Pandangan Mendalam tentang Peran dan Tanggung Jawab General Affairs dalam Perusahaan
General Affairs | Foto : Ruqyah Cirebon

Ruqyah Cirebon - Pernahkah Anda mendengar tentang posisi General Affair? Juga dikenal sebagai GA, pekerjaan ini dinilai sebagai salah satu posisi terkemuka di sebuah perusahaan. Maka tidak perlu heran lagi jika menjadi salah satu pekerjaan yang paling banyak dicari di kalangan pelamar kerja yang memiliki kualifikasi cukup. Jadi apa itu GA dan apa tanggung jawabnya? Sayangnya, masih sedikit orang yang mengetahui posisi ini. 

Apa itu Urusan Umum


GA adalah pekerjaan yang bertanggung jawab atas setiap aktivitas operasional dalam suatu perusahaan. Pekerjaan tersebut mencakup bantuan manajemen terutama untuk seluruh kegiatan. Mengingat apa yang dilakukan General Affairs, posisi ini tentunya merupakan bagian yang bernilai tinggi dan penting dalam bisnis. Seorang GA biasanya menjadi bagian dari tim Pengembangan Sumber Daya Manusia (HRD). Uraian tugas mereka juga mencakup pengelolaan aset di bawah pengawasan kepala operasional.

Kualifikasi Urusan Umum


Deskripsi pekerjaan GA tentu bukan pekerjaan untuk semua orang karena ini membutuhkan kualifikasi yang cukup tinggi. Pekerjaan mereka mencakup keterampilan manajemen dan organisasi khusus yang mungkin menantang bagi pelamar awal. Ada pengalaman dan persyaratan tertentu yang harus Anda penuhi pada sebelumnya. Berikut ini adalah beberapa keterampilan terpenting yang dibutuhkan saat ini.

Keterampilan Manajemen dan Administrasi


Deskripsi pekerjaan General Affairs Manager erat kaitannya dengan setiap keputusan yang diambil oleh perusahaan. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa keterampilan manajemen dan administrasi sudah dikuasai dengan baik oleh para calon.

Keterampilan manajemen mengacu pada teknik pengorganisasian sesuatu sedangkan administrasi adalah keterampilan yang berkaitan dengan administrasi perusahaan. Dengan memiliki kualifikasi tersebut, seorang GA diharapkan mampu menangani setiap tantangan dalam suatu pekerjaan dengan baik.

Penyelesaian masalah


Pengambilan keputusan suatu bisnis akan selalu sejalan dengan risiko yang mungkin datang sewaktu-waktu. Kesalahan sekecil apa pun dapat mempengaruhi keseluruhan proses operasional dalam suatu perusahaan.

Oleh karena itu, keterampilan pemecahan masalah merupakan suatu keharusan bagi setiap GA. Skill ini akan menjadi modal bagus yang akan membuat kemajuan tim lebih cepat ketika menghadapi suatu masalah.

Kemampuan berkomunikasi


Seorang manajer GA profesional harus memahami segala bentuk komunikasi dan mampu melakukannya dengan baik. Cara mereka berinteraksi dengan orang-orang di perusahaan juga harus menjadi salah satu pertimbangan karena mereka perlu membangun hubungan saling percaya dengan semua orang dan bertanggung jawab dalam setiap pengambilan keputusan. Oleh karena itu, kemampuan komunikasi penting untuk menghindari kesalahpahaman antar tim.

Apa yang Dilakukan Urusan Umum


Telah disebutkan sebelumnya bahwa GA bekerja erat dengan pengambilan keputusan di perusahaan. Namun, apa sebenarnya cakupan pekerjaan mereka? Berikut beberapa deskripsi pekerjaan utama mereka yang perlu Anda ketahui:

Menyelenggarakan Pembelian Aset


Aset perusahaan seperti komputer merupakan contoh aset operasional yang bersifat semi permanen dan dapat diganti dalam jangka waktu tertentu. Mengorganisir proses pembelian aset termasuk mencari yang paling sesuai adalah salah satu tanggung jawab pekerjaan.

Merawat Aset Perusahaan


Tak hanya membeli aset, mereka juga bertanggung jawab atas pemeliharaannya. Tugasnya antara lain memantau secara berkala dan menegur pegawai yang menggunakan aset secara sembarangan.

Menanggung Biaya Kebutuhan Operasional


Kegiatan operasional suatu perusahaan tidak lepas dari biaya-biaya rutin seperti tagihan listrik dan langganan internet. Memastikan bahwa perusahaan membayar secara teratur dan tepat waktu adalah salah satu tanggung jawab GA. Mereka juga perlu memperkirakan dana untuk pembayaran rutin tersebut.

Mengurus Gaji Freelancer


Beberapa perusahaan juga memiliki pekerja lepas untuk membantu kegiatan bisnisnya. Karena mereka bukan karyawan perusahaan, maka upah mereka akan berbeda. Pembayaran untuk freelancer juga merupakan bagian dari tugas GA.

Mengurus Renovasi Perusahaan atau Pembukaan Kantor Cabang


Sejumlah perusahaan pun mencoba mengembangkan usahanya dengan membuka cabang baru di lokasi lain. Manajer GA adalah seseorang yang juga terlibat dalam proses tersebut. Mereka bertugas mengelola anggaran dan kebutuhan logistik.

Fungsi Urusan Umum


Seorang GA secara tidak langsung menjalankan beberapa fungsi dalam perusahaan sekaligus menjalankan tanggung jawabnya sebagai berikut:

Pemeliharaan, berkaitan dengan pemeliharaan aset


Laporan, berkaitan dengan penyusunan laporan harta dan pengeluaran rutin untuk keperluan rapat

Perizinan, berkaitan dengan izin pihak luar


Relationship, menjaga komunikasi yang baik dengan pemasok atau pemangku kepentingan perusahaan lainnya

Indikator Kinerja Utama (KPI) Urusan Umum


Untuk mengukur kinerja karyawan suatu perusahaan seringkali disusun Key Performance Indicator (KPI). Sebagai GA, setiap tugas juga dapat dipantau dengan baik menggunakan KPI GA. Misalnya, berikut beberapa aspek atau bidang yang dapat dimasukkan:

1. Selesainya pembangunan atau renovasi bangunan dan fasilitas

2. Tingkat kepuasan masing-masing departemen terhadap GA

3. Durasi yang diperlukan untuk mengajukan izin resmi

4. Banyaknya protes masyarakat terhadap keputusan perusahaan dalam setahun

5. Kebersihan lingkungan kantor

Sekarang setelah Anda memiliki informasi rinci tentang pekerjaan Umum, apakah Anda tertarik melamar posisi ini? Menjadi seorang GA tentunya memiliki tanggung jawab yang besar, mengingat mereka akan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Operasional.

Demikian ulasan tentang Pandangan Mendalam tentang Peran dan Tanggung Jawab General Affairs dalam Perusahaan seperti yang dilansir slot88, Semoga bermanfaat.