Deretan Warna Emas Yang Wajib Anda Ketahui Agar Tidak Salah Pilih
Warna Emas | Foto : Ruqyah Cirebon

Ruqyah Cirebon - Jika dibandingkan dengan jenis logam lainnya, emas murni cenderung memiliki tekstur yang lembut sehingga lebih rentan terhadap kerusakan dan deformasi. Untuk menghindari sifat tersebut, emas biasanya dicampur dengan jenis logam lain saat digunakan sebagai perhiasan. Tujuannya agar teksturnya lebih keras dan tidak mudah rusak.

Proses pencampuran emas dengan logam lain ini seringkali menyebabkan warna asli emas memudar atau bahkan berubah. Tapi, tahukah Anda berbagai macam Warna Emas yang berubah akibat adanya campuran logam lain saat dijadikan perhiasan dan bisa disesuaikan dengan selera Anda? Agar tidak salah memilih warna emas, yuk simak artikel di bawah ini. 

Deretan Warna Emas Yang Wajib Diketahui


Emas Kuning 


Sebagai warna dasar emas, semua orang pasti mengenal emas kuning. Karena masih mempertahankan warna dasarnya, emas kuning merupakan produk emas yang biasanya masih murni atau tidak banyak tercampur logam mulia lainnya di dalamnya.

Warna emas kuning umumnya menggunakan perak murni. Emas ini memiliki nilai banding tertentu. Dengan warna asli dan khasnya yang masih dipertahankan, emas kuning bisa dikatakan menjadi produk emas yang paling banyak peminatnya dibandingkan jenis warna emas lainnya.

Emas Putih


Selain emas kuning, emas putih juga merupakan jenis warna emas yang populer dipilih oleh para peminat logam mulia ini. Memiliki campuran perak murni, timah dan nikel, emas putih mengeluarkan warna keperakan yang menjadikannya unik dan menarik di mata setiap orang yang melihatnya. 

Emas Merah Atau Rose Gold 


Emas merah atau dikenal juga dengan nama rose gold merupakan produk emas yang memiliki warna menyerupai kulit apel. Warna pink yang unik muncul karena emas dicampur dengan tembaga dalam jumlah tertentu.

Dengan tampilannya yang demikian, rose gold sering dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan perhiasan. Namun produk perhiasan rose gold jenis ini umumnya memiliki harga per gram yang relatif mahal. Meski begitu, jenis emas ini bisa dibilang lumayan banyak peminatnya dan selalu dicari karena keunikannya.

Emas Hijau


Emas hijau ini terbentuk dari campuran emas murni dan perak murni. Selain itu, ada juga campuran dari tembaga dan kadmium. Campuran logam tersebut dapat menghasilkan warna emas hijau yang terlihat sangat indah dan cocok untuk dijadikan perhiasan. Namun warna emas hijau ini berbeda dengan batu akik yang tak kalah trendi di pasaran Indonesia.

Emas Biru


Seperti halnya emas hijau, emas biru tidak dianggap sebagai logam mulia yang bernilai tinggi seperti jenis emas lainnya. Warna emas biru sendiri terbentuk dari campuran dua logam saja yaitu besi murni dan emas murni. 

Emas Jingga 


Selain jenis warna emas yang disebutkan sebelumnya, ada juga jenis emas jingga. Warna emas jingga ini terbuat dari campuran perak murni dan tembaga. Tergantung ada atau tidaknya campuran perak murni dan tembaga di dalamnya, warna jingga pada emas dapat mempengaruhi dan menentukan kualitasnya.

Jika kandungan perak murninya lebih sedikit, maka warna oranye pada produk emas jenis ini akan semakin kuat. Begitu pula sebaliknya, semakin tinggi kandungan peraknya membuat warnanya semakin lembut meski masih bisa disebut emas jingga.

Emas Coklat


Mungkin belum banyak dari Anda yang pernah mendengar tentang produk emas dengan warna emas coklat. Meski begitu, tampilan dan corak emas coklat ini bisa dibilang terlihat cantik dan sering dijadikan perhiasan hingga membuat kalung atau anting.

Agar tercipta warna emas coklat, maka campuran logam mulia yang dibutuhkan yaitu emas murni, perak murni, dan paladium. Tentunya ada takaran khusus dari kombinasi logam-logam tersebut yang harus dipenuhi agar dapat membentuk produk emas dengan warna yang unik dan menarik tersebut.

Emas Abu-Abu


Tak kalah menariknya, ada juga jenis emas dengan warna emas abu-abu. Meski sedikit berbeda, namun banyak orang yang mungkin masih bingung saat harus membedakan warna emas jenis ini dengan emas putih.

Ternyata diantara keduanya terdapat perbedaan yang mudah untuk diperhatikan yaitu emas putih yang memiliki tampilan lebih berkilau dibandingkan warna emas ini. Agar emas berwarna abu-abu, maka campuran logam yang dibutuhkan yaitu emas murni, besi dan juga tembaga dalam jumlah tertentu.  

Emas Ungu 


Jenis warna emas terakhir yang cukup jarang ditemukan adalah emas ungu. Produk perhiasan emas ungu ini dibuat dengan mencampurkan emas murni dan alumunium. Karena perpaduan kedua jenis logam ini, emas akan mengalami perubahan warna dari kuning menjadi ungu keemasan yang terlihat sangat indah dan menarik.

Oleh karena itu, tidak heran jika perhiasan emas ungu selalu dicari oleh kalangan masyarakat tertentu sebagai pelengkap aksesorisnya. Siapa sangka bahwa emas memiliki variasi warna yang indah.

Mulai dari emas kuning, putih, merah emas, hingga emas biru dan ungu mampu memberikan pilihan warna yang unik dan dapat disesuaikan dengan tema fashion atau acara yang ingin Anda kenakan. Jadi, buang jauh-jauh anggapan bahwa warna emas itu monoton karena sebenarnya ada banyak jenis warna emas dengan keunikan dan daya tarik tersendiri yang bisa Anda pilih.

Demikian ulasan artikel tentang Deretan Warna Emas Yang Wajib Anda Ketahui Agar Tidak Salah Pilih seperti yang dilansir game online. Semoga bermanfaat.