Visa kerja kapal pesiar dapat dibuat di kantor perwakilan kedutaan negara yang Anda kunjungi. Anda bisa mengajukan visa kapal pesiar setelah diterima bekerja dengan membawa dokumen pendukung dari perusahaan.

Punya Seaman Book

Setelah punya BTS, awak kapal pesiar juga harus punya buku pelaut. Salah satu syarat untuk memiliki buku aman adalah memiliki BST terlebih dahulu. Jika paspor diperlukan untuk dokumen keimigrasian, maka buku brankas akan diberikan kepada kantor di kawasan pelabuhan. Buku pelaut juga merupakan penegasan jati diri yang menandakan pekerjaan di bidang maritim.

Pelajari Lingkungan Kerja

Penting untuk mempelajari budaya dan lingkungan kerja di kapal pesiar sebelum melamar menjadi karyawan di sana. Bekerja di kapal pesiar membutuhkan dedikasi yang besar karena Anda tidak bisa pulang dan bertemu keluarga setidaknya selama 3 hingga 6 bulan.

Anda juga akan sering berpindah lokasi dan bertemu dengan penumpang serta kru dari berbagai negara lain. Jika Anda tidak bisa beradaptasi dan tidak memahami lingkungan kerja yang akan Anda hadapi, pasti Anda akan kebingungan dan mengalami culture shock.

Demikian ulasan artikel tentang Wow Ternyata Begini Cara Dan Syarat Kerja Di Kapal Pesiar seperti yang dilansir indobet. Semoga bermanfaat.