Makanan Penting untuk Kesehatan Mata dan Penglihatan
Kesehatan Mata | Foto : Ruqyah Cirebon 

Ruqyah Cirebon - Mudah untuk menganggap remeh penglihatan Anda, namun merawat mata tidak harus sulit. Jika Anda dapat memasukkan lebih banyak makanan terbaik untuk kesehatan mata ke dalam makanan Anda, Anda dapat memberikan apa yang dibutuhkan mata Anda. Dengan kata lain, apakah Anda ingin meningkatkan peluang melihat dengan jelas seumur hidup? Sebaiknya pilih makanan yang baik untuk kesehatan mata. 

Ikan Salmon 


Menjaga kesehatan mata berarti menjaga kelembapannya. Beberapa makanan terbaik untuk kesehatan mata mungkin bermanfaat. Hal ini membantu mengurangi risiko mata kering, suatu kondisi tidak nyaman yang menjadi umum seiring bertambahnya usia. Jika Anda seorang wanita, lebih penting mengonsumsi salmon dan makanan lain yang mengandung omega-3 dan baik untuk kesehatan mata. Orang dengan jenis kelamin perempuan pada saat lahir 2 kali ini lebih mungkin mengalami mata kering.

Biji Bunga Matahari


Ya, Anda harus melindungi mata Anda dari sinar matahari. Tapi jangan biarkan namanya membodohi Anda, tidak perlu perlindungan di sini. Biji bunga matahari adalah salah satu makanan terbaik untuk penglihatan. Mereka mengandung vitamin E, antioksidan yang bisa melindungi mata dari stres oksidatif. 

Vitamin E juga membantu tubuh melawan sinar UV matahari yang berbahaya, sehingga mengurangi risiko katarak. Hal penting yang perlu diperhatikan di sini, meskipun tubuh Anda ini dapat mensintesis beberapa vitamin, maka Anda juga perlu mendapatkan vitamin E dari sumber makanan atau suplemen.

Kenari


Kenari merupakan salah satu makanan yang sangat baik sekali untuk kesehatan mata dan penglihatan Anda karena sangat kaya akan nutrisi seperti vitamin E, seng, dan asam lemak omega-3. Beberapa ahli juga mengatakan mereka secara khusus mengandung bentuk tumbuhan omega 3, asam alfa-linolenat (ALA). ALA kemudian dapat diubah oleh tubuh menjadi DHA dan EPA, sehingga kenari merupakan sumber omega yang sangat baik bagi vegan dan juga vegetarian yang tidak mengonsumsi ikan berlemak. 

ALA dalam kenari mungkin sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki masalah mata akibat diabetes. Menurut penelitian, ALA ini juga dapat membantu memperbaiki penyakit mata kering dan retinopati pada penderita diabetes. Kulp menjelaskan bahwa gula darah tinggi dapat berdampak negatif pada pembuluh darah di mata, sehingga makanan kaya serat yang akan membantu untuk menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh dan semakin meningkatkan kesehatan mata pada penderita diabetes ini.

Kuning telur


Telur, salah satu makanan sarapan favorit orang Amerika, mungkin bisa menjadi pilihan yang baik untuk menunjang kesehatan mata. Kuning telur merupakan sumber sejenis karotenoid yang dikenal sebagai lutein, yang sangat tersedia secara hayati. Lutein juga telah terbukti mengurangi penyakit makula terkait usia.Konsumsi telur dalam jumlah sedang secara signifikan mengurangi risiko penyakit makula terkait usia stadium akhir, menurut penelitian selama 15 tahun yang diterbitkan pada Februari 2020 yang lalu.

Manfaat lutein, salah satu nutrisi terbaik untuk kesehatan mata, tidak hanya sampai disitu saja. Lutein dan zeaxanthin, karotenoid lain yang ditemukan dalam telur, kuning telur juga dapat memperbaiki pigmen makula yang rendah pada orang dewasa yang lebih tua. Ini adalah salah satu faktor risiko dari degenerasi makula terkait dengan usia, yang bisa menyebabkan hilangnya penglihatan secara bertahap 

dan terkadang total seiring berjalannya waktu. Beberapa penelitian sebelumnya telah mencatat dan menemukan hubungan antara konsumsi telur dan peningkatan pigmentasi makula pada orang dewasa yang lebih tua. Kuning telur juga merupakan sumber nutrisi sehat mata lain seperti zinc dan vitamin A.

Kubis


Seperti sayuran berdaun gelap lainnya seperti sawi, lobak, dan bayam, kangkung merupakan salah satu makanan terbaik untuk kesehatan mata. Selain itu, kangkung adalah jenis sayuran yang juga jauh lebih baik untuk mata jika dibandingkan wortel ini. Kubis sangat kaya akan antioksidan lutein dan zeaxanthin. 

Sehingga dapat membantu mengurangi kerusakan jaringan mata akibat sinar matahari dan mengurangi risiko masalah mata. Dokter merekomendasikan sayuran yang kaya lutein, seperti kangkung, karena karotenoid juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit mata yang dapat menyebabkan kebutaan.

Kunyit


Saffron adalah ramuan berwarna merah cerah yang berasal dari bunga saffron. Pemanenannya membutuhkan banyak tenaga, karena setiap bunga hanya menghasilkan beberapa helai safron, sehingga harganya mahal, namun jika Anda bisa mendapatkannya, ini adalah salah satu makanan terbaik untuk kesehatan mata. Saffron memainkan sejumlah peran dalam melindungi kesehatan mata. Telah terbukti mengurangi tekanan intraokular pada glaukoma, melindungi retina pada penderita tekanan darah tinggi. 

Dan meningkatkan penglihatan pada penderita degenerasi makula tahap awal. Tidak mengherankan, kunyit mengandung senyawa yang memiliki sifat antioksidan. Menurut beberapa ulasan pada bulan Agustus 2020 yang lalu, terdapat banyak penelitian yang mendukung kemampuan terapeutik kunyit untuk membantu dalammengobati penyakit mata seperti degenerasi makula terkait usia dan glaukoma.

Demikian ulasan tentang Makanan Penting untuk Kesehatan Mata dan Penglihatan, klik disini untuk informasi selengkapnya, terimakasih.