Penyebab Dan Cara Mudah Mengatasi Komputer Mati Sendiri
Laptop Mati Sendiri | Foto : Ruqyah Cirebon 

Ruqyah Cirebon - Meski tergolong salah satu teknologi canggih yang ada saat ini, komputer atau yang biasa dikenal dengan akronim PC (personal computer) memiliki banyak kelemahan. Kelemahan tersebut akan muncul jika pengguna tidak memperhatikan kondisi kesehatan perangkat ini.

Tanpa perawatan yang rutin dan optimal, penggunaan yang berlebihan dapat menjadi faktor pendorong terjadinya kerusakan pada beberapa sistem di komputer. Salah satu permasalahan yang muncul dari kedua faktor tersebut adalah komputer sering mati sendiri secara tiba-tiba saat digunakan. Bagi sebagian orang, masalah ini dianggap sangat serius karena dapat mengganggu aktivitas saat menggunakan komputer.

Namun bagi Anda yang mengalami hal tersebut tidak perlu khawatir, karena kali ini kami akan membahas penyebab dan cara mengatasi komputer sering tiba-tiba mati dengan sangat detail. Lantas, apa saja penyebab Komputer Mati Sendiri dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk simak informasinya berikut ini.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Komputer Mati Sendiri


Processor Overheating


Penyebab komputer mati sendiri yang pertama adalah karena processor terlalu panas. Jika hal ini terjadi maka harus segera diatasi agar masalahnya tidak terlalu parah dan perangkat tidak mati total. 

Penyebab processor overheat sendiri terjadi jika processor tidak dipasang pada tempatnya, cooler atau pendingin banyak terdapat debu sehingga menghambat sirkulasi udara pada komputer, dan bisa juga karena thermal paste processor tidak pernah diganti. Ketiga hal ini akan menyebabkan prosesor menjadi panas dan komputer mati sendiri. Cara mengatasinya adalah:

  • Periksa posisi processor dan pendingin dengan membongkar komputer
  • Jika salah satu dari dua perangkat keras tersebut tidak berada pada tempatnya, pastikan untuk memperbaiki posisinya.
  • Selain kedua cara di atas, pastikan juga masuk ke BIOS untuk memeriksa dan mengatur panas kipas
  • Jika ketiga cara tersebut tidak berhasil, maka cobalah mengganti thermal paste dan usahakan untuk menggantinya secara rutin. 

VGA Card Yang Rusak


VGA Card yang rusak bisa ditandai dengan hang atau komputer tiba-tiba restart sendiri. Mirip dengan penyebab komputer mati sendiri yang pertama, penyebab yang satu ini juga tidak boleh dianggap remeh. Tanda yang akan muncul jika VGA card rusak adalah layar blank padahal perangkat lain dalam keadaan hidup. Cara mengatasinya adalah:

  • Bongkar komputer untuk memeriksa kondisi VGA card

  • Bersihkan area sekitar VGA card

  • Nyalakan komputer, dan masuk ke menu BIOS untuk menonaktifkan VGA on-board
  • Jika gejala kerusakan masih ada, maka kartu VGA harus diganti, dan disarankan untuk mengganti VGA card tersebut ke tempat servis komputer.

VGA Card sendiri mempunyai fungsi yang sangat penting dalam komputer, oleh karena itu perlu perawatan khusus dan jangan menganggap remeh tanda-tanda kerusakan sekecil apapun.

RAM Yang Rusak


Jika RAM rusak, maka komputer akan mati total. Wah, serius sekali ya? Oleh karena itu, kondisi RAM harus tetap dijaga kebersihannya agar tidak mudah rusak dan menghindari komputer mati total. Nah, untuk mengetahui penyebab RAM rusak adalah dengan menggunakan RAM lain.

Jika komputer menyala menggunakan RAM baru, maka otomatis penyebab komputer mati sendiri terletak pada RAM tersebut. Ada beberapa penyebab yang mendukung kerusakan RAM yaitu kotor, overlocking, dan juga tegangan listrik yang masuk ke motherboard tidak stabil terus menerus. Namun tidak perlu terlalu khawatir, karena kita juga bisa menghemat kondisi RAM dengan cara berikut ini.

  • Bersihkan RAM menggunakan penghapus pensil, salah satu yang terpenting jangan lupa membersihkan pin RAM. Anda juga bisa menggunakan sandal karet
  • Jika dengan cara pertama komputer masih tidak mau menyala, maka gantilah RAM-nya dan jangan lupa untuk selalu rutin menjaga kesehatan RAM.

Namun sebelum mengganti RAM, pastikan RAM baru tersebut sesuai dengan perangkat dan kompatibel dengan motherboard. Dan pastikan juga perangkat yang Anda gunakan memiliki RAM multi slot atau tidak. RAM sendiri berfungsi sebagai tempat menyimpan seluruh memori yang digunakan pada saat komputer hidup, sehingga tidak heran jika RAM rusak akan menghambat kinerja komputer dan menyebabkan mati total.

Listrik Yang Tidak Stabil


Penyebab ini tidak memberikan dampak yang berarti pada komputer, namun pada beberapa kasus juga menjadi penyebab komputer mati sendiri. Hal ini terjadi ketika lonjakan listrik yang tidak stabil mengakibatkan kondisi komputer tidak stabil. Cara mengatasinya adalah:

  • Periksa kondisi kelistrikan di rumah, perusahaan, atau di tempat lain
  • Apabila diketahui kelistrikan tidak stabil, maka cobalah untuk menambahkan stabilizer agar kondisi kelistrikan stabil dan tidak berubah secara tiba-tiba.

Tegangan listrik sangat berpengaruh, karena jika tegangan rendah maka komputer tidak akan menyala dan tampilan layar komputer akan berwarna hitam seperti hang. Jika tegangan listrik menjadi penyebab komputer mati sendiri maka hal tersebut tidak boleh dibiarkan begitu saja. Jika kondisi ini terus berlanjut maka akan menjalar hingga kerusakan pada VGA, power supply dan harddisk.

Demikian ulasan artikel tentang Penyebab Dan Cara Mudah Mengatasi Komputer Mati Sendir seperti yang dilansir alexistogel resmi, Semoga bermanfaat.