Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Keycaps Universal
keycaps | Foto : Ruqyah Cirebon 

Ruqyah Cirebon - Memodifikasi keycaps Anda adalah salah satu cara terbaik yang bisa Anda lakukan pada sebelumnya untuk menambah variasi dan memberikan tampilan baru yang keren pada keyboard Anda. Selain itu, Anda juga hanya perlu menemukan keycaps yang sempurna dan menukarnya. Namun, penting untuk mengetahui apakah Anda harus mendapatkan keycaps yang dapat disesuaikan atau bersifat universal.

Apakah Keycaps Universal?

Keycaps tidak bersifat universal karena keyboard memiliki ukuran, profile, desain, dan bentuk berbeda. Ukuran keyboard menentukan ukuran dari setiap tombol dan ruang di mana tombol tersebut disusun. Batang dan stabilisator adalah faktor kunci lainnya yang akan menentukan bentuk dan ukuran keycaps. Anda dapat menemukan keycaps keyboard jika rusak atau ingin menyesuaikannya. Beberapa keycaps purnajual cocok dengan beberapa desain keyboard dengan tampilan dan ukuran tombol yang standar.

Apa yang Membuat Keyboard dan Keycaps Unik?

Produsen keyboard yang ada saat ini bersaing untuk menawarkan keyboard unik dan ergonomis agar menonjol dan menawarkan pengalaman pengguna terbaik. Selain itu, mereka memiliki fitur estetika yang menjadikan keycaps unik. Berikut ini adalah faktor utama yang membuat keycaps tidak universal:

Tampilan Tombol Keycaps 

Tampilan Tombol Keycaps ini menentukan estetika dan ergonomis keyboard dengan mengatur keycaps dalam bentuk dan ketinggian tertentu. Saat melihat keyboard ke samping, Anda dapat melihat pola pada susunan keycaps. Beberapa keyboard memiliki desain datar, sementara yang lainnya memiliki tampilan terpahat untuk memberikan tampilan dan nuansa unik. Tampilan terpahat melibatkan baris dengan desain dan ketinggian berbeda agar pengguna dapat merasakan dan mengenali tombol dengan nyaman.

Desain satu ini memiliki susunan khusus keycaps yang datar, bersudut, membulat, atau cekung agar bisa menciptakan bentuk keseluruhan yang terasa paling nyaman bagi jari Anda saat mengetik. Tampilan Tombol Keycaps ini mempengaruhi ketebalannya, yaitu tingginya dan bisa tinggi, sedang, dan rendah. Berdasarkan bentuknya, Anda juga akan dapat menemukan lima Tampilan Tombol Keycaps di pasaran.

SA

Keycaps SA (Spherical All) memiliki tampilan yang tinggi, dengan tombol yang tinggi akan memungkinkan kemungkinan yang jauh lebih besar. Meskipun desain sebelumnya seragam, namun tipe keycaps SA modern telah hadir dalam bentuk semi-silinder. Desain cekung pada setiap tuts tetunnya menciptakan tempat istirahat yang nyaman untuk jari dan memberikan tampilan vintage pada keyboard miolik Anda.

OEM

Kebanyakan keyboard modern memiliki tampilan OEM yang menampilkan keycaps bersudut dan bentuk terpahat yang akan menjadikannya sangat ideal untuk sebagian besar tugas mengetik. Banyak produsen menawarkan keyboard stok mereka dengan keycaps OEM, menjadikannya tampilan yang paling umum. 

Tinggi tutsnya sekitar 12mm, dengan sisi depan tuts lebih tinggi dari sisi belakang, sehingga bagian atasnya miring. Namun, desain pahatannya tidak begitu terlihat seperti tampilan SA. Selain itu, karena diproduksi secara massal dan digunakan oleh banyak produsen, seperti Razer, Corsair, dan Logitech ini.

Cherry

Cherry ini sendiri adalah yang paling mirip dengan OEM, dengan keycaps yang terpahat namun memiliki tapilan jauh lebih pendek. Satu-satunya perbedaan antara tampilan Cherry dan OEM adalah tampilan Cherry memiliki bentuk yang tidak terlalu halus, sehingga memberikan desain yang lebih ergonomis. Ini juga populer dan ini cocok untuk para gamer dan mereka yang menginginkan efisiensi dan produktivitas.

Datar

Anda dapat melihat keycaps datar di sebagian besar keyboard laptop. Mereka memiliki permukaan yang datar dan tidak terpahat, memberikan tekstur yang seragam. Ini sempurna bagi yang menginginkan desain kreatif untuk keyboard, karena menawarkan berbagai opsi penyesuaian. Jenis tampilan datar dan seragam yang paling umum adalah tampilan DSA, yang memiliki keycaps setinggi 7,6 mm. Namun, bentuknya tidak rata seperti keycaps laptop karena bagian atasnya cekung namun bentuknya seragam.

Batang dan Stabilisator

Tombol di keyboard hanyalah alat yang memungkinkan Anda berinteraksi dengan komputer dan saat menekannya. Bagian yang terhubung ke otak komputer Anda dan melakukan pekerjaan di belakang layar adalah saklar. Batang adalah sambungan plastik yang menghubungkan tutup tombol ke sakelar. Batang ini penting dalam desain keycaps karena keyboard ini memiliki bentuk batang keycaps berbeda. 

Tutup tombol memiliki sambungan perempuan yang mengunci sambungan laki-laki pada sakelar. Kalau bentuknya tidak sama berarti tidak pas. Bentuk batang yang paling umum adalah desain “+”, tetapi banyak produsen memiliki batang unik yang tidak cocok dengan jenis lainnya. Namun, seharusnya tidak menjadi masalah karena sebagian besar pabrikan juga telah mengikuti gaya Cherry MX, yaitu batang “+”. 

Kunci yang lebih besar memiliki lampiran yang membuatnya tetap di tempatnya dan berfungsi dengan baik. Disebut stabilizer, attachment ini hadir dalam berbagai bentuk tergantung pabrikannya. Jenis yang paling umum adalah Costar dan Cherry. Anda harus memeriksanya sebelum membeli keycaps tipe baru.

Demikian ulasan tentang Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Keycaps Universal seperti yang dilansir coloksgp, Semoga bermanfaat.