Oleh-Oleh Khas Medan Yang Wajib Dibawa Pulang Oleh Wisatawan
Medan Napoleon | Foto : Ruqyah Cirebon 

Ruqyah Cirebon - Medan menawarkan pengalaman kuliner tak terlupakan dengan cita rasa otentik dan aroma menggoda. Mulai dari jajanan gurih hingga kue tradisional yang lezat, oleh-oleh Medan juga menawarkan beragam pilihan untuk memuaskan selera para pecinta kuliner. Pada artikel kali ini kami akan mengajak Anda menjelajahi berbagai Oleh-Oleh Khas Medan yang patut untuk dicoba dan dibawa pulang. Yuk, baca sampai akhir!

Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Medan


Bika Ambon


Bika ambon merupakan kue tradisional Medan yang terbuat dari campuran tepung terigu, telur, gula pasir, santan dan air daun pandan. Makanan ini memiliki tekstur lembut dan aroma pandan yang khas. Kisaran harga bika ambon antara Rp30.000–50.000 per loyang, tergantung ukuran dan merk yang dijual. Salah satu Bika Ambon populer di Medan bisa kamu kunjungi di Jalan Mojopahit No.62 Medan!

Bolu Meranti


Bolu meranti merupakan salah satu makanan khas yang ada di Medan. Kuenya sendiri terdiri dari lapisan lembut berisi selai seperti coklat atau strawberry. Harga kue bolu meranti bervariasi, sekitar Rp 20.000–50.000 per loyang, tergantung ukuran dan merk yang dijual.

Bingkai Ubi 


Bingka ubi terbuat dari tepung ketan, santan, gula pasir, dan ubi parut yang dikukus. Oleh-oleh khas Medan ini memiliki rasa manis yang khas sehingga cocok untuk anda bawa pulang. Harga bingkai ubi jalar berkisar Rp 10.000–20.000 per kotak, tergantung ukuran dan tempat pembelian.

Lapis Legit Medan


Kue lapis legit ini terbuat dari campuran tepung terigu, telur, santan, gula pasir dan pewarna makanan. Teksturnya kenyal dengan rasa manis yang nikmat. Kisaran harga lapisan legit ini adalah Rp 20.000–40.000 per kotak, tergantung ukuran dan merek yang dijual.

Medan Napoleon


Oleh-oleh khas Medan ini merupakan jenis kue yang terdiri dari lapisan-lapisan tipis dengan isian krim lembut di antaranya. Kue ini disukai oleh banyak orang karena memiliki rasa yang gurih. Biasanya bidang napoleon juga ditaburi gula halus sebagai hiasan. Harga bidang napoleon bisa berbeda-beda tergantung ukuran dan merk yang dijual. Namun umumnya satu kotak berukuran sedang (sekitar 8-10 buah) berkisar antara Rp50.000–100.000.

Roti Ganda


Roti ganda ini menjadi salah satu makanan favorit keluarga. Roti ini terdiri dari dua lapis roti dengan berbagai jenis isian antara lain kacang hijau, kacang merah, selai kacang, coklat, keju, dan lain sebagainya.

Roti ganda biasanya dibuat dalam berbagai ukuran, dari yang kecil hingga yang besar. Harganya bervariasi tergantung ukuran dan isiannya. Untuk ukuran kecil, maka harga jualnya sekitar Rp 10.000–20.000 per potong. Untuk ukuran lebih besar, harganya bisa Rp 30.000–50.000 per potong.

Wingko Babat


Wingko babat terbuat dari campuran kelapa parut, gula kelapa, dan tepung ketan. Kue ini memiliki tekstur yang kenyal serta rasa yang manis dan gurih. Kisaran harga babat wingko sekitar Rp 10.000–20.000 per bungkus, tergantung ukuran dan tempat pembelian.

Serabi Medan


Serabi Medan terbuat dari campuran tepung beras dan santan yang dituangkan ke dalam wajan datar khusus. Harga serabi Medan berkisar Rp5.000–10.000 per potong, tergantung ukuran dan tempat pembelian. Anda bisa membeli berbagai rasa seperti pandan, coklat atau keju.

Keripik Pare


Keripik renyah ini terbuat dari buah pare yang diiris tipis lalu dikeringkan dan digoreng. Rasa keripik pare ini sedikit pahit sehingga memiliki rasa yang khas. Harga keripik pare berkisar Rp 10.000–20.000 per bungkus, tergantung ukuran dan merek yang dijual.

Leker Medan


Leker ini memiliki tekstur wafer yang renyah dan tipis sehingga memberikan sensasi nikmat saat dikunyah. Di dalam lipatannya terdapat krim coklat atau krim keju yang nikmat menambah kelezatan dan kelembutan makanan ini. Kue ini bisa Anda temukan di toko pasar tradisional atau pusat oleh-oleh. Harganya berkisar Rp 10.000–20.000 per bungkus, tergantung merek dan ukuran kemasan.

Lompong


Lompong terbuat dari adonan ketan yang dikukus dalam bambu. Makanan ini memiliki tekstur kenyal dan rasa gurih. Harganya berkisar Rp 5.000–10.000 per bungkus, tergantung ukuran dan tempat pembelian. Harga ini bisa berubah sewaktu-waktu. Oleh karena itu, sebaiknya bandingkan harga dan kualitas dari beberapa penjual sebelum membeli. Selamat berburu oleh-oleh Medan yang enak dan populer!

Pia Tamiang


Pia Tamiang merupakan salah satu oleh-oleh khas Medan yang menggoda lidah dengan ciri khasnya yang unik. Dengan bentuk pipih dan warna coklat yang khas, pia ini menawarkan sensasi renyah di luar dan isian padat di dalam.

Berbeda dengan pia Jogja, pia Tamiang memiliki umur simpan yang cukup lama sehingga sangat cocok dijadikan oleh-oleh dari Medan. Harga pia Tamiang bervariasi, penjualan satu kotaknya berkisar antara Rp50.000 hingga Rp150.000, tergantung rasa dan kemasan yang dipilih.

Manisan Jambu 


Oleh-oleh khas Medan berikutnya adalah manisan jambu biji. Ya, manisan jambu menjadi pilihan unik sebagai oleh-oleh khas Medan yang menyulap buah jambu menjadi sajian manis yang nikmat. Buah jambu biji yang biasa Anda nikmati dalam keadaan segar, disajikan dalam bentuk manisan dengan rasa asam manis yang memikat serta tekstur renyah yang memanjakan.

Jika Anda berkesempatan berkunjung ke Medan, manisan jambu biji ini bisa Anda temukan di berbagai toko oleh-oleh dengan harga yang terjangkau, hanya berkisar Rp 15.000,00 per kilogram.

Demikian ulasan tentang Oleh-Oleh Khas Medan Yang Wajib Dibawa Pulang Oleh Wisatawan alexistogel login. Semoga bermanfaat.