Wah Ternyata Begini Cara Mudah Mengatasi Layar HP Bergaris
Layar Hp Bergaris | Foto : Berbagai Sumber 

Ruqyah Cirebon - HP merupakan benda penting dalam kehidupan sehari-hari. Di era digital saat ini, menggunakan ponsel sudah menjadi kebutuhan primer bagi hampir semua orang. Namun penggunaan ponsel secara terus-menerus terkadang mendatangkan masalah pada kesehatan ponsel Anda. Misalnya, sebuah garis muncul di layar.

Cara Mengatasi Layar HP Bergaris terkadang membuat Anda kesal dan bingung. Layar HP yang bergaris horizontal atau vertikal tentu sangat mengganggu. Cara mengatasi layar hp bergaris horizontal umumnya tidak jauh berbeda dengan layar hp bergaris vertikal. 

Begitu juga mengenai cara mengatasi layar hp yang ada garis putih. Sebab, masalah layar HP yang bergaris ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Entah itu faktor dari hardware HP, ataupun masalah yang berasal dari software HP.

Penyebab Layar HP Bergaris

Ada Sistem Error

Penyebab lain yang bisa menyebabkan munculnya garis-garis di layar ponsel Anda adalah kesalahan sistem. Kesalahan sistem HP biasanya bereaksi dengan menampilkan bug sistem berupa garis-garis halus seperti rambut atau terkadang layar berkedip. 

Masalah error sistem ini sendiri biasanya terjadi pada hp yang sudah di root atau hp rakitan. Adapun cara mengatasi layar hp bergaris akibat kesalahan sistem, umumnya memerlukan teknik tertentu.

Layar Tertimpa Benda Berat

Saat ponsel mengalami tekanan kuat atau tertimpa benda berat, garis putih atau garis berwarna neon mungkin muncul di layar. Selain itu, hal ini juga dapat menyebabkan layar ponsel berkedip dan bergetar. Hal ini umumnya terjadi ketika Anda sembarangan meletakkan ponsel di atas tempat tidur, lalu tanpa sengaja mendudukinya.

Cara Mengatasi Layar HP Bergaris

Restart HP

Cara mengatasi layar hp bergaris pertama yang bisa anda coba adalah dengan melakukan restart hp anda, kemudian dilanjutkan dengan mengaktifkan penggunaan safe mode. Fungsi dari penggunaan safe mode adalah untuk melacak kinerja sistem operasi dan menemukan diagnosis jika terdapat masalah pada sistem operasi. 

Dengan mengaktifkan safe mode, jika terdapat retakan atau garis pada layar pada software, maka sistem akan langsung mengirimkan sinyal atau notifikasi. Jika menu pop up tersebut tidak Anda temukan, maka Anda bisa mencari cara yang sesuai dengan versi ponsel Anda. Karena biasanya tipe ponsel berbeda-beda dan sistem operasinya berbeda-beda, maka cara mengaktifkan fitur safe mode juga akan berbeda-beda.

Perbaiki Layar HP Bergaris Dengan Opsi Developer

Cara mengatasi layar hp bergaris lainnya yang bisa Anda pilih adalah dengan menggunakan opsi developer. Opsi developer atau developer options merupakan sebuah halaman dimana pada halaman ini anda dapat mengatur settingan ponsel anda secara lebih lengkap dan detail. 

Di halaman opsi pengembang ini juga terdapat pengaturan Show Pointer Location yang bisa Anda nonaktifkan untuk membantu Anda menghilangkan garis-garis halus, horizontal, dan vertikal di layar ponsel.

Tekan Permukaan Layar Ke Bawah

Jika cara mengatasi layar hp bergaris di atas masih belum berhasil, maka tekan permukaan layar ke bawah. Cara ini bisa Anda lakukan jika hasil diagnosa menunjukkan bahwa kerusakan atau gangguan pada layar ponsel Anda berasal dari faktor luar atau perangkat keras.

Cara manual ini bisa Anda lakukan dengan menekan permukaan layar ponsel ke bawah secara perlahan dan intens menggunakan ujung jari. Lakukan hal tersebut berulang kali hingga garis-garis pada layar ponsel anda hilang.

Cek Soket Layar HP

Alternatif cara mengatasi layar hp bergaris selanjutnya adalah dengan mengecek kondisi soket layar hp. Nah untuk mengeceknya bisa dilakukan sendiri di rumah jika sudah mempunyai pengetahuan khusus tentang elektronika. Namun jika ragu, Anda bisa menyerahkannya ke bengkel ponsel terdekat. Nantinya, teknisi elektronik akan membongkar ponsel untuk menemukan soket layarnya lalu memperbaikinya.

Cek Casing HP

Hal lain yang dapat menyebabkan munculnya garis-garis pada layar ponsel adalah kerusakan hardware. Salah satu hardware yang mungkin mempunyai pengaruh adalah casing ponsel itu sendiri. Oleh karena itu, ketika Anda menemukan garis-garis pada layar ponsel, Anda bisa mengecek terlebih dahulu casing ponselnya dan pastikan casing ponsel sudah terpasang dengan benar dan tidak kendor.

Bongkar HP

Hal berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan segera membongkar ponsel Anda untuk mengetahui secara pasti letak masalahnya dan penyebab garis-garis pada layar ponsel tersebut. Dengan cara ini, kamu bisa mengetahui penyebab layar HP kamu bergaris secara pasti, bukan hanya sekedar menebak-nebak.

Cara mengatasi layar hp bergaris dengan cara membongkar hp tentunya membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Mulai dari melepas casing hingga mengecek komponen di dalamnya. Jika Anda ragu dengan cara ini, maka Anda bisa meminta bantuan ahli atau teknisi.

Ganti Layar LCD Yang Baru Dan Pastikan Original

Cara mengatasi layar hp bergaris ketika semua cara di atas tidak bisa membantu hp anda adalah dengan mengganti LCD hp dengan yang baru. Kemungkinan LCD HP rusak dan tidak bisa diperbaiki. Kemudian saat mengganti LCD ponsel Anda dengan yang baru, pastikan Anda memilih LCD yang asli agar lebih tahan lama dan terhindar dari berbagai macam gangguan seperti garis-garis pada layar.

Demikian ulasan artikel tentang Wah Ternyata Begini Cara Mudah Mengatasi Layar HP Bergaris seperti yang dilansir sbobet. Semoga bermanfaat.