Alasan Teratas Mengapa Monitor Begitu Mahal?
Monitor Mahal | Foto : Media Cirebon 

Ruqyah Cirebon - Monitor biasanya lebih kecil dari TV dan juga memiliki resolusi lebih rendah. Namun, jika Anda mencari monitor, Anda mungkin menyadari bahwa beberapa di antaranya bahkan lebih mahal daripada televisi terbaru . Jika Anda ingin memahami mengapa monitor begitu mahal, Anda berada di tempat yang tepat.

Mereka Adalah Komponen Penting Komputer


Produsen sangatlah cerdas, dan mereka memahami bahwa Anda akan menghabiskan banyak uang untuk sesuatu yang diperlukan. Misalnya, komputer tidak ada gunanya jika tidak memiliki monitor. Itu sebabnya mereka memberi harga tinggi pada monitor tersebut. Mereka tahu Anda akan membelinya apa pun yang terjadi. Meskipun mungkin berpikir bahwa hal ini mengambil keuntungan dari pelanggan. Ini adalah salah satu praktik bisnis umum yang tidak terbatas pada teknologi tetapi lazim di mana-mana.

Jika perusahaan mengetahui Anda membutuhkan suatu produk, maka mereka akan segera menaikkan harga karena ingin mendapatkan keuntungan dari situasi Anda. Itu sebabnya, jika ingin membeli monitor baru, Anda harus membayar mahal. Di sisi lain, jika Anda lebih sering menggunakan laptop atau tablet, Anda tidak memerlukan monitor besar dan canggih. Sebaliknya, Anda bisa mendapatkan model yang jauh lebih kecil atau lebih tua yang akan memberikan utilitas yang Anda butuhkan dengan biaya rendah. 

Anda Tidak Perlu Sering Menggantinya


Alasan lain mengapa harga monitor mahal adalah karena Anda tidak perlu terlalu sering menggantinya. Produk yang tahan lama memiliki harga tinggi karena perusahaan perlu menghasilkan keuntungan. Di sisi lain, jika masa pakai monitor hanya satu atau dua tahun, maka akan lebih murah untuk membelinya. Jika Anda membeli monitor berkualitas tinggi, monitor tersebut dapat bertahan lebih dari satu dekade.

Oleh karena itu, biayanya tidak terlalu besar karena Anda dapat memperoleh manfaatnya dalam jangka waktu lama. Anda bahkan mungkin harus mengganti TV lebih sering daripada monitor, itulah sebabnya biaya TV lebih rendah daripada monitor. Setelah membeli monitor, Anda harus melakukan segalanya untuk memastikan monitor tersebut bisa bertahan lama agar mendapatkan nilai terbaik dari uang Anda. 

Layar Responsif Tinggi


Salah satu hal paling terbaik tentang monitor adalah produsen mendesainnya secara khusus agar sangat responsif. Itu karena harus menampilkan output dari kartu grafis secepat mungkin. Selain itu, ia juga harus cukup cepat untuk menjalankan perintah apa pun dengan sekali klik, dan monitor yang baik akan melakukannya dalam waktu kurang dari sepersekian detik. Membuat layar yang sangat responsif ini tidaklah mudah karena ini membutuhkan banyak komponen teknologi, keterampilan, uang, dan waktu.

Tentu saja, untuk mengimbangi semua ini, produsen membebankan biaya tersebut kepada konsumen. Pada akhirnya, harga produknya tinggi, tetapi Anda mendapatkan monitor luar biasa yang bekerja secepat kilat. Itulah sebabnya semua model komputer terbaru harganya sangat mahal. Produsen menggunakan teknologi terbaru yang menciptakan layar paling responsif yang pernah Anda temukan. Akibatnya, Anda harus menghabsikan banyak uang untuk menggunakan layar monitor yang fantastis ini.

Garansi Panjang


Kabar baiknya tentang monitor adalah monitor dilengkapi dengan garansi panjang yang akan bertahan selama bertahun-tahun jika terjadi kesalahan. Hal ini bisa terjadi karena produsen monitor tahu bahwa monitor Anda akan bertahan sangat lama. Oleh karena itu, mereka juga menawarkan garansi lebih lama yaitu lima tahun atau lebih. Tentu saja, garansi adalah salah satu hal terbaik dan penting yang harus dimiliki jika terjadi kesalahan pada komputer, dan Anda tidak memiliki anggaran untuk memperbaikinya.

Ingatlah juga bahwa meskipun Anda mungkin ingin melepaskan garansi untuk menurunkan biaya, ini bukanlah pilihan yang Anda miliki dengan monitor. Itu karena garansi monitor merupakan fitur bawaan yang tidak bisa Anda hindari. Oleh karena itu, Anda harus membayar harga penuh untuk monitor tersebut, tetapi garansi akan sepadan jika ada masalah. Jika Anda berinvestasi pada monitor berkualitas baik, Anda mungkin tidak perlu lagi menggunakan garansi karena monitor tersebut akan bertahan lama. 

Rasio Aspek Ultrawide


Rasio aspek ultrawide adalah hal yang sangat penting sekali untuk sebuah monitor gaming karena ini memerlukan lebih banyak ruang layar horizontal. Hal ini karena grafis dan monitor gaming memerlukan pengalaman yang imersif bagi pengguna. Oleh karena itu, monitor ultrawide dengan rasio aspek 21:9 populer untuk bermain game. Monitor yang hadir dengan rasio aspek ultrawide juga jauh lebih mahal dibandingkan yang lain. Ada juga versi yang ditingkatkan dengan rasio aspek 32:9 dan lebih banyak lagi.

Semakin tinggi rasionya, semakin mahal harganya. Monitor dengan rasio aspek ultrawide yang tinggi juga menawarkan produktivitas, pengalaman pengguna, imersi, dan banyak lagi lainnya. Pikirkan tentang kegunaan monitor, lalu tentukan rasio aspek ultrawide yang duinginkan sesuai preferensi Anda. Apa pun keputusannya, monitor semacam itu pasti akan memberi Anda pengalaman berkualitas tinggi.

Demikian ulasan tentang Alasan Teratas Mengapa Monitor Begitu Mahal seperti yang dilansir indobet88, semoga bermanfaat.