Alasan Larangan Berobat ke Tempat Dukun - Ruqyah Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan

Alasan Larangan Berobat ke Tempat Dukun

Alasan Larangan Berobat ke Tempat Dukun

Alasan Larangan Berobat ke Tempat Dukun. Tiap penyakit sudah ada obatnya, kecuali penyakit tua dan menjadi sebab kematian, itu adalah janji Allah s.w.t. Oleh sebab itu tiap yang sakit diwajibkan untuk berikhtiar, berobat.
Tentu saja ikhtiar yang diperbolehkan adalah ikhtiar yang tidak melanggar syariat. Pengobatan yang tidak melanggar ketentuan agama baik dari segi cara maupun zat dan media yang digunakan dalam proses pengobatan.

Penyakit bermacam-macam, ada penyakit jasmani dan penyakit rohani. Cara pengobatannya pun berbeda, ada yang memerlukan penganannya medis ada pula yang memerlukan terapi secara rohani.
Tetapi harus diingat semua pengobatan itu, tidak boleh bertentangan dengan ketentuan yang telah digariskan dalam  agama islam. Jika secara medis dengan berobat ke dokter, maka pengobatan rohani dilakukan oleh mereka yang ahli dibidang spiritual.
Pengobatan secara spiritual bisa meminta bantuan mereka yang ahli dibidang agama, tetapi ada juga yang meminta bantuan dari dukun. Sebutan dukun diberikan bagi mereka dipercaya memiliki kemampuan supranatural.
Dukun memiliki beberapa nama lain seperti, orang pintar, atau paranormal. Mereka diyakini mampu melihat dan berkomunikasi dengan makhluk tak kasat mata yang hidup  di sebelah sana.
Berikhtiar boleh dilakukan ke mana saja, hanya saja ada Larangan Berobat ke Tempat Dukun yang secara tegas dalam agama. Hal ini tidak lain karena proses pengobatan yang dilakukan sering kali bertentangan dengan ketentuan syariah.
Ini beberapa alasan dilarang bertanya pada dukun.
  • Bekerja sama dengan makhluk astral
Praktik kerumunan biasa sering menggunakan bantuan makhluk supranatural. Mengerti semua bisa terlaksana dengan bantuan Mahluk tersebut sama saja dengan menyekutukan Allah.
Anda yang datang meminta bantuan dukun berarti meyakini masalah anda akan diselesaikan dengan bantuan makhluk tak kasat mata. Anda merasa ragu dengan Allah s.w.t yang mampu menyelesaikan semua masalah.
Bahkan bahkan sebuah hadits ditegaskan bahwa jika seseorang mendatangi dukun untuk bertanya mengenai sesuatu hal dan meyakini jawaban tersebut, maka orang tersebut telah mengingkari syariat.
Umat Islam dilarang untuk mempercayai segala sesuatu yang datang dari dukun. Oleh sebab itu berhati-hati lah, mencari pertolongan. Jangan sampai perbuatan anda menghilangkan semua amal ibadah yang telah dilakukan.
  • Ramalan
Saat ini banyak orang yang mendatangi dukun untuk menanyakan ramalan keadaan dimasa depan. Hal yang ditanyakan tentang usaha, umur dan lain sebagainya, tujuannya agar bisa membuat perencanaan sesuai ramalan tersebut.
Sudah dijelaskan sebelumnya Larangan Berobat ke Tempat Dukun karena ramalan yang diberikan berdasarkan bisikan makhluk halus. Ancaman mempercayai ramalan adalah syirik atau menduakan Allah s.w.t.
Manusia hanya bisa merencanakan dan berusaha. Hasil akhir hanya sesungguhnya sudah ditentukan oleh pencipta alam semesta. Oleh sebab itu tidak boleh menanyakan keadaan di masa depan.
Pengobatan yang dilakukan tidak sesuai dengan syariat. Jika a sembuh sesungguhnya karena Allah mengizinkan, karena proses mencari kesembuhan melalui jalan yang tidak di ridho maka amalan akan hilang.
Alasan lain tidak diperkenankan menanyakan ramalan karena masa depan adalah rahasia Allah. Kita hanya bisa menjalani tanpa bisa bertanya. Keyakinan bahwa Allah memberikan yang terbaik untuk kehidupan ke depannya harus dimiliki setiap manusia.
  •  Sihir
Saat ini ilmu perdukunan yang menggunakan ilmu sihir seakan tidak ditutupi lagi  jika sebelumnya praktik sihir dilakukan secara sembunyi-sembunyi, kini praktik sihir sudah banyak ditawarkan secara langsung.


