Beginilah Tips Memulai Tiktok Live Streaming Dengan Benar
Tiktok Live Streaming | Foto : Ruqyah Cirebon 

Ruqyah Cirebon - TikTok Live biasanya digunakan oleh Content Creator untuk berinteraksi dengan follower. Selain itu, TikTok Live juga bisa digunakan untuk mendapatkan penghasilan dari hadiah yang diberikan penonton. Berikut ini mengenai Tips Memulai Tiktok Live Streaming:

Tips Memulai Live Streaming diTikTok


Keuntungan yang didapat saat melakukan live streaming TikTok tentunya membuat banyak orang tertarik untuk melakukan Live streaming. Namun, bagi kreator, influencer, atau brand yang baru memulai live streaming TikTok.

Ada baiknya mengetahui cara melakukan Live yang menarik untuk pertama kalinya. Oleh karena itu, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebelum melakukan live streaming TikTok sesuai keinginan Anda.

Pilih Waktu Aktif Audience


Bagi pengguna aktif TikTok tentunya sering menjumpai live streaming TikTok di berbagai waktu tayang, sehingga bisa menemani mereka saat sedang sendiri maupun bosan. Namun bukan berarti Anda bisa melakukan live streaming TikTok selama 24 jam, melainkan Anda juga perlu mengetahui waktu aktif target audiens Anda.

Hal ini dilakukan agar live streaming TikTok bisa berjalan lama dengan jumlah penonton yang banyak. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui waktu aktif penonton sebelum melakukan live streaming TikTok.

Anda dapat memeriksanya dengan masuk ke kolom alat pembuat lalu memilih analitik dan melanjutkan ke pengikut. Dengan cara ini, Anda bisa mengetahui waktu aktif penonton dan mengetahui durasi waktu live streaming TikTok.

Namun jika TikTok belum merangkum waktu aktif penontonnya, maka Anda bisa melakukan Live streaming dimana penonton bisa melakukan banyak aktivitas di TikTok. Misalnya pada jam 7 - 9 malam dimana pengguna melakukan live streaming sebelum akhirnya bersiap-siap tidur, sehingga bisa menonton live streaming TikTok Anda.

Tentukan Durasi Tiktok Live Streaming


TikTok sendiri memiliki batas waktu live streaming hingga 60 menit, sehingga dapat digunakan bagi pengguna TikTok untuk melihat konten Anda dalam durasi yang lebih lama. Namun, Anda juga perlu menentukan durasi saat melakukan live streaming TikTok untuk pertama kalinya.

Penentuan durasi live streaming dilakukan agar penonton tidak bosan dengan konten yang Anda sajikan, dan menonton live streaming TikTok hingga selesai. Tiktok sendiri merekomendasikan durasi live streaming selama 30 menit agar pemirsa aktif berinteraksi dengan topik yang Anda sajikan dan dapat memilih produk sesuai keinginannya.

Unggah Konten Secara Konsisten


Meskipun acara live streaming biasanya muncul secara acak di timeline Tiktok, pemirsa juga bisa mendapatkan rekomendasi live streaming TikTok ketika mereka sering melihat konten Anda di halaman Anda. Apalagi jika konten Anda lolos ke halaman Anda saat Anda melakukan live streaming, sehingga penonton tertarik untuk mengikuti Live streaming yang sedang dilakukan.

Pilih Peralatan yang Memadai


Salah satu daya tarik live streaming TikTok adalah visualnya yang menarik untuk dilihat dan suaranya yang jernih. Pasalnya, penonton biasanya menonton live streaming TikTok hingga selesai atau mendengarkannya sambil melakukan aktivitas lain.

Oleh karena itu, agar hasil live streaming TikTok semakin menarik, Anda perlu melengkapinya dengan peralatan yang memadai. Yang pertama adalah ponsel yang memiliki kamera tinggi dan memori penyimpanan besar.

Ponsel ini nantinya akan digunakan untuk menyiarkan live streaming dengan hasil yang lebih baik dan menarik untuk dilihat oleh penonton. Sedangkan memori penyimpanan yang besar akan membantu agar acara live streaming TikTok tidak berhenti di tengah jalan karena tidak mampu menampung pengunjung yang masuk.

Langkah selanjutnya adalah memastikan pencahayaan ruangan cukup, tidak terlalu gelap dan tidak terlalu terang, agar hasil live streaming lebih enak dipandang. Anda juga bisa mengatasinya dengan menggunakan pencahayaan yang skala pencahayaannya dapat disesuaikan.

Beberapa kreator atau influencer yang melakukan live streaming TikTok biasanya juga membekali dirinya dengan microphone yang terpasang di kerah bajunya. Menggunakan mic yang berkualitas baik juga akan membantu menangkap suara dengan lebih baik sehingga penonton dapat mendengar suara Anda dengan lebih baik.

Gunakan Provider Internet Terbaik


Saat menonton dan melakukan live streaming, Anda tentu berharap internet berjalan lancar sehingga menghasilkan tampilan yang menarik, suara yang jernih, dan video live streaming TikTok yang lancar.

Oleh karena itu, sebelum melakukan live streaming Anda harus memiliki jaringan terbaik di lingkungan Anda. Sehingga perlu melakukan survei terhadap penyedia internet yang memiliki kualitas terbaik dan jarang mengalami gangguan sinyal.

Pastikan Anda Memiliki Rencana Live streaming


Meski acara live streaming TikTok memiliki kemiripan dengan live streaming di media sosial lainnya, namun bukan berarti Anda bisa menyiarkan langsung sesuka Anda tanpa perencanaan yang matang.

Apalagi jika Anda melakukan live streaming brand tertentu untuk mempromosikan produk tertentu, maka sebaiknya Anda memiliki ide konsep video yang unik agar penonton tertarik untuk berinteraksi di live streaming TikTok.

Demikian penjelasan tentang beginilah Tips Memulai Tiktok Live Streaming Dengan Benar seperti yang dilansir coloksgp, semoga bermanfaat.