Apa Itu Virtual Machine? Yuk Simak Penjelasannya Sekarang Juga
Virtual Machine | Foto : Ruqyah Cirebon 

Ruqyah Cirebon - Perkembangan teknologi cloud server membuat kita sering mendengar istilah Virtual Machine. Saat ini mesin virtual merupakan salah satu teknologi yang banyak digunakan oleh website dan perusahaan besar yang beralih ke cloud computing. Virtual machine memungkinkan Anda melakukan semua proses yang memerlukan sistem operasi dengan cepat dan mudah.

Virtual machine memungkinkan Anda menjalankan sistem operasi virtual pada perangkat keras, bersama dengan sistem operasi asli perangkat. Apa sebenarnya virtual machine itu? Apa saja jenis dan manfaatnya bagi website atau bisnis Anda? Simak ulasan berikut ini. 

Apa Itu Virtual Machine?


Virtual Machine adalah perangkat lunak berbentuk sistem operasi virtual yang memungkinkan Anda menjalankannya seperti komputer fisik nyata dengan fitur dan fungsi yang lengkap. Biasanya Virtual Machine disingkat VM. Meski berjalan secara virtual, Anda tetap bisa melakukan berbagai aktivitas seperti membuat file, menginstal aplikasi, menjalankan software, mengupdate sistem, dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan hypervisor, maka Anda dapat menginstal beberapa VM dan menjalankannya secara bersamaan di satu hardware. Itu sebabnya banyak orang menggunakan teknologi VM dalam komputasi awan. 

VM memudahkan kita menjalankan beberapa sistem sekaligus karena setiap OS yang terpasang di dalamnya memiliki fungsinya masing-masing dan dapat bekerja secara terpisah tanpa saling mengganggu.

Cara Kerja Virtual Machine


Virtual machine memiliki cara kerja yang sederhana sehingga Anda bisa memahami dengan cepat. Ketika Anda membuka VM, maka akan berjalan di hypervisor seperti aplikasi OS pada perangkat fisik pada umumnya. VM adalah OS virtual yang memiliki berbagai file kunci seperti sistem operasi biasa. Di dalamnya terdapat file log, file konfigurasi, dan disk virtual.

Pada sebuah server, agar Virtual Machine dapat berjalan dengan lancar maka harus menggunakan software yang bernama Hypervisor. Hypervisor bertugas berbagi sumber daya dari komputer fisik ke berbagai VM yang berjalan di perangkat. Tanpa hypervisor, VM tidak akan dapat berjalan tanpa mengganggu kinerja satu sama lain.

Jenis Virtual Machine


Selain mengenal mesin virtual, Anda pasti ingin mengetahui apa saja jenis-jenis teknologi tersebut. Berikut 2 jenis VM beserta penjelasannya.

Virtual Machine System


Jenis mesin virtual yang pertama adalah Virtual machine system. Jenis ini memungkinkan VM menggantikan kinerja komputer fisik karena sepenuhnya tervirtualisasi. Sebuah sistem mesin virtual mampu memenuhi kebutuhan berbagi sumber daya dari satu komputer host ke beberapa VM di dalamnya. 

Selanjutnya VM dapat berjalan secara mandiri. Proses virtualisasi semacam ini sangat bergantung pada kinerja hypervisor. Sistem VM paling banyak digunakan untuk komputasi awan dan proses virtualisasi VPS. 

Process Virtual Machine


VM jenis ini memungkinkan satu OS untuk beroperasi sebagai aplikasi utama pada perangkat host. VM ini biasanya banyak digunakan oleh pengembang atau analis keamanan untuk menguji lingkungan di berbagai sistem operasi.

VM jenis ini dapat menyembunyikan informasi dari OS asli pada perangkat keras. Jadi, tampilan dan kegunaan perangkat dapat diubah sepenuhnya dengan cepat dan mudah sesuai kebutuhan Anda. Contoh VM proses adalah Java VM yang berfungsi membuat OS apapun bisa menjalankan aplikasi Java.

Manfaat Virtual Machine


Perkembangan virtualisasi VPS membuat banyak orang memanfaatkan VM. Setelah membahas pengertian dan jenisnya, kali ini Anda akan paham apa saja manfaat VM.

Menguji Kelayakan OS Atau Aplikasi


Dalam proses pengembangan perangkat lunak, pengujian aplikasi merupakan langkah penting yang tidak bisa Anda lewati begitu saja. Dengan beragamnya perangkat yang ada saat ini, Anda tentu ingin menguji aplikasi di berbagai lingkungan untuk memastikan aplikasi tersebut dapat berjalan dengan baik atau tidak. Manfaat VM adalah memudahkan pengembang dalam melakukan hal tersebut.

Menguji aplikasi menggunakan VM juga lebih aman. Karena jika terdapat malware, trojan, dan ransomware pada aplikasi yang Anda uji, maka yang terinfeksi hanyalah OS pada VM tersebut, bukan OS asli perangkat tersebut.

Memperbarui OS


Terlalu sering memperbarui OS pada suatu perangkat dapat merusak sistem disk dan mengancam keamanan data yang tersimpan di dalamnya. Jika sistem disk mengalami kerusakan, perangkat yang Anda gunakan tentu tidak akan dapat berjalan dengan baik juga.

Keunggulan virtual machine yang kedua adalah teknologi ini memudahkan Anda dalam melakukan update OS tanpa harus khawatir akan masalah gagal update seperti blue screen, dll. Dengan VM, Anda dapat melihat gambaran umum saat melakukan update OS tanpa harus untuk merusak OS asli.

Mendukung Virtualisasi


Manfaat lain dari virtual machine adalah mengaktifkan virtualisasi server. Dengan mesin virtual, kita dapat mengoptimalkan semua fungsi sehingga komputer host dapat menjalankan beberapa sistem operasi virtual dengan kinerja serupa dengan komputer fisik sebenarnya. Selain itu VM juga dapat mendukung virtualisasi desktop sehingga kita bisa mendapatkan gambaran umum mengenai OS dan aplikasi yang sedang berjalan.

Saat ini, dengan berkembangnya cloud computing, semakin banyak perusahaan dan organisasi yang menggunakannya untuk keperluan bisnisnya. Tidak hanya untuk bisnis, VM juga berguna bagi Anda yang berprofesi sebagai developer atau webmaster.

Demikian ulasan artikel tentang Apa Itu Virtual Machine seperti yang dilansir alexistogel slot thailand, Semoga bermanfaat.