Ilmu santet yang bisa mencelakakan orang lain diiklankan di media sosial bahkan di televisi. Ini menjadi salah satu sebab larangan berobat ke tempat dukun karena bisa mencelakakan orang lain.
Sihir merupakan perbuatan yang mendekatkan diri pada syaitan. Dalam praktiknya perbuatan santet harus menggunakan beberapa zat perantara,  seperti darah, binatang ternak yang digunakan sebagai sesajen, semua hal yang dilarang oleh agama.
Mengirimkan musibah bagi orang lain dengan bantuan Mahluk tak kasat mata, sehingga orang tersebut mendapatkan kesusahan dilarang dalam agama. Sesuatu yang melanggar akan menimbulkan dosa jika dilakukan.
Ilmu supranatural ini telah lama dikenal, bahkan sejak zaman sebelum Islam datang. Penggunaannya pun sudah dilarang sejak zaman dulu. Jadi tidak ada alasan untuk meminta bantuan ilmu hitam untuk mencelakai orang lain.
  • Permusuhan 
Dengan adanya musibah yang tidak jelas penyebabnya timbulnya kecurigaan sesama manusia. Saling tuduh dan saling memusuhi akan menyebabkan persatuan di antara sesama umat manusia. 


Permusuhan yang bisa menjadi dendam yang bisa terbawa sepanjang hidup, bahkan dapat menjadi dendam turun temurun. Ini akan merusak amal ibadah yang dilakuan selama ini, suatu hal yang sangat merugikan.
Kadang saat bertanya dengan menggunakan perantara jenazah atau hewan yang sudah mati. Hal Ini yang membuat Larangan Berobat ke Tempat Dukun. Hal ini sangat dilarang karena jasad seharusnya di kebumikan.
Tidak hanya menyiksa jasad yang seharusnya dimakamkan tetapi juga tuduhan yang dikeluarkan oleh bisikan yang belum bisa dibuktikan kebenarannya. Sering kali bissikanyang disampaikan hannyalah fitnah.
Rasa permusuhan dapat mengganggu keharmonisan lingkungan, bahkan tidak sedikit yang berakhir dengan peperangan. Diera teknologi canggih seperti saat ini masih banyak yang mempercayai ilmu tak kasat mata ini.
  • Menjadikan kafir
Ini adalah dampak yang paling mengerikan dan menakutkan. Jika seseorang  melakukan perdukunan maka secara tidak langsung  telah menyatakan diri keluar dari agama Allah, agama Islam.


Semua perbuatan baiknya tidak akan dihitung dan menjadi sia-sia. Sungguh sangat menakutkan jika hembuskan nafas terakhir seseorang saat ia masih mempercayai praktik perdukunan.
Saat  seseorang menggantungkan harapan dan termohon pada selain Allah maka saat itu juga ia telah menanggalkan ke Islamnya. Dahsyatnya efek yang ditimbulkan membuat Larangan Berobat ke Tempat Dukun ditulis dengan tegas.

Jangan sampai hanya untuk perkara ringan, atau sekadar coba-coba kita kehilangan keislaman. Kadang praktik syirik yang dilakukan berbalut ayat-ayat suci yang  ada dalam alquran.
Kadang praktik syirik dilakukan ada  bentuk seni dan budaya. Pemain yang terlibat dalam pertunjukan itu harus melakukan ritual khusus. Tujuan ritual yang diadakan kadang sebagi bentuk persembahan pada Mahluk astral.

Semuanya, yang disampaikan oleh dukun sesungguhnya merupakan kebetulan belaka, praktik ini bisa berkembang pesat karena manusia meyakininya. Keyakinan inilah yang membuat seseorang datang ke dukun.
Padahal tidak selalu memberikan hasil sesuai yang diinginkan, dengan berbicara yang meyakinkan para pengikutnya tetap patuh dan setia mengikuti perintah dukun tersebut meskipun tidak berhasil.
Dalam agama islam telah diajarkan amalan dan doa yang bisa dilakukan agar maksud dan tujuan tercapai.  Dosa dan perbuatan yang sesuai dengan syariat. Kadang rasa tidak sabar membuat seseorang mengambil jalan pintas.
Amalan  yang sesuai syariat  tidak akan memberatkan seseorang. Amalan dilakukan tanpa syarat yang rumit dan menakutkan. Tidak ada yang menyulitkan jika dikerjakan sesuai ketentuan agama.
Untuk anda yang sudah terlanjur melakukan Larangan Berobat ke Tempat Dukun, sebaiknya segera bertobat. Sebelum umur berakhir,  sebelum dosa tak terampuni. Percayalah hanya kepada Allah pencipta alam.


Subscribe to receive free email updates: