Rekomendasi Minuman Khas Sumatera Yang Wajib Anda Coba Sekarang Juga
Air Kawa | Foto : Ruqyah Cirebon 

Ruqyah Cirebon - Selain terkenal dengan makanan khasnya yang enak, daerah di Sumatera juga banyak mempunyai minuman khas. Tentunya minuman khas Sumatera ini memiliki cita rasa yang unik dan sayang untuk Anda lewatkan. Lalu apa saja Minuman Khas Sumatera tersebut? Yuk simak ulasannya dibawah ini.
 

Rekomendasi Minuman Khas Sumatera


Roco Timun


Minuman khas Sumatera pertama yang perlu Anda coba adalah roco timun. Ini adalah minuman yang banyak Anda temukan di daerah Sumatera Utara. Minuman khas sumatera ini terbuat dari timun dan kelapa muda. Selain timun dan kelapa muda, segelas timun roco ini juga mengandung gula merah dan daun pandan. Perpaduan dan kombinasi inilah yang akan membuat minuman ini menjadi sangat segar.

Minuman ini menjadi pilihan yang cocok untuk Anda saat ingin melepas dahaga. Minuman ini juga sangat cocok untuk Anda coba di hari yang panas. Saat bulan puasa, minuman ini juga bisa menjadi salah satu pilihan Anda untuk berbuka puasa.

Aia Kawa


Bagi Anda penggemar kopi dan ingin mencoba kopi dalam bentuk lain, minuman khas Sumatera ini menjadi pilihan yang patut Anda coba. Minumannya adalah aia kawa. Minuman yang berasal dari Sumatera Barat ini merupakan minuman yang terbuat dari daun kopi. Jika yang biasa Anda cicipi adalah biji kopi, pada minuman ini Anda akan mencoba cara pembuatan daun kopi. 

Nantinya, daun kopi tersebut akan diseduh menggunakan air panas. Cara menyeduhnya mirip dengan saat Anda menyeduh teh. Keunikan lainnya yang akan Anda dapatkan dari minuman ini adalah Anda akan menggunakan batok kelapa sebagai pengganti gelas. 

Aia kawa ini merupakan salah satu minuman legendaris yang sangat disukai kalangan anak muda sekarang. Dan tentunya minuman ini masih sangat nikmat untuk Anda coba sekarang. Minuman ini cocok Anda coba di sore hari saat bersantai.

Es Tebak


Selain aia kawa, Sumatera Barat juga punya minuman khas Sumatera lainnya yang sayang untuk dilewatkan. Minumannya yaitu es tebak. Sekilas mungkin Anda akan tertarik dengan namanya yang unik. Namun jika Anda sudah mencobanya sekali, maka Anda juga pasti tertarik dengan rasa dari minuman ini.

Es Tebak sendiri merupakan minuman yang berisikan buah lontar, cincau hitam, tape ketan, dan tentunya tebakan. Pasti bingung dengan yang namanya Tebak, Tebakan merupakan makanan yang bentuknya mirip cendol dan terbuat dari campuran tepung sagu dan tepung ketan. 

Nantinya campuran bahan tersebut dimasak dengan menggunakan kapur sirih yang juga dicampur dengan air garam. Minuman es tebak ini juga akan disajikan dengan es serut dan sirup kental manis. Semua campuran ini akan membuat minuman ini terasa sangat nikmat dan juga sangat menyegarkan.

Teh Susu Telur


Bagi Anda yang sedang mencari minuman hangat yang bisa menemani di malam hari, maka minuman khas Sumatera ini bisa menjadi pilihan Anda. Teh Susu Telur yang merupakan minuman khas Sumatera Utara ini menjadi minuman hangat yang bisa menjadi pilihan Anda di malam hari.

Anda akan sangat mudah menemukan minuman ini ketika berkunjung ke Medan. Apalagi di malam hari, ini menjadi salah satu pilihan minuman yang banyak Anda temukan, bahkan di penjual pinggir jalan sekalipun. Seperti namanya, minuman ini mengandung teh, susu dan kuning telur serta ditambahkan gula.

Ketika sudah selesai, maka semua bahan tersebut harus diseduh menggunakan air panas. Untuk kuning telur biasanya menggunakan telur ayam atau telur bebek. Tidak perlu khawatir dengan rasa yang dihasilkan dari semua campuran tersebut. Semua campuran tersebut tentu akan menghasilkan cita rasa yang nikmat.

Es Laksamana Mengamuk


Minuman khas Sumatera lainnya yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke sana adalah es laksamana mengamuk. Inilah minuman yang akan sangat mudah Anda temukan ketika berkunjung ke daerah Riau. Tentu saja rasa dari minuman ini akan sangat menyegarkan ketika Anda mencobanya.

Es Laksamana Mengamuk ini terbuat dari mangga yang sudah dicampur dengan santan, lalu gula merah dan es. Es seperti ini banyak dicari oleh masyarakat disaat siang hari karena dapat memuaskan dahaga Anda. Es ini juga akan memberikan rasa yang segar sehingga cocok untuk Anda coba di siang hari saat matahari sedang terik.

Jus Martebe


Bagi Anda penggemar jus, jangan sampai melewatkan untuk mencoba minuman khas Sumatera yang satu ini. Jus Martebe merupakan salah satu jus asli Sumatera yang mudah Anda temukan saat berkunjung ke Sumatera Utara.

Martebe sendiri merupakan singkatan dari markisa terong belanda. Perpaduan kedua buah ini tidak hanya menghasilkan rasa manis, namun juga memberikan rasa segar yang mampu melepas dahaga. Ini merupakan pilihan minuman yang cocok untuk Anda coba di siang hari.

Dadiah


Mungkin banyak dari Anda pecinta yoghurt. Dan jika Anda salah satunya, maka saat berkunjung ke Sumatera Anda juga bisa mencoba yoghurt khas Sumatera yaitu dadiah. Dadiah sendiri merupakan minuman khas sumatera, ini merupakan minuman tradisional Minangkabau yang tentunya mempunyai banyak penggemar. Minuman khas ini memiliki keunikan dalam proses pembuatannya. 

Berbeda dengan yoghurt pada umumnya, minuman ini menggunakan bambu sebagai wadah fermentasi alami. Dengan segala macam proses yang masih menggunakan cara tradisional, tak heran jika minuman ini juga akan menghasilkan cita rasa yang sangat unik. Selain soal rasa, minuman ini juga memiliki banyak manfaat dan khasiat yang baik untuk tubuh.

Demikian ulasan tentang Rekomendasi Minuman Khas Sumatera Yang Wajib Anda Coba Sekarang Juga seperti yang dilansir alexistogel, Semoga bermanfaat.