Rekomendasi Tanaman Kolam Hias Indoor Yang Cocok Untuk Anda Pilih
Tanaman Kolam Hias | Foto : Ruqyah Cirebon 

Ruqyah Cirebon - Bagian rumah yang cukup penting adalah kolam. Sebagai tempat memelihara ikan, kolam merupakan salah satu sarana yang cukup baik untuk menghilangkan stres dan memulihkan mood. Meski ada juga cara lain untuk memelihara ikan, yaitu akuarium, namun fungsi kolam lebih luas. 

Apalagi jika menyatu dengan lingkungan atau ruangan, misalnya kolam hias indoor. Kolam dengan bentuk yang sederhana sangat banyak dijumpai di rumah-rumah masyarakat. Biasanya mereka menempatkan kolam di bagian luar rumah sebagai eksterior. Bahkan, kolam akan lebih memberikan efek reflektif jika dilihat jika diberi ornamen tertentu seperti dekorasi.

Ornamen yang sering digunakan sebagai penghias kolam bisa dari bahan batu alam, atau bisa juga dari bahan semen. Lalu jangan lupa sediakan tanaman atau air mancur untuk memberi kesan artistik. Seiring berjalannya waktu, kolam tidak hanya dibuat di luar rumah seperti aksesoris taman pada umumnya. 

Banyak yang beralih membuat kolam hias di dalam ruangan di rumahnya. Sehingga kesan cantik bisa Anda rasakan setiap kali bersantai di rumah. Sambil duduk di sofa, Anda akan merasakan kesegaran kolam dan suara air mancur. Nah disini kami akan memberikan beberapa contoh Tanaman Kolam Hias Indoor. 

Kolam Hias Indoor

Kolam hias indoor ini diciptakan sebagai langkah untuk membuat suasana di dalam rumah terasa sejuk dan asri. Jadi, pembuatan kolam ini tidak sembarangan. Sebab selain menambah kesejukan pada rumah, kolam juga digunakan sebagai interior ruangan. Beberapa hal yang harus diperhatikan saat ingin membuat kolam hias ini adalah letak kolam, jenis ikan yang sesuai dan ornamennya, mulai dari dekorasi kolam hingga tanaman. 

Sebelum membangun kolam renang indoor, perlu perencanaan yang baik agar ketika selesai memenuhi ekspektasi. Misalnya dalam memilih ikan untuk ditempatkan di kolam, haruslah ikan yang tahan terhadap kekurangan sinar matahari. Apalagi jika Anda menggunakan lantai granit untuk rumah mewah, tanaman yang mampu berbunga tentu akan membuat tampilan interior semakin indah.

Rekomendasi Tanaman Kolam Hias

Teratai

Tanaman yang pertama adalah tanaman teratai. Tumbuhan ini dikenal sebagai jenis tumbuhan yang hidup di air. Keindahannya tidak perlu diragukan lagi, daun tanaman jenis ini mampu mengembang di atas permukaan air dan memiliki diameter yang cukup lebar. Selain itu bunga yang dihasilkan juga sangat menawan dengan warnanya yang beragam.

Jika Anda memiliki tanaman jenis ini, Anda akan mendapatkan banyak manfaat. Bentuk daun dan bunganya yang indah akan memberikan keindahan dan kesegaran pada rumah. Dan daunnya yang lebar dapat menjadi tempat ikan berlindung dan berkembang biak.

Bunga Lili

Tanaman selanjutnya yang bisa Anda jadikan tanaman kolam hias indoor adalah bunga lili. Hal yang paling mengesankan dari tanaman ini adalah ia akan tumbuh lebih tinggi jika kekurangan sinar matahari. Tingginya tanaman tersebut dikarenakan tanaman sedang berusaha mencari sinar matahari untuk proses fotosintesis.

Hal lain yang akan Anda dapatkan saat menggunakan tanaman ini adalah bunga yang dihasilkan memiliki aroma yang harum. Selain itu, bunganya didominasi warna putih dan memiliki putik berwarna kuning yang bentuknya seperti lilin. Warna-warna cerah ini akan menghidupkan interior rumah Anda.

Lotus

Berikutnya adalah tanaman lotus. Jika Anda kurang puas dengan ukuran tanaman Teratai untuk kolam hias kesayangan Anda, maka Anda bisa memilih jenis tanaman ini. Pasalnya tanaman ini bisa tumbuh lebih besar dibandingkan tanaman teratai. Selain itu, ketika Anda memilih tanaman ini, Anda akan mendapatkan aroma harum yang cukup kuat. Dengan cara ini, kondisi ruangan akan terasa lebih natural. 

Selain itu, Anda juga bisa memilih warna bunga pada tanaman ini, karena ada berbagai macam bunga yang bisa muncul dari jenis tanaman yang sama. Anda tidak perlu lagi bingung mencari tips membuat taman indoor untuk mempercantik interior rumah Anda. 

Dengan beragam bunga yang bermekaran, keindahan tentu akan terwujud. Apalagi tanaman ini juga dikenal dengan nama lotus sehingga kemampuannya dalam hidup di air sudah tidak diragukan lagi.

Ganggang Rantai

Bagi Anda yang hanya ingin membuat kolam hias indoor berukuran kecil, tanaman ini bisa Anda manfaatkan. Tanaman ganggang rantai tidak memerlukan perawatan, karena secara alami akan hidup jika berada di dalam air. Beberapa ikan yang hidup di ekosistem ganggang rantai seperti Ikan Cupang, Ikan Guppy dan yang mempunyai tubuh kecil. 

Tak perlu khawatir jika ingin menambahkan air mancur, tanaman akan tetap hidup dengan baik. Namun yang harus dilakukan adalah sering meminumnya saat tanaman sudah banyak. Sebab tanaman ini sangat mudah tumbuh dan melimpah.

Bambu Air

Terakhir adalah jenis tanaman Bambu Air. Tanaman ini tidak jauh berbeda dengan tanaman bambu yang pada umumnya kita kenal. Namun bedanya tanaman Bambu Air untuk kolam ikan berukuran lebih kecil dan memiliki habitat hidup di dalam air.

Jika Anda mengaplikasikan jenis tanaman ini pada kolam kesayangan Anda, Anda bisa mengkreasikannya dengan jenis tanaman lainnya. Sehingga Anda akan mendapatkan kesan kolam layaknya danau dengan kombinasi tanaman pilihan yang dibalut dengan sentuhan seni.

Demikian ulasan artikel tentang Rekomendasi Tanaman Kolam Hias Indoor Yang Cocok Untuk Anda Pilih seperti yang dilansir bandar toto macau. Semoga bermanfaat.