Ternyata Begini Cara Mengajari Anak Mengaji Dengan Tepat
Anak Mengaji | Foto : Berbagai Sumber 

Ruqyah Cirebon - Sebagai umat Islam, mendidik anak beribadah adalah sebuah kewajiban. Tidak hanya belajar shalat wajib dan sunnah saja, anak-anak juga harus belajar mengaji dan menafsirkan setiap ayat yang dibacanya. Namun, mengajarkan hal-hal baru kepada anak selalu mempunyai tantangan tersendiri bagi para orang tua, termasuk dalam mengajarkan mengaji.

Nah, agar belajar mengaji menjadi kegiatan yang menyenangkan dan tidak membuat anak bosan. Anda perlu kreatif dalam metode dan media dalam mengajar. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa Cara Mengajari Anak Mengaji. 

Cara Mengajari Anak Mengaji


Mendengarkan Lantunan Al-Quran


Jika anak Anda belum bisa membaca Al-Quran dengan lancar, maka Anda dapat membantu dengan menyiapkan murottal atau mendengarkan bacaan Al-Quran. Anda bisa menggunakan beberapa media untuk belajar mengaji seperti video streaming, aplikasi, atau Al-Quran elektronik.

Ketika anak sudah terbiasa mendengarkan bacaan Alquran, maka ia mempunyai kecenderungan untuk meniru dan mengulanginya. Tanpa disadari, lantunan Alquran akan terekam dalam benak anak dan lambat laun ia akan mampu menghafalnya. Mengajak anak tadarus Al-Quran untuk mendengarkan dan menyimak secara langsung, Anda juga bisa mencoba menerapkan cara ini.

Menggunakan Timer


Agar belajar mengaji lebih seru bagi anak, Anda juga bisa menggunakan timer sebagai alatnya. Anda dapat menyetel pengatur waktu dan memulai hitungan mundur bersamaan dengan saat anak Anda sedang membaca Al-Quran. Cara ini dapat membuat anak menjadi lebih terampil dan pembelajaran pun menjadi lebih menyenangkan.

Belajar Mengaji Bersama


Mengajari anak mengaji agar tidak bosan juga bisa dilakukan dengan ikut Anda mengaji. Jadi, cobalah metode mengaji secara berantai atau terus menerus. Tidak hanya mengaji saja, cara ini juga bisa dijadikan sebagai media untuk memacu anak dalam menghafal huruf, sehingga cepat mengingat huruf atau ayat Alquran.

Anda bisa memulainya dengan membaca suratnya terlebih dahulu. Baca saja beberapa ayat dan mintalah anak untuk menghubungkannya, dan lanjutkan dengan Anda. Belajar mengaji bersama dapat melatih kekompakan keluarga.

Menggunakan Media Lain


Mengajari anak mengaji tidak selalu harus dilakukan dengan menggunakan buku Iqra atau Alquran. Namun, Anda juga bisa mencoba media lain yang membuat anak lebih nyaman ketika belajar mengaji. Misalnya, Anda bisa memutar surah Al-Quran melalui video YouTube atau podcast sambil membaca Al-Quran. Cara ini dapat membantu anak melatih pelafalan dan pengucapannya.

Membuat Kuis Tebak Huruf


Cara ini dijamin akan membuat anak betah dan semangat belajar mengaji. Cobalah membuat kuis seru bersama anak Anda yang bertemakan Al-Quran. Pertama, Anda bisa memulai kuis menguraikan huruf hijaiyah, lalu meminta anak Anda untuk mengurutkannya. Selanjutnya coba ajak anak menebak pengucapan huruf hijaiyah. Anda bisa mengemas permainan ini dalam berbagai bentuk, seperti scrapbook atau kartu.

Menghargai Usaha Anak


Menghargai usaha anak dalam proses pembelajaran Al-Quran merupakan bagian yang paling penting, karena hal ini dapat menjadikan anak lebih termotivasi dan mau belajar lebih lanjut. Anda juga bisa memberikan hadiah kecil seperti kata-kata penyemangat dan terima kasih, dan Anda juga bisa memberikan makanan favoritnya kepada anak Anda. Cara ini membuat anak merasa dihargai dan bersemangat untuk terus belajar.

Mengenalkan Huruf Hijaiyah Dengan Cara Yang Menyenangkan


Mengenal huruf hijaiyah pada anak bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Misalnya saja dengan menggunakan gambar hijaiyah warna warni. Kemudian tempelkan pada dinding kamar atau ruang bermain, agar anak mudah mempelajarinya.

Gunakan Istilah Yang Unik Saat Belajar


Istilah unik yang bisa Anda gunakan di sini berarti mengganti bunyi huruf hijaiyah dengan kata benda atau kata kerja. Misalnya huruf ba menjadi balon, huruf ta menjadi tali. Selain itu bisa juga menggunakan perumpamaan sesuai uraiannya, misalnya huruf jim mirip dengan perut gendut.

Dengan menggunakan istilah atau kata ganti pada setiap huruf, hal ini dapat membantu anak lebih fokus dan lebih mudah mengingat. Jika saat belajar mengaji, anak Anda lupa huruf-huruf tersebut, maka Anda bisa mengingatkannya dengan istilah atau kata pengganti.

Ulangi Huruf Hijaiyah Setiap Hari


Umumnya anak perlu mempelajari sesuatu secara berulang-ulang. Oleh karena itu, setiap huruf hijaiyah perlu diulang-ulang agar anak lancar membacanya. Anda bisa membuat jadwal khusus untuk belajar iqra atau memanfaatkan waktu bermain anak Anda untuk membaca huruf hijaiyah.

Memanfaatkan Teknologi Untuk Belajar Mengaji


Anda bisa memanfaatkan gadget sebagai media untuk mengajarkan anak membaca iqra. Misalnya saja dengan mendownload aplikasi iqro digital yang dilengkapi berbagai ilustrasi, anak-anak dapat belajar membaca doa iqra dengan menyenangkan. Selain itu, saat ini juga banyak sekali video edukasi di internet tentang huruf hijaiyah yang disertai dengan ilustrasi dan musik yang disukai anak-anak.


Demikian ulasan artikel tentang Wah, Ternyata Begini Cara Mengajari Anak Mengaji Dengan Tepat seperti yang dilansir rtp gacor. Semoga bermanfaat.