Penjelasan Tentang Fungsi Tombol CPI Pada Mouse
Mouse | Foto : Ruqyah Cirebon 

Ruqyah Cirebon - Mouse komputer menjadi semakin canggih, dan produsen mouse berlomba-lomba untuk menawarkan mouse yanf lebih banyak fungsi. Anda juga dapat menemukan fungsi ini sebagai tombol berbeda yang terletak pada mouse. Mouse Anda mungkin memiliki tombol selain tombol gulir dan tombol kiri/kanan. Salah satu tombol ini adalah CPI, sebuah tombol yang dapat membingungkan pengguna pada umumnya.

Apa Fungsi Tombol CPI Pada Mouse?


Tombol CPI pada mouse Anda adalah sebuah hal yang bisa mengubah Counts Per Inch (CPI) pada mouse Anda. Ini adalah kecepatan mouse melaporkan pergerakannya ke komputer. Tepatnya, pengukuran CPI menentukan berapa banyak piksel yang dapat dilalui penunjuk di layar untuk setiap gerakan fisik mouse. Dengan demikian, ini mengacu pada sensitivitas mouse terhadap gerakan fisik. Misalnya, jika CPI pada mouse Anda adalah 500, maka penunjuk pergerakan sebesar 500 piksel setiap kali mouse ini digerakkan.

Semakin tinggi CPI, semakin tinggi sensitivitas dan kemampuan untuk mencakup lebih banyak piksel dengan gerakan yang lebih pendek. Jika tingkat CPI rendah, Anda harus menggerakkan mouse lebih jauh untuk mencakup area tertentu. Saat meningkatkan CPI, jarak ini semakin kecil. Tombol CPI pada mouse juga akan memungkinkan Anda menaikkan atau menurunkan sensitivitas mouse dan menyesuaikannya.

Mouse serbaguna tidak memiliki tombol CPI, kemungkinan besar Anda akan menemukannya di mouse gaming. Tergantung pada desain mouse, tombol CPI mungkin terletak di tengah atau di samping mouse. Anda juga harus membaca panduan penggunaan untuk mengidentifikasi tombol CPI dan tombol lainnya.

Apakah Tombol CPI Diperlukan?


CPI adalah fitur utama mouse karena menentukan seberapa cepat kursor bergerak melintasi layar saat menggerakkan mouse. Itu adalah fitur penting, terutama bagi gamer, karena game yang berbeda memerlukan sensitivitas mouse yang berbeda. Sekalipun Anda tidak sedang bermain game, sebaiknya sesuaikan sensitivitas mouse ke tingkat kenyamanan yang sesuai dengan aktivitas. Jika mouse terlalu sensitif, Anda tidak dapat mengontrol pergerakannya saat mouse berpindah dari satu sisi ke sisi lainnya.

Namun, tidak semua mouse memiliki tombol CPI. Anda juga dapat menemukan tombol seperti itu pada mouse gaming ini karena gamer perlu mengubah pengaturan CPI. Tombol CPI mouse memungkinkan mereka mengubah sensitivitas tanpa meninggalkan game untuk membuka pengaturannya. Pengguna biasa dapat mengubah sensitivitas mouse mereka melalui pengaturan khusus di Windows atau macOS.

Cara Mengubah IHK


Jika mouse yang Anda miliki memiliki tombol CPI khusus, maka Anda dapat dengan mudah mengubah CPI dengan cara menekan tombol ini untuk menelusuri opsi yang tersedia. Tergantung pada mouse Anda, Anda mungkin memiliki kecepatan yang berbeda, namun kebanyakan mouse memiliki tiga pilihan: Standar, Lambat, dan Cepat. Anda juga dapat mengubah konfigurasi ini melalui perangkat lunak mouse. Cara lainnya untuk mengubah sensitivitas mouse Anda ini adalah melalui pengaturan yang ada di game.

Ada banyak game yang akan memungkinkan Anda untuk mengubah CPI di dalam game sehingga Anda tidak perlu keluar dari game yang dimainkan untuk menyesuaikan pengaturan. Itu adalah pilihan yang berguna jika Anda gamer biasa tetapi tidak memiliki mouse gaming. Jika mouse Anda tidak memiliki tombol khusus untuk mengubah CPI, maka Anda dapat melakukannya di pengaturan Mouse Windows.

  • Untuk melakukannya, buka Windows Settings dan pilih Device.

  • Klik Mouse di panel kiri dan gerakkan penggeser di bawah Kecepatan Kursor.

  • Saat menggerakkan tombol ke kiri dan kanan, Anda dapat melihat perubahan kecepatan kursor.

  • Cobalah kecepatan berbeda untuk mendarat di titik yang dirasa paling nyaman.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan hal yang sama di macOS .

  • Buka System Preferences dan pilih Mouse > Point and Click.

Di bagian ini, Anda dapat melihat penggeser di bawah Kecepatan pelacakan , yang dapat Anda gerakkan ke kiri atau kanan untuk mengubah sensitivitas mouse Anda.

Berapa Nilai CPI Terbaik untuk Mouse?


Jika Anda memiliki mouse gaming, CPI-nya bisa mencapai 2.000 atau lebih. Beberapa mouse gaming bisa memiliki nilai CPI yang gila hingga mencapai 20.000. Kalau nilai CPI-nya setinggi itu, apakah sebaiknya sebaiknya ini dipakai? Tentu saja tidak, karena CPI dan sensitivitas yang lebih tinggi belum tentu berarti performa yang jauh lebih tinggi. Namun, mengetahui nilai CPI mouse akan bisa mempengaruhi performa Anda. Anda juga mungkin tidak perlu mengetahui nilai CPI pastinya jika Anda bukanlah seorang gamer.

Anda hanya perlu mengubah pengaturan sensitivitas mouse hingga Anda merasa nyaman. Namun, gamer harus mengetahui nilai CPI-nya karena setiap permainan membutuhkan kecepatan penunjuk berbeda-beda. Jika sensitivitas mouse terlalu tinggi, Anda mungkin kehilangan piksel, sehingga harus bolak-balik mencapai target tertentu. Ini akan berdampak negatif pada kinerja dan kecepatan Anda.  

Demikian Penjelasan Tentang Fungsi Tombol CPI Pada Mouse seperti yang dilansir alexistogel, semoga bermanfaat.