Yuk Kenali Beberapa Alasan Mengapa Anda Harus Beralih Ke Cloud VPS
Cloud Vps | Foto : Ruqyah Cirebon 

Ruqyah Cirebon - Website merupakan situs yang masih populer digunakan baik oleh UKM maupun perusahaan. Website dinilai efektif sebagai media promosi produk. Agar dapat berjalan dengan baik, sebuah website perlu menggunakan hosting. 

Namun, jika trafik di website meningkat secara bersamaan, maka shared hosting tidak lagi direkomendasikan. Jadi, mengapa Anda harus beralih ke Cloud VPS? Simak artikel berikut ini.

Cara Kerja VPS

Singkatnya, cara kerja Cloud VPS adalah dengan memvirtualisasikan server fisik. Kemudian virtualisasi yang terjadi secara otomatis akan mengisolasi sumber daya komputasi dari server. Selanjutnya akan diteruskan ke beberapa server virtual. Misalnya ada server fisik yang memiliki resource 8 core CPU dan RAM 8 GB. 

Nantinya akan langsung divirtualisasikan menjadi 8 server virtual dengan sumber daya komputasi masing-masing 1 core CPU dan RAM 1 GB. Hal inilah yang membuat pengguna dalam operasionalnya berbagi server yang sama namun dengan sumber daya yang terisolasi sehingga hanya dapat digunakan oleh pengguna saja.

Anda sebagai pengguna juga diberikan kebebasan untuk menambahkan fitur atau aplikasi sebagai komponen pendukung pada website Anda. Namun hal ini disesuaikan terlebih dahulu dengan ruang yang ada. Jika Anda ingin menggunakan VPS secara maksimal, pastikan Anda memiliki keahlian teknis terlebih dahulu.

Alasan Kenapa Anda Harus Beralih Ke Cloud VPS

Lonjakan Trafic Yang Tinggi

Seperti yang sudah disebutkan di atas, faktor utama yang membuat sebuah website tidak bisa berjalan maksimal adalah kapasitas trafiknya yang terbatas. Hal ini biasanya terjadi pada website yang dibuat untuk bisnis seperti toko online. Misalnya, awalnya pengunjung website Anda hanya berjumlah ratusan. 

Karena promosi Anda berhasil, otomatis akan menarik minat pengunjung terhadap website Anda. Tentu saja mempengaruhi jumlah kunjungan. Awalnya pengunjungnya hanya ratusan, namun suatu saat bertambah menjadi ribuan. 

Oleh karena itu website sudah tidak mampu lagi menampung trafik tersebut dan memerlukan pembaharuan agar kapasitas, sumber daya dan sumber dayanya menjadi lebih besar. Solusi yang tepat adalah dengan beralih menggunakan VPS.

Kebutuhan Kustomisasi Server

Berikutnya alasan mengapa Anda harus beralih ke layanan VPS adalah perlunya kustomisasi server yang perlu diperbarui. Pengunjung suatu website bisa dikatakan aktif jika sering mengunjungi website Anda secara terus menerus. Anda dapat menganalisisnya dengan tools, berapa banyak trafik yang mengunjungi website. Seperti google analitik dll.

Kemudian, pengunjung juga bisa dikatakan masif jika tidak ada kunjungan ke website Anda dalam jangka waktu yang lama. Jadi, sebaiknya pelajari kedua hal ini terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk bermigrasi ke layanan VPS. 

Memerlukan Akses Kontrol Penuh Website

Selain perlunya kustomisasi server yang harus disesuaikan. Seperti yang kita ketahui, dengan shared hosting pengguna tidak mendapatkan akses kendali penuh terhadap server website. Karena semuanya diatur oleh penyedia layanan.

Jika Anda ingin memiliki kendali penuh atas situs web Anda, Anda dapat beralih ke layanan VPS. Pada layanan ini, pengguna diberikan kebebasan untuk mengatur server website dan jenis control panel yang ingin digunakan. 

Memerlukan Kapasitas Penyimpanan Yang Besar

Semakin banyak pengunjung website Anda, semakin besar pula ruang penyimpanan data yang dibutuhkan. Biasanya pemilik website menyediakan form data pengunjung sebagai databasenya untuk diisi. Data ini otomatis memakan sejumlah ruang penyimpanan. Jika pengunjungnya ribuan, kapasitas tersebut tidak cukup untuk menampungnya.

Dengan layanan ini, Anda bebas mengatur sendiri kebutuhan kapasitas penyimpanan data Anda. Jika pengunjungnya banyak, Anda bisa mengupgrade kapasitas penyimpanannya. Sebaliknya jika pengunjungnya sedikit, Anda bisa melakukan downgrade lagi.

Memerlukan Keamanan Data 

Keamanan data dari pengunjung website Anda merupakan faktor yang sangat penting. Jika website yang Anda kelola adalah toko online, kemungkinan ribuan data pelanggan akan tersimpan di dalamnya. Jadi, sebagai pengelola website yang bertanggung jawab, Anda harus memperhatikan agar data tersebut tidak bocor ke publik. Caranya adalah dengan menambahkan fitur keamanan lainnya.

Anda bisa mendapatkan fitur ini jika beralih ke layanan VPS. Dilengkapi dengan fitur keamanan yang canggih dengan protokol SSL di dalamnya. Jadi memiliki kedua fitur ini memberikan rasa aman kepada pengunjung website Anda.

Membutuhkan Layanan Backup Server

Yang tak kalah penting, layanan backup server perlu menampung ribuan data pelanggan. Karena masalah kebocoran data bisa terjadi kapan saja, maka untuk mengantisipasi kehilangan data secara permanen maka diperlukan layanan backup server. Hal ini berlaku bagi pengunjung website yang sekaligus memiliki traffic tinggi.

Jika Anda menggunakan layanan VPS sebagai pengelola situs web, Anda diberikan layanan pencadangan otomatis. Anda dapat mengaturnya sesuai keinginan Anda secara harian, mingguan, atau bulanan. Dan data cadangan disimpan di server lain, sehingga tidak perlu khawatir data akan hilang secara permanen.

Kinerja Website Menjadi Lambat

Alasan terakhir mengapa Anda harus segera bermigrasi ke layanan VPS adalah kinerja website yang semakin lambat. Biasanya hal ini bisa terjadi karena lonjakan trafik yang tinggi membuat website yang belum menggunakan VPS tidak mampu menampung data pelanggan. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan data pelanggan dengan memperluas kapasitas dan resource website menjadi lebih besar dengan VPS.

Demikian ulasan artikel tentang Yuk Kenali Beberapa Alasan Mengapa Anda Harus Beralih Ke Cloud VPS seperti yang dilansir alexistogel toto macau, Semoga bermanfaat.