Semua Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Turbo LAN
Turbo LAN | Foto : Ruqyah Cirebon

Ruqyah Cirebon - Jika Anda memiliki komputer atau motherboard merk Asus, maka Anda mungkin perlu memperhatikan aplikasi yang berlabel Turbo LAN. Ini mungkin berbentuk jendela kecil di sudut kanan layar atau jendela berukuran penuh dengan banyak parameter. 

Anda mungkin akan segera bertanya-tanya apa itu Turbo LAN dan apa fungsinya untuk komputer Anda. Artikel ini memberi tahu Anda semua yang perlu Anda ketahui tentang alat ini dan bagaimana alat ini dapat membantu Anda mengoptimalkan pekerjaan Anda.

Apa itu Turbo LAN?


Turbo LAN adalah aplikasi yang memprioritaskan aplikasi Anda, memberikan bandwidth yang berbeda tergantung pada kebutuhan internetnya. Menggunakan aplikasi berbeda yang memerlukan koneksi internet untuk beroperasi secara bersamaan dapat memperlambat internet Anda. Pada akibatnya, Anda mungkin juga akan mengalami kelambatan pada aplikasi PC tertentu yang memerlukan koneksi cepat. 

Dengan Turbo Lan, maka Anda cukup memprioritaskan aplikasi dalam program dan memberikan prioritas pada aplikasi yang paling menguras internet seperti program game atau layanan streaming. Saat bermain game, Turbo LAN membantu menghilangkan waktu ping dan mempercepat aplikasi lain. 

Program ini tidak akan mengizinkan game online Anda menghentikan program lain untuk mendapatkan bandwidth yang cukup. Selain itu, Anda dapat menemukan Turbo LAN yang dibundel dengan banyak motherboard dengan nama cFosSpeed, namun pada produk Asus, namanya diganti menjadi Turbo LAN.

Antarmuka LAN Turbo


Turbo LAN memiliki antarmuka yang mudah digunakan dengan opsi yang sedikit. Saat membuka aplikasi, Anda dapat melihat jendela dengan berbagai tab dan bagian. Terdapat Kecepatan Unggah dan Unduh Maksimum, dan status koneksi Anda saat ini menunjukkan kecepatan unggah dan unduh. 

Di panel sebelah kanan, Anda akan memiliki VoIP, Media Streaming, Games, dan File Sharing, memungkinkan Anda memprioritaskan dan mengalokasikan bandwidth ke setiap kategori berdasarkan kebutuhan Anda. 

Turbo LAN juga memiliki beberapa menu khusus untuk pengaturan lanjutan dan penentuan prioritas bandwith berdasarkan kriteria yang berbeda-beda, seperti berbagi file, protokol server, protokol klien, dll. Anda dapat memprioritaskan program tertentu secara permanen atau sementara. 

Fitur menarik lainnya adalah Anda juga dapat mengalokasikan anggaran internet ke setiap aplikasi untuk mengontrol penggunaan internet dan bisa membatasi waktu yang Anda habiskan di setiap aplikasi ataupun program.

Fitur traffic analysis yang ada pada Turbo LAN juga akan memungkinkan Anda untuk melacak segala sesuatu yang sberhubungan dengan penggunaan internet untuk setiap “slot”, seperti game, berbagi media, berbagi file, dan lain-lain. Anda dapat menentukan aplikasi mana yang terhubung ke koneksi internet yang tercantum dalam program. Ini juga memungkinkan Anda memantau setiap aplikasi dan penggunaan internetnya serta melihat aplikasi mana yang menghabiskan sumber daya internet Anda.

Fitur bermanfaat lainnya adalah memberi Anda laporan bulanan tentang penggunaan internet Anda. Oleh karena itu, Anda dapat melihat secara grafis berapa banyak internet yang Anda gunakan pada bulan-bulan sebelumnya dan membandingkan serta menganalisis penggunaan Anda. Ini tersedia dalam banyak bahasa di berbagai sistem operasi, menjadikannya serbaguna dan mudah digunakan oleh berbagai pengguna. Fitur iniakan memungkinkan Anda meminimalkan kelambatan saat bermain game.

Cara Kerja Turbo LAN


Turbo LAN, merupakan versi baru dari cFosSpeed, mengoptimalkan alokasi lalu lintas internet Anda dengan membagi paket data ke dalam kelas lalu lintas. Ia melakukan tindakan ini dengan cara berbeda:

  • Ini memprioritaskan lalu lintas data berdasarkan protokol lapisan-7, tag DSCP, nomor port, atau kriteria lainnya.

  • Ini meningkatkan kecepatan transfer dan meminimalkan ping dengan menyusun ulang paket data.

  • Perangkat lunak ini memonitor kecepatan jaringan dengan melampirkan driver ke tumpukan jaringan sistem operasi dan membuat semua paket data internet mengalir melalui driver tambahan ini.

  • Program ini mengenali ketika aplikasi tertentu mencoba memperlambat aplikasi lain sehingga bisa menjadi lebih cepat.

  • Ini menyeimbangkan kembali koneksi dan mengembalikan kecepatan Anda ke normal dengan mencegah program bersaing untuk mendapatkan bandwidth Anda.

Berikut adalah beberapa fitur lain yang ditemukan di aplikasi:

  • RX Sharing: Fitur ini bisa meminimalkan ping, terutama selama pengunduhan untuk mencegah operasi ini memperlambat yang lain.

  • Mode Low Latency: Program ini memiliki mode Low Latency yang memungkinkan Anda menyesuaikan fitur pembentukan lalu lintas. Ini sempurna untuk Voice over IP dan game online. Alternatifnya, Anda dapat mengaktifkan opsi “favorite bandwidth” atau “favorite ping time” untuk mengoptimalkan bandwidth atau mengurangi ping, bergantung pada kebutuhan Anda.

  • Firewall: Turbo LAN juga dapat berfungsi sebagai firewall untuk melindungi terhadap port dan paket yang tidak aman serta serangan online yang umum. Perangkat lunak ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan batasan tergantung pada kondisi Anda. Ini mudah diakses melalui antarmuka bebas kekacauan melalui Options > Settings.

Demikian ulasan tentang Semua Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Turbo LAN seperti yang dilansir situs slot, Semoga bermanfaat.