Ternyata Begini Tips Mengumpulkan Dana Pensiun Dengan Optimal
Mengumpulkan Dana | Foto : Ruqyah Cirebon 

Ruqyah Cirebon - Saat masih muda, sebagian besar dari Anda mungkin sama sekali tidak memikirkan bagaimana kehidupan di masa tua nanti. Meski terasa masih lama, namun setiap orang sebenarnya harus bisa mempersiapkan segala kebutuhannya di masa pensiun agar tidak menjadi beban keluarga saat sudah tidak produktif lagi. 

Salah satu caranya adalah dengan mengumpulkan dana pensiun sejak dini. Di Indonesia, rata-rata usia pensiun adalah antara 55 tahun hingga 65 tahun. Dengan kata lain, jika saat ini Anda sudah menginjak tahun ketiga, berarti waktu pengumpulan dana pensiun tinggal 20 hingga 30 tahun lagi. 

Semakin sedikit waktu yang tersedia untuk menyiapkan dana pensiun, maka semakin besar anggaran yang harus disiapkan setiap bulannya. Mengetahui hal tersebut, Anda harus bisa segera mencari cara agar dana pensiun Anda bisa cepat terpenuhi sesuai target. Nah berikut ini kami akan membahas Tips Mengumpulkan Dana pensiun secara maksimal. Berikut penjelasan lengkapnya. 

Pentingnya Mengumpulkan Dana Pensiun Sedini Mungkin


Dana pensiun adalah dana yang dikumpulkan dan disimpan pada saat seseorang berada pada masa produktif untuk digunakan memenuhi segala kebutuhannya di hari tua. Karena pemahaman tersebut, tidak jarang masyarakat menyebut alokasi dana ini sebagai dana hari tua.

Mengenai cara menghimpun dana pensiun sendiri, dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu secara perseorangan atau mandiri, dan melalui lembaga keuangan atau perusahaan. Proses pengumpulannya sendiri juga dapat dilakukan dengan perusahaan pemberi kerja melalui pembayaran iuran bulanan secara berkala.

Terlepas dari itu semua, dana pensiun ini merupakan simpanan atau pos keuangan yang diakumulasikan selama seseorang masih mampu bekerja dan mempunyai penghasilan. Kemudian, seluruh dana yang dialokasikan tersebut nantinya akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka ketika sudah tidak produktif lagi atau tidak mempunyai pendapatan sehingga kebutuhannya tetap dapat terpenuhi sepenuhnya.

Tentu saja, semakin dini seseorang mengumpulkan dana pensiun, maka semakin cepat pula target keuangannya tercapai. Dengan mengumpulkan dana dalam jangka waktu yang lama, maka nominal anggaran yang harus disisihkan akan lebih ringan. Jadi, alokasi dana untuk memenuhi kebutuhan saat ini tidak dipotong terlalu banyak agar pos-pos keuangan tersebut bisa tercapai.

Tips Mengumpulkan Dana Pensiun


Setelah mengetahui berapa nominal dana pensiun yang perlu dikumpulkan sesuai usia pensiun, ada beberapa tips yang penting diketahui agar hal tersebut dapat berjalan lancar. Untuk lebih jelasnya simak tips mempersiapkan dana pensiun secara optimal berikut ini.

Disiplin Menyimpan


Jumlah nominal dana pensiun yang begitu besar, dan jangka waktu pengumpulan yang lama menuntut Anda untuk bisa konsisten dan disiplin dalam menabung hingga tujuan tersebut tercapai. Seseorang perlu menyisihkan sekitar 10 persen dari pendapatan bulanannya untuk dialokasikan pada pos keuangan.

Hal ini tentunya juga tergantung pada jumlah dana pensiun yang harus dikumpulkan dan jangka waktu pengumpulannya. Oleh karena itu, usahakan untuk mulai mengumpulkan dana pensiun sedini mungkin agar tidak semakin membebani kondisi keuangan Anda.

Lunasi Semua Angsuran Saat Ini


Khusus cicilan rumah atau KPR, pastikan beban keuangan sudah selesai sebelum memasuki masa pensiun. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan hunian tersebut untuk ditinggali tanpa harus membayar cicilan atau sewa yang bisa membuat pengeluaran Anda menjadi lebih besar.

Siapkan Asuransi Prioritas


Selain menyiapkan anggaran khusus untuk menghimpun dana pensiun, jangan lupakan pentingnya memiliki asuransi yang menjadi prioritas. Jika Anda memiliki kendaraan atau sedang berusaha menggalang dana pendidikan untuk anak Anda, mungkin Anda juga perlu mempertimbangkan untuk mengajukan asuransi kendaraan dan asuransi pendidikan.

Hal ini bertujuan untuk menghindari risiko mengalami pengeluaran yang besar akibat membayar biaya rumah sakit. Risiko kecelakaan atau kematian juga dapat diantisipasi dengan asuransi kendaraan dan asuransi jiwa, serta pendidikan anak terjamin karena diberikan asuransi pendidikan. Kehidupan di hari tua bisa dijalani tanpa tanggungan sehingga kondisi keuangan menjadi lebih stabil. 

Pilihan Tempat Menyimpan Dana Pensiun


Deposito


Ternyata deposito juga menjadi salah satu instrumen investasi yang cocok untuk menyiapkan dana pensiun sejak dini. Bahkan, instrumen investasi ini dinilai populer dan banyak dijadikan pilihan investasi dana pensiun. Alasannya karena deposito merupakan instrumen investasi yang menawarkan imbal hasil yang cukup stabil dibandingkan instrumen investasi lainnya.

Jadi, deposito merupakan pilihan investasi yang relatif aman jika dilihat dari profil risiko yang ada. Apalagi deposito tidak jauh berbeda dengan tabungan. Dengan begitu, pengalokasian dana tidak mengganggu kebutuhan hidup sehari-hari.

Saham


Instrumen investasi pertama yang bisa dijadikan pilihan dalam menyiapkan dana pensiun adalah saham. Instrumen investasi ini merupakan salah satu yang menawarkan return yang cenderung lebih besar jika dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya. Sejalan dengan peluang keuntungan yang tinggi, profil risiko investasi saham juga relatif tinggi.

Oleh karena itu, instrumen investasi ini tidak disarankan bagi seseorang yang toleransi risikonya rendah. Ditambah lagi, aturan kepemilikan saham juga mengalami perubahan, dari yang tadinya minimal 500 lembar, kini hanya 100 lembar. Jika Anda masih ragu atau kurang paham, Anda bisa menggunakan jasa broker atau pialang saham untuk mengelola saham tersebut. Sambil belajar dan mencari informasi mendalam mengenai pengelolaan investasi saham dengan tujuan dana pensiun.

Demikian ulasan tentang Wah, Ternyata Begini Tips Mengumpulkan Dana Pensiun Dengan Optimal seperti yang dilansir alexistogel, Semoga bermanfaat.