Fakta Menarik dari Budaya Tionghoa
Budaya Tionghoa | Foto : Ruqyah Cirebon 

Ruqyah Cirebon - Budaya Tionghoa membentang di seluruh dunia melalui populasi dan pengaruh Tionghoa perantauan, tetapi masih bisa tampak sebagai budaya yang sangat berbeda dan misterius. Berikut adalah beberapa fakta menarik yang akan membantu Anda memahami budaya Tionghoa.

Cina Sangat Dipengaruhi oleh Konfusianisme

Konfusianisme sangat menekankan pada otoritas, rasa hormat terhadap keluarga dan keharmonisan sosial. Ini merupakan filosofi nasional, tetapi juga merupakan sistem kepercayaan agama. Bahkan lebih dari 2500 tahun kemudian, kepercayaan Konfusianisme masih tertanam dalam etika Budaya Tionghoa dan agama, ini dapat dilihat saat bepergian di Tiongkok.

Cina adalah "Kerajaan Tengah"

Bahasa Cina untuk Cina, Zhōngguó, dapat diterjemahkan sebagai Kerajaan Tengah, yang mencerminkan pandangan dunia Cina kuno bahwa Cina adalah pusat dunia. Hal ini menyebabkan penolakan angkuh terhadap perdagangan luar negeri, kemudian kekalahan militer oleh Eropa, dan perjanjian paksa, menandai berakhirnya era kekaisaran.

Orang-orang China sangat bangga dengan sejarah panjang dan budaya mereka yang dalam, yang mungkin Anda perhatikan dalam perjalanan Anda ketika Anda berkomunikasi dengan orang-orang China dan mengunjungi tempat-tempat wisata, yang sering kali memiliki tanda-tanda untuk menekankan pentingnya mereka dalam sejarah global.

Ada Penekanan Besar Pada Keluarga

Pernikahan, keluarga, dan anak-anak semuanya sangat penting, dan sebagian besar kehidupan keluarga Cina hanya berkisar pada anak-anak bungsu. Kakek-nenek cenderung tinggal bersama anak-anak mereka bahkan setelah mereka menikah dan memiliki anak sendiri, dan anak-anak diharapkan untuk merawat orang tua mereka setelah mereka menikah dan bekerja. Ketika saatnya merayakan festival tradisional, pertemuan keluarga adalah kuncinya.

Ping Pong Adalah Olahraga Paling Populer di Cina

Ping pong, juga dikenal sebagai tenis meja, adalah olahraga amatir paling populer di Tiongkok, dengan sekitar 300 juta pemain pingpong reguler. Bola basket, bola voli, dan bulu tangkis lebih populer di kalangan anak muda Tiongkok saat ini, tetapi tenis meja tetap menjadi nomor satu seiring bertambahnya populasi lansia.

Ketua Mao menjadikan pingpong sebagai olahraga nasional pada 1950-an, sebagai sarana untuk mengembalikan kebanggaan nasional dan memfasilitasi hubungan internasional. Ini menjelaskan mengapa China selalu tampil baik di turnamen pingpong global. Ini juga menjelaskan mengapa banyak lingkungan di Cina memiliki meja pingpong umum, karena orang Cina suka bermain olahraga bersama di luar.

Apa Saja Fakta Menarik dari Budaya Tionghoa?

Kaligrafi Cina Adalah Bentuk Seni yang Dihormati

Di Cina, kaligrafi itu sendiri adalah bentuk seni tradisional yang dihormati dan dipraktikkan secara luas, yang juga menyebabkan berkembangnya banyak bentuk seni Cina lainnya. Contohnya termasuk segel ukiran, pemberat kertas berornamen, dan batu tinta. Kaligrafi di China memiliki banyak kategori berbeda, yang dapat Anda pelajari melalui perjalanan Anda melalui China.

Kung fu Cina Dapat Ditelusuri Kembali ke Masyarakat Kuno

Kung fu Cina dapat ditelusuri kembali ke masyarakat kuno, ketika orang menggunakan gada untuk melawan binatang liar, yang secara bertahap berubah menjadi bentuk pertahanan diri dan berburu. Belakangan, kung fu berkembang menjadi sejenis seni bela diri, yang digunakan untuk melatih tentara dan meningkatkan moral mereka sebelum perang (pada saat terjadi berbagai pertempuran memperebutkan tanah dan filsafat.

Teh Bisa Menunjukkan Status Sosial Anda di China

Teh adalah minuman nasional Tiongkok, dan dalam budaya teh tradisional Tiongkok, cara Anda minum teh, dan teh apa yang Anda minum, dapat menunjukkan status sosial Anda. Saat ini, minum teh saat pengunjung datang adalah cara khas untuk menyambut pengunjung. Upacara minum teh atau kunjungan ke kedai teh juga bisa menjadi cara penting untuk menyelesaikan transaksi bisnis.

Han Adalah Mayoritas, dan Secara Resmi China Memiliki 55 Minoritas

Pemerintah Cina secara resmi mengakui 56 kelompok etnis di Cina, tetapi kelompok etnis Han adalah yang paling umum (diperkirakan 92 persen dari total penduduk Cina). Setiap etnis minoritas memiliki adat istiadat, bahasa, budaya, pakaian, bahasa, dan banyak lagi. Bepergian ke tempat-tempat seperti Guangxi atau Yunnan akan memberi Anda wawasan tentang kelompok-kelompok yang berbeda ini, yang semuanya memiliki budaya yang berbeda.

Festival Tradisional Tiongkok Merupakan Sebuah Kunci dari Budaya Tiongkok

Festival yang paling penting termasuk Festival Tahun Baru Imlek, Festival Lentera, Festival Sapu Makam Qingming, Festival Perahu Naga, dan Festival Pertengahan Musim Gugur.

Kue Keberuntungan Tidak Ada di Cina tapi Makanan Memang Ada

Anda mungkin terkejut menemukan ini, tetapi kue keberuntungan bukanlah barang di China. Namun, Cina jelas merupakan budaya makanan. Orang Cina makan berbagai macam makanan, banyak di antaranya memiliki makna simbolis. Makanan sering menjadi sorotan festival, dan hal pertama yang ditanyakan banyak orang Cina adalah "Apakah kamu sudah makan?". 

Itulah beberapa fakta menarik dari Budaya Tionghoa seperti yang dilansir link alexistogel, semoga bermanfaat.