Inilah Mengapa Layar Komputer Berwarna Merah Muda
Layar Komputer Bewarna | Foto: Media Cirebon 

Ruqyah Cirebon - Jika Anda melakukan tugas-tugas intensif menggunakan GPU, Anda mungkin sering mengalami masalah pada tampilan layar komputer Anda. Layar yang berwarna merah muda adalah salah satu masalah yang membuat Anda khawatir karena mungkin mengindikasikan masalah serius. 

Anda dapat mengalami masalah layar merah muda terlepas dari program yang Anda jalankan dan seberapa dimuat GPU Anda. Namun, jika penyebab utamanya bukan layar rusak, penyebab lainnya mudah dideteksi dan diperbaiki.

Masalah Koneksi


Salah satu penyebab layar merah muda yang sering disebutkan adalah kabel rusak. Monitor modern ini menampilkan warna RGB dan menstimulasi kerucut sel. Jika kabel sambungan rusak, salah satu warna akan hilang, sehingga menyebabkan kombinasi warna tidak sempurna. 

Meskipun salah satu kabelnya longgar, Anda mungkin mengalami anomali warna seperti layar berwarna merah muda. Warna merah jambu menutupi seluruh permukaan layar, ataupun hanya dapat melihatnya dalam beberapa piksel saja.

Bagaimana Cara Memperbaikinya?


Jika Anda menggunakan kabel analog untuk menyambungkan monitor kedalam casing PC Anda , maka kabel tersebut mungkin lepas atau rusak. Menggoyangkan kabel dapat membantu mengembalikan warna dengan mengatur ulang kabel yang rusak. Jika mendapatkan kembali warna lengkapnya, dapat dipastikan kabelnya rusak dan perlu diganti. Namun, menggoyangkan kabel saja mungkin tidak cukup.

Anda juga dapat memeriksa kabel yang rusak dan sambungan yang longgar dengan mencabut dan menyambungkan kembali kabel dan melihat apakah layar merah muda hilang. Jika Anda memiliki kabel lain yang Anda yakin tidak rusak, Anda dapat menggunakannya untuk menyambungkan monitor dan melihat apakah itu membantu. Dengan yang satu ini, maka Anda dapat yakin bahwa kabel Anda rusak.

Jika Anda memutuskan untuk mengganti kabel, dapatkan kabel HDMI untuk memastikan Anda mendapatkan gambar berkualitas tinggi. Anda juga dapat mencoba berbagai jenis koneksi dan melihat apakah itu membantu. Alasannya adalah Anda mungkin memiliki masalah internal dengan port tampilan, dan mengubah port mungkin dapat membantu.

Driver yang Rusak


Jika Anda mengesampingkan semua penyebab terkait perangkat keras, layar merah muda disebabkan oleh masalah perangkat lunak. Penyebab pertama terkait perangkat lunak adalah driver yang telah ketinggalan jaman. Driver yang rusak dan ketinggalan jaman dapat menyebabkan berbagai masalah grafis karena ini menghalangi perangkat lunak dan perangkat keras untuk berkomunikasi secara efektif.

Jika Anda tidak menginstal driver terbaru, driver tersebut mungkin mengandung bug, yang akan dihapus di pembaruannya. Anda harus selalu memastikan driver monitor dan kartu grafis diperbarui. Pembaruan Windows ini secara rutin mungkin menjaga driver ini tetap terlindungi, namun menangani setiap driver satu per satu akan membantu Anda bahwa memastikan tidak ada masalah ketidakcocokan atau kinerja.

  • Untuk memperbarui driver Anda, buka Device Manager dengan mengetikkannya di kotak pencarian.

  • Cari kartu grafis dan monitor Anda, klik kanan, dan pilih Update Drivers.

  • Pilih opsi pertama, “Search for drivers automatically,” dan ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan pembaruan.

Game dan Program Bermasalah


Jika Anda baru saja menginstal sebuah program atau game pihak ketiga yang menyebabkan masalah layar merah muda muncul, mungkin itu penyebabnya. Beberapa program mungkin bertentangan dengan perangkat keras Anda atau aplikasi terinstal lainnya, yang menyebabkan berbagai masalah perangkat keras dan perangkat lunak. Hal ini akan terjadi jika fungsi aplikasi terkait dengan tampilannya.

Bagaimana Cara Memperbaikinya?


Tidak peduli bagaimana program yang baru diinstal menyebabkan layar merah muda, satu-satunya solusi adalah menghapus instalasinya. Jika layar merah muda hilang setelah menguninstall program, Anda dapat mencoba menginstalnya lagi dan melihat apakah masalahnya muncul telah kembali. Anda mungkin beruntung, dan program diinstal tidak akan ber masalah atau file rusak untuk kedua kalinya.

Namun, jika layar merah muda muncul kembali, maka Anda perlu untuk menghapus instalasi program dan mulai untuk mencari penggantinya. Jika Anda ingin menginstal ulang game Anda, maka disarankan untuk menginstal patch terbaru untuk game tersebut untuk memastikan semua bug telah diperbaiki. Jika tidak dapat memikirkan program spesifik apa pun yang menyebabkan layar menjadi merah muda. 

Anda dapat menjalankan sistem dalam mode Clean Boot dan mulailah mengidentifikasi aplikasi yang bermasalah. Jika layar merah muda menghilang di Clean Boot, maka Anda juga dapat yakin bahwa salah satu program pihak ketiga bermasalah. Anda perlu memulai proses-prosesnya untuk menemukan masalahnya. Pilih setengah dari program yang dinonaktifkan, diaktifkan, dan dijalankan pada sistem PC.

Jika layar merah muda muncul kembali, berarti program yang salah ada di bagian ini. Ulangi proses ini sampai Anda mendeteksi pelakunya. 

Itulah ulasan tentang alasan mengapa layar komputer berwarna merah muda seperti yang dilansir slot gacor. Semoga bermanfaat