Wah, Begini Cara Menjaga Rumah Agar Selalu Bersih Dan Rapi
Rumah Bersih dan Rapih | Foto : Ruqyah Cirebon 

Ruqyah Cirebon - Di masa pandemi, Anda dan keluarga banyak menghabiskan waktu di rumah. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mempelajari cara Menjaga Kebersihan Rumah dengan baik. Selain untuk kesehatan anggota keluarga, juga agar rumah bisa menjadi tempat yang paling nyaman. Apalagi bagi Anda yang masih bekerja, tentunya kebersihan diri menjadi prioritas utama. 

Misalnya saja setelah naik angkutan umum, sesampainya di rumah langsung mandi dan berganti pakaian. Selain itu, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun dan menyediakan hand sanitizer di rumah. Nah berikut ini kami akan membahas beberapa cara mudah menjaga rumah tetap bersih dan rapi. Simak artikel di bawah ini! 

Cara Menjaga Rumah Agar Selalu Bersih


Bereskan Tempat Tidur Setiap Pagi


Hal pertama yang harus Anda perhatikan saat membersihkan rumah adalah tempat tidur. Oleh karena itu, salah satu cara menjaga kebersihan rumah yang pertama adalah dengan konsisten membersihkan tempat tidur. Musuh dalam kamar adalah debu, bulu hewan jika memiliki hewan peliharaan, tungau dan jamur jika ruangan lembab. 

Anda perlu merapikan tempat tidur setiap pagi saat bangun tidur untuk mencapai tujuan membersihkan rumah. Rutin mengganti sprei, sarung bantal dan guling, serta menjemur kasur merupakan salah satu cara agar kasur tetap terlindungi dari kuman. Cara menjaga kebersihan rumah ini perlu diterapkan setiap hari karena ruangan selalu ditempati.

Kemungkinan kamar tidur kotor jauh lebih besar dibandingkan kamar lainnya. Jika memungkinkan, Anda bisa menggunakan penyedot debu untuk menyedot debu pada kasur, bantal, guling, boneka, atau karpet tempat tidur.

Sapu Lantai Setiap Hari


Beberapa permukaan lantai lebih sering bersentuhan dengan kita dibandingkan permukaan dinding. Sebenarnya tidak ada patokan atau aturan dalam membersihkan rumah, namun Anda bisa mulai menjaga kebersihan rumah dengan memperhatikan area-area tersebut agar terhindar dari bakteri, kuman, dan virus. Menyapunya setiap hari dapat mencegahnya menjatuhkan debu, kotoran, atau sisa makanan secara tidak sengaja.

Jika Anda menjaga kebersihan rumah dengan baik, Anda akan merasa nyaman bersantai dan mengajak anak bermain. Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan mainan dan boneka yang sering terjatuh ke lantai. Jika lantai tetap kotor meski sudah disapu, berarti cara Anda menjaga kebersihan rumah masih kurang tepat. Gumpalan debu atau sisa-sisa rambut yang rontok terkadang tidak terbawa seluruhnya saat disapu. 

Anda bisa menyapu kembali dan memastikan tidak ada angin yang membawa debu kembali masuk ke dalam rumah. Oh iya, pastikan juga kamu tidak hanya menyapu bagian dalam rumah secara rutin, tapi juga halaman atau taman sebagai salah satu cara menjaga halaman di sekitar rumahmu tetap bersih.

Cuci Pakaian Setiap Dua Hari Sekali


Cara menjaga kebersihan rumah juga termasuk menjaga diri. Salah satu caranya adalah dengan menjaga kebersihan pakaian yang Anda kenakan. Sekarang Anda bisa mencuci pakaian setiap 2 hari sekali. 

Jika aktivitas Anda tergolong normal dan tidak mengeluarkan keringat berlebih, maka waktu mencucinya akan lebih lama. Jadi sesuaikan dengan aktivitas dan kondisi pakaian Anda. Jika berbau apek atau basah sebaiknya segera dicuci. Namun, sebaiknya cuci pakaian minimal dua hari sekali untuk menghindari jamur menempel di kulit.

Rutin Membersihkan Kamar Mandi


Kamar mandi merupakan ruangan paling krusial dalam sebuah hunian. Fungsi utama kamar mandi adalah sebagai tempat membersihkan diri, buang air kecil dan besar. Bahkan karena dianggap krusial, banyak orang yang mendesain kamar mandi sedemikian rupa agar nyaman saat digunakan.

Umumnya area paling kotor di kamar mandi adalah bathtub. Padahal, bak mandi merupakan wadah berisi air untuk membersihkan diri. Bagaimana jika tempat ini menjadi sarang penyakit? Bayangkan jika bak mandi tidak dibersihkan secara rutin, selain menjadi sarang jentik nyamuk juga akan memungkinkan banyak bakteri hinggap.

Bersihkan Meja Dapur Setelah Memasak


Dapur selalu kotor setelah masak. Berbagai kotoran seperti tumpahan minyak, bahan makanan seperti gula, garam, dan sisa potongan sayuran harus segera dibersihkan. Laplah meja dapur setelah digunakan agar sisa makanan atau sisa makanan tidak menumpuk dan menjadi sarang penyakit. Selain itu, sisa makanan juga bisa mengotori permukaan meja dapur. Gunakan cairan khusus pembersih meja dapur atau cairan antiseptik.

Hindari Menumpuk Cucian Piring


Mungkin sebagian dari Anda masih memiliki kebiasaan buruk menumpuk piring di tempat cucian. Kebiasaan ini sebaiknya tidak dilanjutkan karena dapat membahayakan kesehatan Anda. Setelah selesai memasak, cucilah peralatan yang kotor sesering mungkin. Begitu pula setelah makan. Jangan menumpuk piring kotor selama berhari-hari bahkan berminggu-minggu.

Kelelahan setelah bekerja seharian bisa menjadi alasan tidak ingin langsung mencuci piring. Kebiasaan buruk menumpuk piring dan gelas kotor hanya akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda, mulai dari sakit perut, diare, hingga kontaminasi bakteri.

Sterilkan Peralatan Memasak Dan Makan


Cara mensterilkan peralatan masak dan makan cukup mudah. Anda bisa mencuci peralatan dengan air bersih setelah dicuci menggunakan sabun cuci piring. Lalu segera keringkan dengan kain atau tisu bersih. Ingat, peralatan masak dan makan yang lembap bisa menimbulkan jamur dan bakteri.

Demikian ulasan artikel tentang Wah, Begini Cara Menjaga Rumah Agar Selalu Bersih Dan Rapi seperti yang dilansir alexistogel livedraw hongkong, Semoga bermanfaat.