Ini Dia Rutinitas Sehari-Hari Dengan Cara Menjaga Kebersihan Rumah
Membersihkan Rumah | Foto : Ruqyah Cirebon 

Ruqyah Cirebon - Ada beberapa Cara Menjaga Kebersihan Rumah yang bisa Anda mulai dari sekarang. Biasakan hidup sehat dimulai dari rumah. Sejumlah masyarakat mengeluh rumahnya tidak bersih dan rapi. Padahal ada sejumlah kebiasaan yang bisa dilakukan.

Kebiasaan yang dilakukan secara rutin ini tentu akan membuat Anda tidak kewalahan dalam menjaga kebersihan rumah. Anda harus membiasakan diri untuk selalu membersihkan rumah, dimulai dari hal sepele seperti membersihkan tempat tidur. Masih banyak rutinitas lain yang bisa dilakukan setiap hari, seperti menyapu, mengepel, dan lain-lain.

Jika Anda tidak memiliki asisten rumah tangga, Anda bisa mengajak anak dan pasangan Anda untuk membersihkan rumah, baik setiap hari maupun di akhir pekan. Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai beberapa cara menjaga kebersihan rumah. 

Beberapa Cara Menjaga Kebersihan Rumah

Merapikan Tempat Tidur 

Setelah Anda bangun, biasakan merapikan tempat tidur Anda. Jadikan ini kebiasaan dan cara menjaga kebersihan rumah. Saat pulang dari kantor atau aktivitas lainnya, Anda akan menemukan tempat tidur yang tertata rapi. Anda bisa segera beristirahat.

Menyapu Dan Mengepel Setiap Hari

Jangan remehkan kedua cara ini lho. Anda harus menyapu dan mengepel lantai setidaknya sekali sehari. Mungkin untuk menyapu bisa dilakukan lebih dari satu kali. Apalagi jika rumah Anda banyak penghuninya, ini cara mudah menjaga kebersihan rumah.

Kembalikan Barang Ke Tempatnya

Setelah Anda menggunakan suatu barang, misalnya gunting, Anda harus mengembalikannya ke tempat semula. Tak ada lagi cerita harus mencari gunting, pisau, serbet, kunci, dompet atau benda lainnya karena lupa atau menaruhnya di tempat lain.

Jangan Menumpuk Peralatan Makan Di Wastafel

Anda tidak perlu mencuci piring setiap kali makan. Hal ini bisa merepotkan Anda karena harus mencuci setiap kali seseorang selesai makan. Namun, jangan biarkan peralatan makan menumpuk di wastafel, ini juga salah satu cara menjaga kebersihan rumah. Caranya bisa dengan mencuci piring, gelas, sendok dan garpu setelah sarapan, makan siang, dan makan malam. 

Mencuci Peralatan Masak Setelah Memasak 

Setelah Anda memasak makanan untuk sarapan, makan siang atau makan malam, Anda harus segera mencuci semua peralatan makan. Jangan biasakan mencuci peralatan masak setelah memasak makan malam keesokan harinya.

Cuci Pakaian Setiap Hari

Biasakan mencuci pakaian setiap hari. Jadikan ini sebagai rutinitas sehari-hari agar pakaian tidak menumpuk. Jangan biarkan pakaian seluruh anggota keluarga menumpuk berhari-hari. Pakaian tersebut mengandung kotoran, debu, bakteri, dan lain-lain. Cara menjaga kebersihan rumah tentunya dengan memastikan tidak ada jamur pada pakaian yang kotor dan basah.

Menyimpan Sepatu Di Rak

Jangan biasakan masuk ke dalam rumah dengan menggunakan sepatu atau sandal dari luar rumah. Hal ini sama saja dengan mengundang penyakit dan kotoran masuk ke dalam rumah. Anda tidak tahu apakah Anda menginjak sesuatu di luar rumah. Lalu Anda bawa sepatu kotor ke dalam rumah.

Membersihkan Rumah Sebelum Tidur

Sesaat sebelum tidur, biasakan untuk memeriksa kembali seluruh rumah. Mungkin ada handuk yang terjatuh, sepatu yang diletakkan sembarangan, dan lain sebagainya. Begitu pula dengan pakaian kotor, piring yang menumpuk, dan lain sebagainya. Biasakan merapikannya sebelum tidur. Bisa jadi cara menjaga kebersihan rumah ini memang sulit, apalagi jika Anda tidak memiliki anggota rumah tangga, namun harus dilakukan.

Memiliki Tempat Sampah Di Dalam Rumah

Tak ada salahnya memiliki tempat sampah di dalam rumah. Namun, Anda harus membedakan sampah yang Anda masukkan ke dalamnya. Jika ada sisa makanan atau lainnya, segera buang ke tempat sampah depan rumah.

Miliki Rutinitas Untuk Membersihkan Rumah

Anda bisa mempunyai jadwal untuk membersihkan rumah secara rutin setiap hari. Anda bisa memulainya dari hal kecil. Misalnya, Anda hanya perlu membersihkan jendela di hari Senin, halaman di hari Selasa, kamar mandi di hari Rabu, dan lain sebagainya. Jadwal ini memudahkan Anda dalam menerapkan cara menjaga kebersihan rumah, tentunya akan sulit dilakukan tanpa adanya jadwal.

Melibatkan Anggota Keluarga Untuk Membersihkan Rumah

Biasakan untuk melibatkan anggota keluarga untuk membersihkan rumah. Pasangan bisa diajak untuk merapikan ruang kerja, garasi, halaman rumah, dan lain-lain. Anak dilibatkan dalam membersihkan kamar, merapikan mainan, merapikan pakaian kotor, bahkan merapikan meja makan.

Membersihkan Peralatan Kebersihan

Jangan anggap sepele membersihkan sapu, kain pel, kain lap, dan sebagainya. Anda ingin rumah Anda bersih, tetapi peralatan kebersihannya kotor. Oleh karena itu, Anda harus membersihkan sapu, kain pel, dan kain lap secara rutin. Jika memungkinkan, Anda menggantinya setelah sekian lama. Wah, ternyata menjaga kebersihan rumah itu mudah, biasakan hidup bersih dimulai dari rumah.

Demikian ulasan artikel tentang Ini Dia Rutinitas Sehari-Hari Dengan Cara Menjaga Kebersihan Rumah seperti yang dilansir bandar toto macau. Semoga bermanfaat.