Cara Menginstal CodeIgniter dengan Cara Paling Sederhana
CodeIgniter | Foto : Media Cirebon

Ruqyah Cirebon - Anda harus mengetahui dasar-dasar framework CodeIgniter. Caranya adalah mempelajari sesuatu dengan mengerjakannya. Jadi kita akan menjelaskan cara membuat projek menggunakan CodeIgniter. Untuk membuat projek, hal pertama yang harus kita adalah menginstalnya. Dalam tutorial kali ini, kita juga akan menjelaskan cara membuat projek menggunakan codelgniter

Unduh Kerangka Kerja


Kunjungilah situs resmi Codeigniter untuk melakukan sebuah proses download dan kemudian unduhlah versi stabil. Seperti yang saya tunjukkan pada tangkapan layar di bawah, saya telah memilih CodeIgniter 3. Ketika Anda mengklik tautan unduhan, file zip akan diunduh di sistem Anda.

Ekstrak File Zip


Sekarang Anda harus mengekstrak file zip ke folder. Ketika Anda akan meng-unzip folder tersebut, sebuah folder akan dibuat bernama "CodeIgniter-3.1.10" di mana semua file akan ada.

Buat Folder Projek


Untuk membuat projek web, Anda memerlukan server web di sistem Anda. Anda dapat memilih server web seperti XAMPP atau WAMP atau LAMP. Saya menggunakan server web XAMPP. Di XAMPP, Anda perlu membuat folder projek di folder XAMPP/htdocs . Jika Anda menggunakan WAMP, buat folder projek Anda di direktori www dari WAMP. Saya membuat folder projek dengan nama = “ cidemo ”.

Pindahkan Semua File CodeIgniter ke Folder Projek


Anda dapat menyimpan nama folder pilihan Anda. Saya sarankan memberi nama folder pada nama projek yang Anda pilih. Sekarang, pindahkan semua file dari folder “CodeIgniter-3.1.10” ke “ cidemo ” (atau folder projek Anda). Anda dapat melewati atau menghapus user guide , itu pilihan Anda. Projek Anda dibuat dengan halaman default oleh CodeIgniter itu sendiri tentunya. 

Alasan Utama Memilih Framework CodeIgniter Untuk Projek Anda Selanjutnya


Sebagian besar kerangka kerja PHP berisi mekanisme bawaan untuk menanggapi perubahan yang terjadi dalam bisnis dan aplikasi web mereka. Kerangka kerja pengontrol tampilan model CodeIgniter terdiri dari beragam properti dan alat yang dapat digunakan untuk membangun aplikasi web dalam rentang waktu yang singkat. Ini memiliki jejak kecil dan menawarkan berbagai praktik terbaik.

Kerangka Aman


Setiap perusahaan pengembangan web akan selalu mencari keamanan. CodeIgniter menawarkan banyak fungsi kaya keamanan dan sejumlah fitur yang memiliki beragam fungsi bawaan untuk penyaringan input dan output. Kebanyakan dari mereka menyatakan proses enkripsi dan dekripsi yang sangat membantu setiap pengembang untuk mengambil alih dan mengelola data dalam proses instalasi.

Konfigurasi Lebih Sederhana


Kerangka kerja CodeIgniter PHP dibuat dari susunan linier dan memiliki pengaturan folder yang dapat digunakan secara bebas. Ini membantu dalam merampingkan sintaks PHP saat menggunakan kerangka kerja ini. Hasil konstruksi seperti itu dalam membangun aplikasi web tanpa kesulitan sejalan dengan skema kesalahan sintaks yang kompleks dan itu juga dalam waktu yang jauh lebih singkat.

Fasilitas Pengujian Unggul


Versi terbaru Codeigniter berdiri terpisah dari kerangka kerja PHP lainnya karena karakteristik pengujian langkah demi langkahnya yang sangat bermanfaat dalam prosedur kerangka kerja pengembangan aplikasi web apa pun. Keuntungan yang satu ini tentunya akan sangat membantu pengembangnya untuk meneliti fungsi dengan tingkat kinerjanya dan juga mengedarkan pendekatan terbaik.

Mudah digunakan


Kerangka kerja pengontrol tampilan model PHP CodeIgniter memiliki antarmuka sederhana yang membuatnya mudah dipelajari dan digunakan. Kerangka kerja ini, sebagai sumber terbuka, dapat dengan mudah dikonfigurasi agar sesuai dengan persyaratan perusahaan Anda. Di masa depan, jika ada beberapa perubahan dalam persyaratan, itu pasti dapat ditanamkan dalam projek Anda

Lebih Banyak Hasil dengan Lebih Sedikit Kode


Codeigniter adalah kerangka kerja pengembangan aplikasi populer di mana pengembangnya perlu menulis beberapa kode. Tidak ada persyaratan untuk menggunakan perpustakaan pihak ketiga yang langsung membuka mode untuk pengembangan aplikasi web yang lebih cepat. Jadi, jika Anda menginginkan fungsi pengembangan aplikasi web yang cepat.

Dokumentasi Luar Biasa


Dokumentasi membantu pengembang dalam mengelola dan merujuk kode dan juga membantu mempertimbangkan referensi di masa mendatang. Kerangka web CodeIgniter membantu dalam melestarikan dokumentasi penting dari kode yang dikembangkan dengan cara yang lebih sederhana. 

Dokumentasi kode yang kaya dari aplikasi web Anda berfungsi sebagai panduan pengguna CodeIgniter yang penting. Hal ini, pada gilirannya, mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan dalam mendapatkan referensi untuk menggabungkan perubahan dengan berbagai persyaratan.

Apa itu framework CodeIgniter di PHP?


Framework CodeIgniter PHP adalah framework MVC yang digunakan perusahaan untuk mengembangkan aplikasi web dengan cepat. Kerangka ini menawarkan perpustakaan yang luas untuk menghubungkan operasi database. Layanan terdiri dari kelas pengkodean Zip, Perutean URI fleksibel, caching halaman penuh, enkripsi data, manajemen sesi, pembuatan profil aplikasi, dan banyak lagi.

Mengapa Memilih Kerangka Web CodeIgniter untuk Membuat Projek?


Alasan untuk memilih framework codeigniter untuk projek Anda adalah karena adanya framework dengan footprint kecil. Karena hal ini dapat mendorong adanya MVC tetapi tidak membuatnya menjadi paksaan. Dengan perlindungan bawaan terhadap XSS dan CSRF, ini memberikan keamanan yang kuat. Ini adalah pemain yang luar biasa dan memiliki dokumentasi yang jelas. Sebagian besar konfigurasinya dilakukan oleh konvensi, yang menyatakannya sebagai pengaturan konfigurasi nol.

Demikian ulasan tentang Cara Menginstal CodeIgniter dengan Cara Paling Sederhana seperti yang dilansir situs slot, semoga bermanfaat.