Gampang Banget, Begini Cara Mengatasi Kamera Error Di Hp
Kamera Hp Erorr | Foto : Media Cirebon 

Ruqyah Cirebon - Tahukah anda Cara Mengatasi Kamera Error Di Hp? Tak bisa dipungkiri, kamera menjadi aspek utama yang masih diperhatikan konsumen saat membeli ponsel. Karena itu, inovasi kamera ponsel berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Dua hal yang sering ditawarkan jika berbicara kualitas kamera ponsel adalah sensor dan piksel. Pada tahun 2023, banyak produsen ponsel yang mulai menggunakan sensor berukuran 1 inci. Sensor jumbonya mampu menangkap cahaya lebih banyak dan meredam noise untuk pengambilan gambar malam hari.

Seperti yang Anda ketahui, hampir semua jenis smartphone seperti Android, iPhone, Blackberry dan juga Windows Mobile dibekali dengan fitur kamera, baik kamera depan maupun belakang. Artinya, saat ini fitur kamera sudah menjadi salah satu bagian terpenting dalam sebuah perangkat smartphone.

Apa itu kamera Hp?


Ada banyak jenis kamera di sekitar kita dan penting untuk Anda mengetahuinya. Kamera merupakan perlengkapan yang berfungsi untuk mengabadikan benda menjadi gambar bergerak atau diam.

Seiring berjalannya waktu, seiring berkembangnya dunia teknologi, banyak sekali jenis kamera yang dibuat untuk memenuhi berbagai kebutuhan. seperti mengabadikan momen pernikahan, hari raya, wisuda, dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, perkembangan media sosial juga membuat kamera semakin banyak tersedia dan banyak peminatnya. Meski layanan smartphone telah menghadirkan berbagai fitur aplikasi kamera, namun bukan berarti kamera ditinggalkan begitu saja. Faktanya, kini semakin banyak berbagai jenis kamera yang beredar di pasaran.


1. Cara Mengatasi Kamera Android yang Error


Hadirnya Fitur Kamera yang tersemat pada perangkat Smartphone (yang dalam hal ini adalah Android) tentunya akan semakin memudahkan kita terutama dalam mengabadikan momen berharga atau peristiwa penting lainnya untuk disimpan dan dijadikan kenangan di folder Galeri di Smartphone kita dalam bentuk Foto atau Video. Untuk mengatasi kamera Android yang error tidak bisa dibuka, silahkan simak dibawah ini.

  • Tutup fitur kamera yang sedang Anda gunakan

  • Lalu silahkan masuk ke Menu Pengaturan

  • Kemudian pilih dan buka Manajer Aplikasi

  • Lalu pilih dan tap Tap Semua

  • Selanjutnya cari aplikasi Kamera

  • Lalu tap Hapus Data dan juga Hapus Chace (Memori)

  • Setelah itu silahkan coba gunakan kameranya, untuk memastikan kamera android anda sudah kembali normal atau belum.

  • Dan untuk Memperbaiki Error Kamera Android dengan pesan: "camera failed errorcallbackonerror" atau "error message handler.handlermessage (-1)"


2. Cara Mengatasi Kamera Error Di Hp


Berikut ini cara mengatasi kamera error di hp:

Restart Android


Langkah pertama yang harus Anda lakukan jika menemukan kesalahan pada aplikasi apa pun, termasuk kamera di Android, adalah dengan melakukan restart. Bisa saja terjadi sesuatu yang menyebabkan error pada smartphone anda. Dengan mematikannya lalu memulai ulang, beberapa kesalahan biasanya langsung teratasi.

Jika setelah restart masalah belum juga teratasi, anda bisa melepas baterai smartphone selama beberapa menit. Tunggu maksimal 5 menit lalu masukkan kembali baterai dan hidupkan smartphone.

Paksa Berhenti


Jika dengan langkah pertama masalah belum teratasi, kemungkinan besar error yang Anda alami cukup serius. Hal ini sering terjadi pada smartphone yang sudah berumur dan memiliki spesifikasi rendah.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa menghentikan paksa aplikasi kamera, lalu menjalankannya kembali seperti biasa. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu masuk ke Pengaturan - Aplikasi - Kamera - Paksa Berhenti.

Hapus Data Aplikasi


Menghapus data aplikasi akan menghapus cache, data aplikasi dan history aplikasi kamera. Selain itu setting aplikasi kamera di android anda akan kembali seperti semula, menggunakan cara ini tentunya sangat berbelas kasihan dalam mengatasi error yang terjadi. Sedangkan caranya hampir sama dengan menghentikan paksa aplikasi kamera, bedanya Anda hanya perlu scroll ke bawah untuk mencari dan menekan tombol Hapus Data.

Periksa kapasitas memori


Semua aplikasi yang terinstal di smartphone Android Anda akan rentan error jika kapasitas memori penuh. Termasuk aplikasi kamera, Anda tidak akan bisa membukanya apalagi mengambil foto atau merekam video.

Pasalnya, setiap aplikasi memerlukan sedikit ruang kosong agar dapat berjalan dengan lancar, termasuk aplikasi kamera. Oleh karena itu, sebaiknya hapus file yang tidak diperlukan agar kapasitas memori tidak terlalu penuh.

Perbarui sistem operasi


Biasanya akan mengalami eror seiring berjalannya waktu jika Sistem operasi pada setiap smartphone yang tidak pernah diupdate. Hal ini dikarenakan sistem operasi menjadi tidak stabil dan sering mengalami error.

Update secara berkala jika sistem operasi pada smartphone Anda mengalami update baru. Melakukan hal ini juga dapat memperbaiki bug apa pun yang terjadi pada sistem operasi sebelumnya.

Kembalikan Ke Setelan Pabrik


Jika anda sudah mengupdate sistem operasi namun masalah belum juga teratasi, anda bisa mengembalikannya setelah android anda kembali seperti saat anda membelinya. Dengan cara ini, ada kemungkinan 99% semua bug pada sistem akan teratasi. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu masuk ke Pengaturan - Sistem - Reset - Reset ke Pengaturan Pabrik lalu masukkan kata sandi dan tunggu hingga Android menyala kembali.

Instal Aplikasi Kamera Tambahan


Pada saat artikel ini ditulis, masih banyak aplikasi kamera tambahan yang bisa Anda unduh dan gunakan secara gratis di Google Playstore. Cara ini menjadi alternatif jika aplikasi kamera masih belum bisa dibuka dengan menggunakan semua cara di atas.

Saya sarankan menggunakan aplikasi kamera C360 atau aplikasi kamera bawaan Instagram karena hasilnya tidak jauh berbeda. Bahkan bisa dikatakan lebih bagus karena Anda bisa langsung mengedit foto atau video yang Anda ambil.

Demikian penjelasan tentang gampang banget, Cara Mengatasi Kamera Error Di Hp seperti yang dilansir situs slot, semoga bermanfaat terimakasih.